Home / Blog / Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

Sebelum saya memberikan contoh laporan laba rugi perusahaan jasa, saya akan membahas terlebih dahulu pengertian laba rugi agar Anda nantinya tidak bingung.

Ada pepatah lama juga yang mengatakan tak kenal maka tak sayang. Oleh karena itu yuk mari kenalan terlebih dahulu dengan laba rugi.

Pengertian laporan laba rugi adalah atau disebut juga income statement atau profit and los statement adalah salah satu bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menerangkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan.

Nah, kalau laporan laba rugi di perusahaan jasa tersusun dari pendapatan jasa dan seluruh beban, baik itu beban usaha maupun beban diluar usaha dalam periode berjalan.

Laporan laba rugi yang disusun oleh perusahaan jasa terdiri dari pendapatan jasa dan seluruh beban, baik itu beban usaha maupun beban diluar usaha dalam periode berjalan.

Banyak yang berpikir jika membuat laporan laba rugi susah? Sebenarnya sich memang susah-susah gampang hehe. Susah kalau Anda tidak tahu caranya dan gampang kalau Anda paham mengenai akuntansi.

Sesungguhnya menyusun laporan rugi itu Anda hanya perlu mengutip semua saldo-saldo pada akun pendapatan dan beban pada kolom laba rugi di neraca.

bee-solusi-bisnis

Mengapa saya harus membuat laporan laba rugi?

Oke, saya akan jabarkan ya, apa saja sich manfaat dari laporan laba rugi ;

1. Untuk mengevaluasi Kinerja Perusahaan Sebelumnya

Dengan adanya laporan laba rugi maka Anda bisa melihat bagaimana produktivitas perusahaan bulan lalu sehingga Anda dapat mengevaluasi kira-kira apa yang salah dibulan lalu pada saat Anda mengamali kerugian. Dan sebaliknya jika Anda mendapatkan laba maka Anda bisa mengulangi strategi bulan lalu untuk bulan ini. 

2. Melihat Resiko

Dengan adanya laporan laba rugi tentunya akan mempermudah Anda dalam mengetahui bagaimana kondisi perusahaan jika memang sudah mengalami kerugian terus menerus Anda harus menentukan langak ditutup atau dijual atau membuka untuk orang berinvestasi.

3. Mengembangkan Perusahaan

Ini kebalikannya diatas jika Anda melihat perusahaan mendapatkan keuntungan maka Anda menganalisa apakah sudah saatnya mengembangkan perusahaan Anda dengan cara membuka cabang atau cukup menambah nilai persediaan Anda. Ini semua bisa Anda lakukan jika Anda memiliki laporan laba rugi.

4. Tolak ukur perusahaan

Laporan laba rugi menjadi tolak ukur perusahaan untuk tetap bekerja lebih baik bagi para karyawan agar perusahaan dapat berkembang lebih baik lagi kedepannya. Tolak ukur dari laporan laba rugi ini memacu kinerja untuk bersemangan bersaing dengan perusahaan lain yang bergerak pada bidang yang sama.

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa Excel

LAPORAN LABA RUGI

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

laba-rugi

Kesimpulannya adalah membuat laporan laba rugi sangat dibutuhkan oleh semua jenis bidang usaha mulai dari perusahaan dagang, perusahaan jasa maupun perusahaan manufaktur. Dan semoga dengan contoh laporan laba rugi perusahaan jasa diatas dapat membantu Anda..

Jika Anda masih bingung silahkan kosultasi dengan kami melalui chat online di website atau Anda juga bisa coment dibawah. Jika Anda ingin simple bisa juga menggunakan software akuntansi. Jika Anda ingin mencoba software akuntansinya silahkan klik disini.

Sekian artikel mengenai “Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa” semoga artikel ini dapat membantu Anda. Jangan lupa berbagi ya, jika bermanfaat. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.