Home / Blog / Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Lengkap dan Mudah

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Lengkap dan Mudah

Setelah kemaren saya membahas mengenai bagaimana cara termudah untuk membuat laporan keuangan perusahaan dagang. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh laporannya, jika Anda belum membaca artikel saya yang kemaren silahkan klik disini untuk membacanya.

Pada dasarnya bentuk laporan keuangan perusahaan dagang sama dengan perusahaan pada umumnya seperti yang saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Akan tetapi yang membedakannya hanya di jenis akun-akunya saja. Yuk, tanpa basa basi lagi langsung saja saya berikan contoh laporan keuangan perusahaan dagangnya.

1. Neraca

Neraca atau laporan posisi keuangan merupakan salah satu laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entitas perusahaan Anda pada akhir periode. Dilaporan neraca inilah Anda akan mengetahui nilai bisnis Anda akankah bertambah atau justru mengalami penurunan

Neraca memiliki beberapa unsur yang secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga: hartakewajiban, dan modal. Jika Anda belum paham mengenai neraca Anda bisa klik disini untuk mempelajari lebih jauh apa itu neraca.

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Lengkap dan Mudah
Gambar 1 : Laporan Neraca

2. Laba Rugi / Income Statement atau Profit and Loss Statement

Laba rugi adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menerangkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan yang nantinya akan menghasilkan suatu laba atau rugi bersih. Gampangnya gini laporan laba rugi adalah selisih dari pendapatan dikurangi dengan biaya-biaya atau beban.

Gambar 2 : Laporan Laba Rugi
Gambar 2 : Laporan Laba Rugi

3. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas disini menyajikan segala informasi yang berhubungan dengan kas masuk dan keluar dalam periode yang ditetapkan. Karena itu berhubungan dengan waktu pencatatan, laporan arus kas juga berlaku sebagai syarat dengan informasti perubahan historis atas kas.

Gambar 3 : Laporan Arus Kas
Gambar 3 : Laporan Arus Kas

4. Laporan Perubahan Ekuitas atau Modal

Ekuitas dalam ilmu akuntansi dapat diartikan sebagai modal atau kekayaan entitas. Ekuitas didapat dari selisih jumlah aktiva (aset) setelah dikurangi dengan pasiva (kewajiban). Laporan perubahan ekuitas berarti laporan yang memuat tentang segala perubahan atas ekuitas untuk suatu periode.

Itulah beberapa contoh laporan keuangan perusahaan dagang. Dan kesimpulannya adalah semua perusahaan pasti membutuhkan yang namanya laporan keuangan apapun itu bentuk barang yang dijual.  Dengan laporan keuangan yang lengkap, akurat dan update tentunya akan mempermudah Anda dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan pengembangan bisnis Anda.

“Saya bukan lulusan akuntansi jadi tidak paham soal akuntansi” 

Sering kali saya menemui keluhan di atas. Memang tidak semua pebisnis memiliki background akuntansi. Oleh karena itu jika Anda masih bingung bagaimana caranya membuat laporan keuangan perusahaan dagang Anda silahkan Anda konsultasi dengan kami. Bagaimana caranya? Silahkan koment di bawah atau bisa chat online di website dengan tim kami. 

Atau jika Anda menginginkan hal yang lebih simple dan muda dalam membuat laporan keuangan silahkan gunakan software akuntansi. Software akuntansi ini akan menjadi asisten peribadi Anda dalam menyajikan laporan keuangan perusahaan dengan hanya sekali klik.

Jika Anda ingin mencoba softwarenya silahkan klik disini.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.