Home / Blog / Contoh laporan Keuangan Neraca dan Laba Rugi Perusahaan

Contoh laporan Keuangan Neraca dan Laba Rugi Perusahaan

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara membuat laporan keuangan neraca dan laba rugi beserta contohnya. Alangkah baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu apa itu pengertian dari laporan keuangan.

Laporan keuangan adalah kumpulan catatan yang berisi informasi suatu perusahaan atau bisnis pada periode akuntansi tertentu. Dan fungsi dari laporan keuangan itu sendiri untuk menggambarkan kinerja perusahaan.

Nah, sampai sini Anda pasti sudah paham dong mengapa laporan keuangan itu sangat penting.

Kemudian setelah Anda tahu pengertian beserta fungsi dari laporan keuangan perusahaan, yang perlu Anda ketahui berikutnya adalah unsur-unsur pembentuk suatu laporan keuangan itu sendiri antara lain;

  • Laporan Neraca
  • Laporan Arus Kas
  • Laporan Laba Rugi
  • Laporan Perubahan Ekuitas

Apakah sampai di sini Anda sudah mulai pusing? Hehe. Silahkan ambil air putih dulu atau kopi biar tidak tambah pusing, karena saya akan melanjutkan ke pembahasan berikutnya.

bee-solusi-bisnis

Untuk tugas pertama Anda dalam membuat laporan keuangan yang pasti adalah mencatat semua asset perusahaan baik yang berupa uang modal, persediaan barang, bangunan ataupun kendaraan jika ada.

Kemudian PR kedua Anda yang pasti adalah mencatat semua transaksi. Seperti transaksi penjualan, transaksi pembelian, transaksi pembayarn gaji, listrik, air dll. Pokoknya yang berhubungan dengan yang namanya laporan keluar masuknya uang deh.

Kemudian dari data di atas barulah bisa Anda olah menjadi laporan keuangan yang utuh seperti laporan neraca dll.

Kalau Anda masing bingung juga lansgung saja ya, saya berikan contoh format laporan keuangannya :

1. Contoh Format Laporan Keuangan Neraca

Gambar 1 : Neraca
Gambar 1 : Neraca

2. Contoh Format Laporan Keuangan Laba Rugi

Gambar 2 : Laba Rugi
Gambar 2 : Laba Rugi

3. Contoh Format Laporan Arus Kas

Gambar 3 : Arus Kas
Gambar 3 : Arus Kas

Contoh laporan format di atas yang saya berikan dibuat menggunakan software akuntansi, tentunya akan berbeda tampilannya jika Anda menggunakan excel. Selain itu Anda juga harus memiliki laporan lainya seperti, laporan piutang, laporan persediaan barang, laporan hutang dll.

Kesimpulannya adalah membuat laporan keuangan perusahaan sangatlah penting agar Anda dapat mengetahui bagaimana kondisi bisnis Anda. Memang tidak mudah dalam membuat laporan oleh karena itu jika Anda kesusahan dalam membuat laporan keuangan silahkan konsultasi kepada kami melalui chat online di website atau Anda bisa koment dibawah.

Dan apabila Anda tertarik ingin mencoba membuat laporan keuangan menggunakna software silahkan klik disini untuk mendownloadnya. 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.