Home / Blog / Cara Sederhana Mewujudkan Impian Anda melalui Perencanaan Keuangan

Cara Sederhana Mewujudkan Impian Anda melalui Perencanaan Keuangan

Dorsainvil, seorang ahli financial planning terkemuka dari United States menawarkan lima kiat pengelolaan uang khususnya di era milenium seperti saat ini untuk membantu mereka menyelaraskan karir mereka dengan tujuan hidup mereka dari sisi perencanaan keuangan.

Rumus pertama dari perencanaan keuangan adalah belanjakan lebih sedikit atau kurang dari yang Anda hasilkan. Kedengarannya sangat sederhana, tetapi banyak orang tidak melakukan ini. Jika Anda menemukan diri Anda memperoleh utang dari kartu kredit, itu berarti Anda hidup di luar kemampuan Anda, dan Anda perlu mengurangi pengeluaran Anda.

Lebih lanjut, buat anggaran sendiri. Memahami dan mengetahui ke mana perginya uang Anda sangatlah penting. Disiplin dalam arus kas merupakan kunci penting yang harus dipegang. Setiap rupiah yang keluar harus sesuai peruntukannya, dan dilacak ke mana dia dibelanjakan. Setelah Anda rutin bisa melacak uang Anda selama tiga bulan saja, Anda akan kaget dan bisa menganalisa apakah penggunaan uang Anda efisien atau tidak.

Pelajari tentang bunga berbunga dalam sistem kredit, terutama bunga kartu kredit yang bisa menguras penghasilan Anda. Namun dalam konteks investasi, jika Anda lakukan, bunga berbunga adalah sahabat terbaik Anda yang ingin berinvestasi untuk jangka panjang. Mulailah berinvestasi sekarang juga. Dengan begitu, Anda akan punya cadangan dana saat ingin melakukan perencanaan keuangan selanjutnya.

Selalu berinvestasi dalam jangka panjang lebih memudahkan Anda untuk membuat rencana pensiun. Anda mungkin memiliki tujuan yang penting saat ini, seperti melunasi utang, menabung untuk pembelian rumah, atau menikah. Tetapi investasi tetap harus menjadi prioritas. Kita harus jeli dengan berbagai metode investasi dengan dana yang kita miliki agar bisa meraih tujuan rencana keuangan jangka panjang kita.

Langkah Sederhana Mewujudkan Impian Anda melalui Perencanaan Keuangan

Terlepas dari tujuan keuangan spesifik Anda, berikut adalah lima langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan peluang keberhasilan Anda mewujudkan impian melalui perencanaan keuangan.

Buat rencana terperinci

Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan dasar tertentu seperti apa tujuan finansial spesifik Anda, berapa jangka waktunya, apa sasaran bulanan atau tahunan, dll. Pada saat yang sama, rencana tersebut harus memiliki fleksibilitas tertentu karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan Anda. Dalam perencanaan keuangan berbasis tujuan, seseorang harus secara berkala meninjau rencana tersebut.

Bersikap realistis sambil menyusun rencana

Saat membuat rencana jangan terlalu ambisius. Jadilah realistis, terutama pada bagian fleksibilitas. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah memastikan rencana Anda didasarkan pada kenyataan. Seringkali, orang menetapkan tujuan tabungan terlalu mudah atau terlalu susah untuk dicapai. Jika tujuan Anda tidak realistis dalam jangka pendek, itu tidak akan realistis juga dalam jangka panjang.

Sisihkan dana secara otomatis

Setelah Anda memiliki tujuan keuangan yang dirinci dalam bagian yang kecil, otomatisasikan seluruh rencana. Misalnya, berikan instruksi kepada para bankir Anda untuk mentransfer secara otomatis jumlah yang tetap ke rekening terpisah baik secara mingguan atau bulanan (auto debet). Ini akan membantu Anda dalam dua cara. Pertama, langkah ini bisa mengunci Anda untuk berhemat. Kedua, menempatkan Anda pada posisi di mana Anda berfokus pada bagaimana cara menjalani hidup setelah memprioritaskan tujuan keuangan Anda.

Anggaplah diri Anda sebagai CEO dalam kehidupan Anda, dan rumah tangga Anda sebagai sebuah bisnis. Awal tahun adalah waktu yang tepat untuk mengetahui di mana Anda berada, termasuk investasi dan kewajiban apa yang Anda miliki saar itu. Apa yang ingin Anda lihat kedepan (setidaknya dalam satu tahun) adalah kekayaan bersih Anda meningkat seiring berjalannya waktu. Jika Anda menerima kenaikan gaji atau bonus, jangan ubah gaya hidup Anda saat ini, tetapi simpan sebagian besar dari itu. Uang itu dapat digunakan untuk tujuan jangka panjang seperti membeli mobil atau menyiapkan biaya pendidikan anak.

Akhirnya, Dorsainvil menyarankan, “Bersikap baik kepada diri sendiri dan bersabarlah ketika menyangkut keuangan pribadi. Seiring waktu, penghematan akan terjadi jika Anda memikirkannya mulai dari sekarang. ”

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.