Home / Blog / Cara Sederhana Menghemat Biaya Perusahaan

Cara Sederhana Menghemat Biaya Perusahaan

Ketika Anda mengembangkan bisnis, perlu kiranya membuat daftar biaya setiap tahun maupun triwulanan untuk dicek dan audit kembali. Langkah ini diharapkan bisa memotong biaya-biaya yang mungkin saja bisa meningkatkan profitabilitas perusahaan. Menghemat dana perusahaan termasuk hal yang penting di lakukan, terutama untuk Anda yang memiliki bisnis atau berencana untuk menjalankannya. Kami akan menyajikan artikel Cara Sederhana Menghemat Biaya Perusahaan kepada Anda.

Banyak faktor yang membuat pengeluaran perusahaan membengkak, seperti biaya produksi, operasional, distribusi atau biaya pemasaran. Biaya operasional yang tinggi tapi tidak diimbangi dengan pemasukan yang besar misalnya, akan berdampak pada kerugian. Perlu sebuah kebijakan yang masuk akal untuk menekan pengeluaran perusahaan. Sebuah perusahaan tidak akan memotong gaji karyawan karena alasan merugi.

Berikut adalah Cara Sederhana Menghemat Biaya Perusahaan:

Menjalin hubungan baik dengan Perguruan Tinggi dan Dosen

Dengan menjalin hubungan baik dengan Perguruan Tinggi dan Dosen, Anda akan dimudahkan untuk mendapat saran untuk kemajuan bisnis Anda dan juga memudahkan Anda untuk medapatkan tenaga internship. Kita bisa mendapat masukan yang komperhensif dari penelitan dan juga skripsi mahasiswa, sehingga Anda bisa menghemat biaya dari jasa konsultan.

Kurangi Penggunaan Kertas

Dengan software dan signature elektronik, penggunaan kertas untuk mencetak dapat menyusut drastis. Tambahkan lebih banyak sistem elektronik yang handal dengan layanan backup. Jadi mulailah beralih untuk paperless tidak hanya akan menghemat biaya kertas, tetapi juga tinta yang digunakan untuk mencetak.

Manfaatkan Percetakan Online

Untuk menghemat waktu dan biaya seperti mencetak brosur, banner ataupun lainnya dalam hal memenuhi kebutuhan perusahaan, Anda bisa menggunakan percetakan online. Saat ini sudah banyak percetakan online dengan harga yang bersaing.

Rekrut Fresh Graduate

Biasanya orang yang belum cukup pengalaman lebih cenderung mencari pekerjaan dengan gaji standar, yang mana hal ini dapat menekan pengeluaran perusahaan untuk membayar karyawan. Meskipun karyawan yang berpengalaman akan memberikan keuntungan untuk kemajuan perusahaan, tapi karyawan baru juga memiliki kompenten dalam bekerja karena itu adalah pertama kali mereka berada di dunia kerja.

Kurangi Jam Kerja

Ada banyak karyawan terbaik yang keluar dari sebuah perusahaan dengan alasan jenuh, mereka ingin mencoba hal baru. Dengan cara ini Anda bisa memberikan kesempatan kepada mereka yang ingin mengerjakan hal lain tanpa kehilangan mereka. Misalnya dalam seminggu hanya 5 hari kerja, sehingga biaya yang dikeluarkan perusahaan juga berkurang dan karyawan terbaik tetap Anda miliki.

Dengan meningkatnya loyalitas karyawan maka, Anda tidak akan dipusingkan dengan perekrutan dan pelatihan. Pos pengeluaran Anda untuk hal tersebut pun akan berkurang.

Microcontract

Ketika sebuah perusahaan memiliki project yang harus diselesaikan dan bukan project jangka panjang, ada baiknya Anda menggunakan jasa freelancer. Saat ini sudah banyak situs yang mempertemukan antara pekerja dan perusahaan untuk menyelesaikan sebuah project, salah satunya adalah Sribulancer.

Dengan adanya hal ini, berarti sudah menghemat dana perusahaan, tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak untuk menghire karyawan. Anda hanya membayar project yang sudah diselesaikan dan jumlah biayanya kita yang menentukan sendiri.

Tinjau Biaya Operasional

Periksa biaya listrik dan air yang biasa Anda keluarkan dalam beberapa bulan terakhir.Jika Anda peningkatan yang signifikan, Anda perlu terjun langsung melihat penggunaan listrik dan air oleh seluruh karyawan. Kemungkinan ada peralatan yang tidak digunakan namun tetap dalam kondisi menyala.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.