Home / Blog / Cara Sederhana Mengelola Keuangan UKM/UMKM

Cara Sederhana Mengelola Keuangan UKM/UMKM

Melakukan bisnis sendiri adalah sebuah pertaruhan besar akan masa depan kita. Bisa jadi sukses, atau gagal. Bisnis Anda lebih merupakan hobi jika Anda tidak menghasilkan uang. Oleh karena itu mengelola dan mengatur keuangan bisnis kecil Anda , dalam skala UKM/UMKM dengan tepat dapat berkontribusi pada keberhasilan bisnis Anda dan memastikan Anda mencapai sasaran laba yang diinginkan. Seperti keuangan pribadi, ada banyak cara untuk mengatur keuangan usaha kecil Anda tergantung pada apa tujuan Anda.

Untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan dan mencapai target yang diinginkan, berikut ini cara sederhana mengelola keuangan UKM/UMKM

Telusuri Penghasilan Usaha Anda Baik Minggunan atau Bulanan

Penting untuk mengetahui berapa banyak yang Anda hasilkan. Anda dapat melacak penghasilan Anda, bulanan, mingguan, atau bahkan setiap hari sehingga Anda dapat lebih memahami berapa banyak uang yang Anda miliki saat itu. Saya suka menggunakan spreadsheet untuk melacak pendapatan saya dan saya membagi pendapatan saya ke dalam kategori yang mewakili berbagai aliran pendapatan bisnis saya.

Jika Anda menggunakan perangkat lunak faktur atau pembukuan, Anda juga dapat menggunakan program tersebut untuk membantu Anda melacak pendapatan bisnis Anda. Manfaat lain dari melacak penghasilan Anda adalah memungkinkan Anda memantau hal-hal dengan lebih baik sehingga Anda dapat menentukan stratgei bisnis ke depannya.

Lacak dan Audit Biaya Anda

Jika Anda melacak penghasilan Anda, Anda perlu juga melacak pengeluaran Anda juga. Pengusaha memiliki pengeluaran penting yang harus dibayar untuk menjaga bisnis tetap berjalan. Anda dapat mengurangi sebagian pengeluaran bisnis Anda untuk pajak misalnya, dan ini akan menurunkan penghasilan kena pajak Anda. Ini juga akan menurunkan jumlah uang yang ada di laporan arus kas usaha Anda.

Anda dapat melacak pengeluaran Anda dengan cara yang sama dengan saat Anda melacak pengeluaran Anda. Melakukan hal ini akan memungkinkan Anda untuk mengaudit pengeluaran Anda secara teratur juga sehingga dapat memastikan Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak pada biaya yang tidak perlu.

Simpan Rekening Bank Terpisah

Segera setelah bisnis Anda mulai menghasilkan uang, Anda perlu memisahkan keuangan Anda. Sekedar berbagai pengalaman, saya menyimpan semua keuangan pribadi dan bisnis saya di satu rekening bank selama tahun pertama saya berwirausaha dan saya benar-benar menyesalinya. Saya sangat bingung saat pajak dan semua pengeluaran sangat tidak terorganisir. Butuh berjam-jam untuk kembali ditata.

Anda dapat menghindari sakit kepala ini hanya dengan membuka rekening bank terpisah untuk bisnis Anda.

Biarkan penghasilan Anda terkontrol melalui akun itu dan Anda dapat membayar semua pengeluaran Anda dari akun itu. Setiap bulan Anda akan menerima laporan dan akan lebih mudah untuk melacak arus kas Anda.

Pertimbangkan Cara Anda Menerima Pembayaran

Jika Anda ingin membuat sistem pembayaran menjadi lancar dan mudah, maka Anda perlu menentukan bagaimana Anda akan menerima pembayaran. Membuat sistem pembayaran ini  tergantung pada cara kerja bisnis Anda. Jika bisnis Anda adalah bisnis jasa Anda mungkin ingin mengirim faktur secara teratur. Jika Anda menjual produk, Anda mungkin ingin menerima pembayaran kartu kredit di lokasi Anda atau menyiapkan opsi keranjang online untuk situs web Anda. Bandingkan opsi dan pertimbangkan berapa biayanya untuk menemukan solusi yang tepat untuk Anda.

Buat Sistem Anda Secara Digital

Di era teknologi seperti saat ini, banyak orang benci berurusan dengan banyak kertas. Itulah sebabnya saya mencoba mendigitalkan sebagian besar dokumen keuangan agar bisnis saya tetap teratur. Anda dapat menyimpan dokumen secara digital dan melindunginya dengan menggunakan layanan aman pihak ketiga. Anda tidak harus menyimpan semuanya di komputer Anda dan mungkin justru tidak boleh karena alasan keamanan.

Jika Anda lebih suka menyimpan beberapa salinan cetak, pastikan untuk memilah-milah dan mengaturnya dalam lemari arsip. Anda juga perlu melacak dokumen penting seperti berikut ini:

  • Catatan akuntansi dan pembukuan
  • Catatan bank
  • Kontrak, termasuk sewa dan perjanjian pembelian
  • Aplikasi dan paten merek dagang
  • Izin dan lisensi
  • Catatan karyawan

Percayalah pada saya, mengatur dan mendigitalkan dokumen-dokumen ini sangat penting.

Jadwalkan Pembahasan Laporan Keuangan Secara Berkala

Penting untuk menjadwalkan waktu untuk duduk bersama tim dan memeriksa keuangan bisnis Anda secara teratur. Penghasilan dan pengeluaran Anda akan berfluktuasi, jadi yang terbaik adalah tetap fokus dan konsisten memeriksa keuangan Anda.

Beberapa langkah awal dasar ini akan membantu Anda berada di jalur yang benar dalam mengatur keuangan usaha kecil Anda dengan lebih baik.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.