Home / Blog / Cara Sederhana Melakukan Pembukuan Toko Kecil, Setidaknya Meliputi 5 Pembukuan Ini
Pembukuan toko

Cara Sederhana Melakukan Pembukuan Toko Kecil, Setidaknya Meliputi 5 Pembukuan Ini

Pembukuan toko adalah proses pencatatan transaksi keuangan harian toko kedalam sistem akuntansi. Pembukuan toko ini memungkinkan pemilik bisnis untuk secara tepat melacak pendapatan dan pengeluaran mereka, yang diperlukan untuk membuat laporan keuangan yang akurat dan menganalisis arus kas, agar tidak terjadi defisit dana atau pemborosan dalam stok barang. Melakukan pembukuan Anda sendiri untuk sebuah toko dapat menghemat uang dibandingkan dengan membuat kontrak kerjasama dengan seorang spesialis akuntansi, tetapi hal seperti ini akan membutuhkan investasi waktu ekstra.

Pembukuan untuk toko ritel melibatkan pelacakan penjualan, pengeluaran, hutang, piutang dan persediaan. Walaupun toko Anda ukuran kecil, jika produk ritel yang dijual maka butuh pencatatan dan pembukuan toko yang cermat. Bagaiamana caranya? Tahapan berikut ini bisa dicoba:

Catatan Akuntansi Persediaan

sistem akuntansi

Anda bisa membuat sistem di tempat untuk melacak arus inventaris produk masuk dan keluar dari toko Anda setiap hari. Lacak kuantitas dan biaya semua pengiriman yang masuk, serta jumlah dan harga jual setiap barang yang dijual. Buat penyesuaian rutin untuk barang-barang yang rusak, atau hilang agar catatan Anda sesuai dengan inventaris Anda yang sebenarnya. Inventaris adalah aset paling penting dari sebuah toko ritel, dan itu seringkali melibatkan investasi terbesar yang dilakukan pemilik toko, jadi penting untuk mengetahui dengan tepat posisi inventaris Anda setiap saat.

Laporan Pendapatan

Lacak semua penghasilan Anda saat masuk, dan bandingkan catatan Anda dengan laporan rekening bank secara teratur untuk melihat adanya perbedaan atau tidak. Pendapatan penjualan adalah pendorong pendapatan terbesar untuk sebuah toko, tetapi Anda mungkin memiliki sumber pendapatan lain, seperti biaya layanan purna jual, penjualan garansi yang diperpanjang atau bahkan komisi pengiriman. Jika Anda memiliki sistem point-of-sale elektronik, atau POS, yang terkait dengan sistem akuntansi Anda, lakukan audit rutin untuk memastikan akurasi catatan dan pembukuan toko Anda, dan pastikan untuk menambahkan secara manual semua pemasukan yang tidak tercatat melalui POS. Jika tidak, simpan kwitansi terperinci dari semua pendapatan dan transfer total ke sistem akuntansi Anda sesering mungkin.

Laporan Biaya dan Pengeluaran

Lacak pengeluaran Anda sama tertibnya dengan pemasukan Anda, dan bandingkan catatan Anda dengan laporan rekening bank secara teratur. Otomatiskan sebanyak mungkin pengeluaran berulang, termasuk pembayaran sewa, dan atur sistem akuntansi Anda untuk secara otomatis mencatat pengeluaran ini setiap periode. Catat semua biaya variabel dalam akun pembukuan entri ganda yang sesuai, termasuk harga pokok penjualan, biaya tenaga kerja, biaya pajak, dan pembelian untuk memudahkan menghitung laba operasi toko Anda.

Hutang dan Piutang

Simpan catatan terperinci tentang uang yang terhutang kepada Anda, serta utang apa pun yang Anda miliki. Gunakan sistem akuntansi Anda untuk mengingatkan Anda untuk membayar pinjaman, tagihan, dan utang kredit tepat waktu, serta untuk memandu aktivitas koleksi Anda dengan pelanggan kredit. Kedua hal ini sangat penting untuk sebuah toko kecil; mengelola hutang dapat meningkatkan atau mempertahankan peringkat kredit Anda di mata bank maupun pemasok, dan mengelola piutang dengan tepat juga dapat mempertahankan arus kas positif toko Anda.

Ekuitas (Modal) Pemilik dan Laba Ditahan

Lacak semua sumber daya yang dimasukkan ke dalam bisnis oleh pemilik di sebuah akun ekuitas terpisah, bahkan jika Anda menjalankan toko Anda sebagai pemilik tunggal sekalipun. Informasi ini mungkin tidak berguna dalam jangka pendek seperti item pembukuan lainnya, dan Anda juga membutuhkan ketekunan yang berkelanjutan dalam jangka panjang untuk menjaga catatan yang akurat, yang bisa berguna jika mitra Anda (misalnya jika punya mitra) meninggalkan bisnis atau toko beralih kepemilikan. Pikirkan laba ditahan sebagai rekening tabungan toko Anda. Menyimpan catatan terperinci tentang apa yang masuk ke tabungan, apa yang keluar dan bunga yang diperoleh dalam akun laba ditahan juga penting untuk dilakukan.

Hasil akhir dari pembukuan toko ini adalah membuat laporan keuangan toko yang mudah dipahami, demi mengontrol arus kas dan laba toko dalam sebuah perencanaan bisnis Anda kedepannya.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.