Home / Blog / Cara Praktis Menghemat Keuangan Pemilik Bisnis UKM

Cara Praktis Menghemat Keuangan Pemilik Bisnis UKM

Apakah Anda bekerja pada sebuah perusahaan (instansi) atau menjalankan bisnis UKM, menghemat uang di sepanjang bisnis Anda merupakan tiket menuju kesuksesan berwirausaha. Bahkan biaya terkecil yang dapat dihemat dalam jangka panjang bisa membuat perbedaan besar ketika menyangkut tanggung jawab keuangan Anda nantinya. Itulah sebabnya mengapa penting untuk menguraikan beberapa metode yang mungkin terlewatkan ketika pertama kali Anda berfikir bagaimana cara praktis menghemat keuangan Anda.

Artikel ini akan mengulas empat cara praktis untuk mulai berhemat sehingga bisa memberikan hasil yang maksimal dalam mengelola bisnis UKM Anda.

Bekerja dengan menggunakan “co-working space”

Cara mudah untuk merealokasikan pengeluaran Anda dan memanfaatkan teknologi digital adalah dengan memindahkan pekerjaan kantoran Anda ke ruang kerja bersama (co-working space). Ketika bekerja dari jarak jauh di era digital saat ini dapat terlihat seperti situasi yang ideal bagi sebagian orang, maka menghabiskan hari-hari Anda di co-working space bisa menghemat anggaran kantor usaha Anda.

Melakukan pekerjaan jarak jauh tampaknya menjadi arah yang dituju oleh perusahaan baru di era digital saat ini, namun demikian seharusnya tidak menghentikan Anda bersosialisasi dengan orang lain tanpa harus menghabiskan banyak uang untuk membeli kopi setiap hari.

Ruang coworking telah menjadi alternatif yang menarik bagi para wirausahawan yang ingin memupuk interaksi dan kolaborasi tanpa menghabiskan uang hasil jerih payah mereka untuk menyewakan ruang khusus untuk bisnis mereka.

Dengan menghabiskan lebih sedikit biaya untk mendapatkan ruang kerja, Anda kemudian dapat mengalokasikan lebih banyak anggaran Anda ke biaya pemasaran untuk bisnis Anda. Anda juga dapat menggunakan saluran telekomunikasi yang ada untuk tetap berhubungan dengan karyawan atau klien lain, daripada setiap orang harus sering pergi ke kantor sehingga Anda dapat menghemat lebih banyak waktu dan uang, memungkinkan Anda untuk lebih fokus pada produktivitas Anda.

Pilih Perangkat Lunak yang Tepat, Bee Accounting salah satu alternatif paling tepat

Seiring dengan makin maraknya model bekerja dari jarak jauh, Anda harus bisa menemukan perangkat lunak yang tepat untuk membantu dalam produktivitas dan komunikasi Anda. Layanan obrolan melalui video, seperti Skype, sangat bagus untuk percakapan instan atau check-in antara karyawan dan klien. Layanan penyimpanan dokumen online, seperti ruang data virtual, diperlukan untuk menjaga keamanan data rahasia yang dibagikan melalui internet.

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan fitur-fitur yang ada pada Bee accounting, software akuntasi paling bagus nomor 2 di Indonesia.

Beralih ke sistem penyimpanan data komputasi awan “cloud computing”

Teknologi digital masa kini menyediakan fasilitas perangkat lunak yang menjalankan berbagai fungsi menjadi jauh lebih murah dan lebih mudah digunakan. Menggunakan platform berbasis cloud menghindari biaya perangkat keras yang mahal dalam proses menyimpan data. Ini juga memudahkan tim Anda untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dari jarak jauh (menghemat lebih banyak uang dengan cukup membayar pekerja freelance atau memiliki staf yang bekerja dari rumah, tanpa perlu sewa kantor yang mahal).

Untuk platform cloud seperti Zero, Salesforce, Hootsuite, dan Dropbox, Anda biasanya dapat membayar per pengguna (seperlunya saja), daripada harus membeli dan memelihara perangkat lunak yang mahal secara internal.

Lupakan Pekerjaan Penuh Waktu dan Sewa Kantor yang Mahal

Karyawan penuh waktu mungkin bukan pilihan terbaik ketika Anda memulai bisnis kecil Anda. Mengalokasikan anggaran Anda untuk karyawan kontrak mungkin menjadi pilihan yang lebih baik di tahap awal.

Misalnya saja Anda bisa menemukan penulis konten kontrak dan profesional pemasaran yang bisa bekerja dari jarak jauh dan mampu membantu bisnis Anda tanpa harus khawatir tentang komitmen waktu dan lokasi sehingga mereka juga bisa bekerja fleksibel dari rumah, yang penting target sesua komitmen kontrak bisa tercapai. Ada banyak platform online yang bisa mempertemukan pekerja freelance dan pemilik bisnis di era digital seperti saat ini.

Nah, bagi pemilik bisnis yang masih pemula, beberapa langkah efisiensi seperti diatas bisa Anda coba tanpa perlu mengurangi produktivitas Anda.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.