Home / Blog / Cara Mudah Mendapatkan Sumber Modal untuk Bisnis UKM

Cara Mudah Mendapatkan Sumber Modal untuk Bisnis UKM

Permodalan adalah salah satu elemen fungsional dalam berbisnis. Bukan hanya sesuatu hal yang diperlukan tetapi sangat fundamental. Setiap model bisnis memerlukan modal untuk memulai pergerkan roda usahanya. Modal terbagi menjadi 2 macam yaitu modal bergerak atau aktiva dan modal diam atau pasiva.

Termasuk bisnis skala mikro dan menengah yang biasa dikenal dengan nama UKM. Perlu juga permodalan sebagai prasyarat pergerakan roda usaha. Sebuah bisnis berskala UKM bisa mendapatkan modalnya dari berbagai macam sumber. Tentu tidak setiap sumber layak untuk menjadi nasabah permodalan. Salah memilih permodalan malah bisa membuat bisnis gulung tikar, alih-alih meningkatkan skala usaha (scaling up).

Berikut ini adalah rangkuman tips untuk meraih sumber permodalan bagi UKM yang bukan hanya cepat dan mudah tetapi sekaligus aman.

  • Memanfaatkan Bantuan Usaha Pemerintah

Pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya membangun program pro-UKM. Bentuk-bentuk programnya salah satunya adalah penyedian modal kerja bagi Usaha Kecil dan Menengah yang bisa diakses baik melalui Bank perwakilan ataupun dinas dan departement terkait yang menangani hal ini. Salah satu bentuk permodalan yang dapat diakses dengan mudah oleh pelaku UKM adalah KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Syarat pinjaman yang mudah, serta minimmnya bunga bisa menjadi alasan utama untuk para pelaku UKM mengakses modal.

  • Membangun Gabungan Kelompok UKM

Komunitas sebenarnya adalah salah satu akses gampang untuk membangun permodalan UKM. Sebagai contoh banyaknya Gapoktan atau Gabungan Kelompot Tani, Gabungan Pengusaha Mina dan Nelayan di sektor perikanan menjadi satu cara untuk sebuah kelompok UKM saling mengakses permodalan sekaligus wadah peningkatan skill, kompetensi maupun pemaran produk bagi para pelakunya. Dengan berkomunitas, UKM akan lebih kuat secara de yure maupun de facto sehingga keunggulan sebuah produk yang menjadi hasilnya otomatis bisa ditingkatkan, selain faktor permodalan tentunya.

  • Menemukan Angel Investor

Sangat jarang terjadi, tapi dalam beberapa kasus permodalan UKM pernah muncul. Angel Investor adalah sebutan untuk seseorang atau individu yang kaya raya sekaligus punya rasa kepedulian sosial yang tinggi. Individu atau orang semacam ini akan dengan mudah memberikan pinjaman lunak pada sebuah bisnis skala UKM untuk menjalankan roda bisnisnya. Seringkali, kasus permodalan Angel Investor ditemukan benar-benar terjadi pada bisnis UKM berskala lokal dengan range produk yang dibutuhkan pasaran lokal.

  • Mengajukan Bantuan Ke Kementrian UKM

Pada poin pertama sudah dijelaskan bahwa memanfaatkan bantuan usaha pemerintah adalah salah satu cara bagi UKM untuk bisa mengakses permodalan. Bedanya, untuk poin ini, UKM yang bersangkutan memang murni mengajukan proposal kepada Kementrian terkait yaitu Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Perlu beberapa langkah tentu yang harus ditempuh. Langkah ini berkaitan dengan proses administrasi dimana tahapan-tahapannya harus diketahui. Salah satu cara untuk tahu tahapan pengajuan permodalan kepada Kementerian Koperasi dan UKM adalah mengakses via situsnya.

  • Mengakses Program Kemitraan dan CSR

Beberapa perusahaan berskala raksasa sebenarnya punya skema bantuan permodalan untuk UKM. Salah satunya melalu akses program kemitraan. Dengan model kemitraan biasanya akan muncul usaha-usaha yang bersifat binaan dengan branding perusahaan tersebut. Disisi lain juga terdapat program CSR atau Corporate Social Responsibility, ini adalah bentuk bantuan sebagai pertanggungjawaban sebuah perusahaan besar untuk membangun masyarakat.

Itulah tadi rangkuman daftar cara untuk mendapatkan permodalan UKM secara sederhana. Ada beberapa cara lain juga yang mungkin ditempuh, tentunya ini tergantung dari kreatifitas pelaku bisnis masing-masing.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.