Home / Blog / Cara Menyusun Job Description Sesuai Dengan Jabatan Yang Baik

Cara Menyusun Job Description Sesuai Dengan Jabatan Yang Baik

Cara Anda Menyusun Job Description adalah kesempatan Anda untuk terhubung dengan calon potensial. Dan kesan pertama itu penting. Deskripsi pekerjaan (Job Description) yang efektif menarik dan inklusif, menarik orang yang tepat untuk mendaftar dan membantu Anda memangkas waktu Anda.

Dengan mengetahui Cara Menyusun Job Description Sesuai Dengan Jabatan Yang Baik, akan meningkatkan performa bisnis Anda.

Job Description seperti promosi perusahaan kepada kandidat. Anda harus menjadikannya cukup deskriptif untuk mendapatkan perhatian kandidat, dan cukup menarik untuk menjaganya. Sebagian besar perusahaan seperti Apple atau Google, dengan ribuan calon pelamar menguntit laman karier setiap hari.

Perekonomian terus membaik dan semakin banyak pasar kerja kandidat. Kiat-kiat berikut akan membantu Anda menulis deskripsi pekerjaan yang menarik yang membantu lowongan Anda naik di atas persaingan.

bee-gratis-demo

1. Gunakan Keyword Pekerjaan Yang Jelas

Pertimbangkan proses pencarian pekerjaan dari sudut pandang kandidat. Calon yang serius tidak mencari istilah seperti “data master” atau “pakar media sosial.”

Mereka mencari “data scientist” atau “spesialis media sosial”. Saat menulis deskripsi pekerjaan Anda, cobalah masuk ke dalam kata kunci Anda audiens target sedang mencari. Tools Tren Kerja memang dapat membantu Anda mengetahui seberapa populer kata kunci Anda.

Untuk menghindari tersesat di tengah kerumunan, cobalah untuk membuat deskripsi pekerjaan Anda sespesifik dan sejelas mungkin, dan terapkan kata kunci long-tail.

2. Langsung Pada Intinya

Iklan pekerjaan yang efektif bersifat profesional dan dapat dihubungkan. Calon cenderung untuk skim deskripsi pekerjaan, sehingga jargon dan frasa membingungkan akan mematikannya. Sebelum mempublikasikan, periksa kembali deskripsi Anda untuk memastikan kejelasan dan akurasi.

Saat menulis deskripsi pekerjaan, selalu periksa oleh seseorang yang sudah bekerja dalam peran itu. Jika ini posisi baru, mintalah saran dari orang-orang di luar bisnis Anda yang bekerja dalam pekerjaan yang terdengar serupa untuk memastikan apa yang Anda cari realistis.

Profesional yang memiliki pengalaman paralel dengan apa yang Anda rekrut akan membantu Anda menetapkan ekspektasi yang wajar dan mencari tahu kualifikasi apa yang merupakan persyaratan mutlak, apa yang menyenangkan dan apa yang benar-benar tidak realistis atau tidak perlu.

3. Detail

Membantu calon memvisualisasikan suasana di tempat kerja. Memecah tanggung jawab menjadi tugas pekerjaan yang singkat dan jelas.

Misalnya, jika Anda beriklan untuk Manajer Pemasaran Digital, alih-alih menggunakan deskripsi yang tidak jelas (mis. “Anda akan bertanggung jawab untuk departemen Pemasaran Digital”), deskripsikan tanggung jawab khusus:

  • Kelola semua saluran pemasaran digital (mis. Situs web, blog, email, dan media sosial) untuk memastikan konsistensi merek
  • Mengukur ROI dan KPI
  • Memantau akun media sosial

Pastikan Anda dan manajer hrd berada disisi yang sama tentang persyaratan posisi untuk menghindari kebingungan dengan calon di kemudian hari dalam proses perekrutan.

4. Fokus Pada Tujuan (Bukan Apa Telah Dicapai)

Mungkin perusahaan Anda memiliki sejarah yang terkenal dan beberapa pengakuan merek yang luar biasa sebagai hasilnya. Besar. Tapi coba tebak?

Calon tidak bekerja di sana saat itu. Kita hidup di era pertumbuhan pesat yang belum pernah terjadi sebelumnya, di mana pemain besar yang diperdagangkan secara publik dapat diubah semalaman oleh startup yang ramping dan berarti.

Kandidat ingin tahu apa rencana masa depan untuk perusahaan Anda. Lagi pula, merekalah yang akan membantu membentuk dan melaksanakan rencana ini.

Apakah Anda perusahaan yang fokus pada perluasan penawaran produk Anda?

Perusahaan perawatan kesehatan meningkatkan fokus Anda pada asuransi? 

Perusahaan besar yang masuk ke dalam wilayah online?

Kasus piala yang penuh dengan penghargaan itu semua baik dan bagus, tapi calon benar-benar ingin tahu tentang peluang yang ada di depan. Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.