Home / Blog / Cara Meningkatkan Penjualan Tanpa Menambah Modal
cara-meningkatkan-penjualan-tanpa-menambah-modal-image

Cara Meningkatkan Penjualan Tanpa Menambah Modal

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan bisnis Anda tentu saja ini akan membuat biaya Anda juga naik. Entah itu Anda harus memperbanyak persediaan barangnya atau menambah SDM. Nah kalau Anda ingin meningkat namun tidak memiliki cukup modal lantas bagaimana caranya?

Anda sudah pernah dengar sistem konsinyasi belum?

Contoh sederhananya itu  kalau dikehidupan sehari-hari.  Ada ibu-ibu pagi hari biasanya nitip gorengan di warung kopinya orang. Sore harinya datang untuk mengambil uang serta sisa gorenganya (jika ada sisanya).  Nanti hasil penjualannya bisa 10% nya dibagikan kepemilik warung atau bisa juga harga jualnya ditentuin sama pemilik warung.

Nah, pada dasarnya sistem konsinyasi sendiri dibagi menjadi 2 macam yaitu ;

  • Konsinyasi Out (Konsinyasi Keluar) adalah dimana Anda sebagai pihak pemberi barang kepada komisioner untuk dijual kembali.
  • Konsinyasi In (Konsinyasi Masuk) adalah dimana Anda sebagai piahk penerima barang dari konsinyor untuk kita jual kembali

Tapi sesuai judul artikel diatas yaitu “Cara Meningkatkan Penjualan Tanpa Menambah Modal” maka disini akan lebih membahas mengenai Konsinyasi In. Mengapa sich dengan sistem konsinyasi ini dapat meningkatkan penjualan Anda. Ok, yuk dibahas satu-satu.

1. Varian Barang 

Dengan sistem konsinyasi yang ada maka akan ini akan menambah varian barang Anda.  Nah dengan begitu ini akan meningkatkan penjualan Anda. Bayangkan misal customer A yang awal tujuannya hanya mau membeli barang B. Karena ada barang C dan D maka customer A jadi tertarik untuk membeli barang C dan D.

2. Banyak Customer Datang

Mudahnya begini kalau Anda mau belanja mau pergi ke tempat yang barangnya sedikit atau yang barangnya banyak? Pasti lebih memilih untuk ke tempat yang barangnya lengkap dan banyak. Selain lebih bebas dalam memilih juga lebih enak karena hanya satu tempat. Kalau harus beda tempat itu malas karena apa? udah biaya parkir di tambah lagi nyari tempat parkir yang susah itu bikin kesel hehe. 

Jadi kenapa harus memilih sistem konsinyasi untuk meningkatkan penjualan

1. Tanpa Modal

Ini menjadi alasan utamanya Anda tidak harus menambah modal namun barang di toko Anda bisa bertambah. Pebisnis mana sich yang tidak mau barang di tokonya bertambah dan tidak mengeluarkan uang hehe. Anda hanya perlu modal space untuk maenaruh barang tersebut.

2. Resiko Kecil

Selain tanpa modal sistem konsinyasi ini juga kecil resikonya. Jika barang tidak laku Anda tidak perlu khawatir berlebihan, karena barang itu bisa Anda kembalikan ke pemiliknya. Jadi Anda tidak akan mengalami kerugian secara materiil.

3. Untung 

Yang namanya usaha pasti maunya untung hehehe. Anda tidak butuh modal namun mendapatkan untung. Untuk masalah keuntungan ini sistemnya bisa Anda bicarakan dengan pemilik barang. Apakah mereka yang menentukan harga jualnya dan Anda mendapatkan presentasenya atau sebaliknya.

Kalau diatas sudah dibahas 3 keuntungan menjalankan sistem konsinyasi. Sekarang Anda juga harus menyiapkan sistemnya. Karena jika tidak maka takutnya ini justru merugikan Anda baik secara materiil maupun imateriil. Materiil tentunya dalam bentuk uang.

Contoh kasus pemilik barang merasa barang A ini dititipkan ke toko. Dengan qty 12 tapi di tempat Anda hanya 10. Nah ini apakah memang hanya ada  10 atau benar kata pemilik barang sebnaranya ada 12 tapi yang 2 hilang. Jika Anda tidak memiliki sistem yang baik akan membuat Anda harus membayarnya. Yang ada bukanya untung tapi malah buntung. Selain itu hubungan Anda dengan pihak pemilik barangpun jadi tidak baik.

Oleh karena itu dibutuhkan sistem pencatatan yang rapi . Dengan begitu  Anda akan tahu betul barang apa saja dan qty berapa yang dititipkan ke toko Anda. Dan jangan lupa Anda juga harus tahu stock barang apa saja yang laku dan barang apa saja yang tidak laku.

Anda analisa barang apa saja yang banyak menguntungkan Anda. Karena dengan begitu Anda tidak perlu mengkonsinyasi barang yang tidak laku. Nah tempatnya kan bisa Anda gunakan untuk menaruh barang-barang yang laku. Intinya sich jangan sampai tempat Anda sia-sia hehe.

Oh iya sampai lupa ini saya ada contoh laporan konsinyasi dalam bentuk video. Langsung aja deh diputar videonya. agar bisa Anda contoh. 

Ini juga ada contoh proses transaksi penjualannya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa berbagi ya agar teman Anda juga mendapatkan manfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki. Salam Let’s #beefree 

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.