Home / Blog / Cara Menghitung PPH Pasal 29 dan PPH Pasal 25
cara-menghitung-pph-pasal-29-dan-pph-pasal-25-gambar

Cara Menghitung PPH Pasal 29 dan PPH Pasal 25

Setiap badan usaha yang memiliki pendapatan dan keuntungan dari hasil usahanya wajib membayar pajak badan usaha. Setiap akhir periode tahun pajak yaitu pada periode maret tahun pajak bersangkutan akan lebih dikenal dengan Pajak Penghasilan Badan PPh pasal 29. Jadwal pembayarannya dapat dicicil tiap bulan atau biasa disebut Pajak Penghasilan Badan. PPh pasal 25 dimana perhitungannya dengan cara menggunakan data Pajak PPh Badan Usaha terhutang tahun sebelumnya dibagi 12.

Besarnya tarif pajak penghasilan badan usaha ada beberapa jenis. Tarif tersebut dikategorikan sesuai dengan jumlah pendapatan yang diperoleh badan usaha tersebut dalam satu tahun pajak. Adapun jenis tarif pajak penghasilan badan adalah sebagai berikut:

1. Badan Usaha yang memiliki pendapatan bruto sampai 4,8 Milyar per tahun

Dikenakan tarif pajak PPh final yaitu PPh Pasal 4 ayat 2 dengan perhitungan pajak yaitu 1% dikalikan dengan seluruh pendapatan bruto dari hasil usaha perseroan, dan berdasarkan PP 46 Tahun 2013 maka wajib pajak atau badan usaha wajib menyetorkan Pajak PPh tersebut setiap bulan paling lambat tanggal 15.

2. Badan Usaha yang memiliki pendapatan bruto lebih besar dari 50 Milyar per Tahun

Besarnya tarif pajak penghasilan PPh badan dikenakan tarif pajak tunggal 25% dikalikan dengan laba bersih sebelum pajak.

3. Badan Usaha yang memiliki pendapatan bruto lebih besar dari 4,8 Milyar dan kurang dari 50 Milyar per setahun

Dikenakan 2 tarif perhitungan pajak dengan cara sebagai berikut: tarif sebesar 12,5% untuk pajak penghasilan yang mendapatkan fasilitas (pendapatan bruto sampai dengan 4.8 Milyar). Akan dikenakan tarif 25% untuk pajak penghasilan yang tidak mendapatkan fasilitas (pendapatan bruto 4,8 – 50 Milyar).

Dengan mengetahui cara perhitungan Pajak PPH pasal 29 dan pph pasal 25. Anda dapat dengan mudah memperkirakan berapa banyak biaya yang akan dibayarkan. Akan leih mudah bila ada fitur yang mampu menghitung pajak sekalian. Ada gak sih?

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menghitung tarif pajak yang harus dibayarkan. Jika ada yang ingin ditanyakan atau bertanya silahkan coment dibawah ini. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda