Home / Blog / Cara Menghindari Masalah Perpajakan

Cara Menghindari Masalah Perpajakan

Sumber pendapatan negara yang utama berasal dari sektor pajak. Pajak digunakan untuk kepentingan pemerintah dalam membangun negara dan tentu saja untuk kesejahteraan masyarakat umum. Banyak yang masih berfikir sempit bahwa pajak yang mereka bayar tidak langsung mereka nikmati manfaatnya. Hal ini perlu diluruskan, bahwa manfaat dari pajak yang terkumpul digunakan untuk kepentingan umum bukan individual.

Cara Menghindari Masalah Perpajakan

Ada banyak masalah perpajakan yang bisa saja muncul dan mengganggu kelancaran bisnis Anda. Beberapa cara berikut ini bisa Anda gunakan untuk menghindari hal tersebut:

  • Siapkan PIC khusus yang mengurusi administrasi perpajakan yang tugas utamanya adalah membayar pajak tepat waktu secara teratur. Setiap keterlambatan ada sanksinya, oleh karena itu jangan lewatkan jatuh tempo dan jangan pula mencoba menipu pada birokrasi.
  • Jika tidak ada PIC khusus pajak maka Anda bisa menyewa akuntan lokal yang mengetahui birokrasi lokal dengan baik.
  • Ada baiknya Anda sebagai pemilik bisnis juga harus selalu mengetahui undang-undang perpajakan terbaru, demi kelancaran usaha Anda sendiri.
  • Di era teknologi seperti saat ini, sudah semestinya Anda menggunakan software akuntansi untuk membantu administrasi perpajakan Anda. Software bantu ini akan membantu Anda membuat dokumentasi yang lengkap untuk dilaporkan tanpa perlu melakukan audit berulangkali atau terlupa.

Masalah yang Umum Terjadi dalam Bidang Perpajakan

Jika Anda memiliki bisnis sendiri, beberapa masalah perpajakan berikut ini perlu diantisipasi:

1. Hindari hukuman dan denda dengan memahami aturan tentang pemotongan

Meskipun pengurangan pajak adalah cara yang bagus untuk meminimalkan pajak ketika menggunakan cara yang benar, namun sering disalahgunakan dan digunakan secara berlebihan. Inti dari pengurangan adalah untuk memberikan kemampuan untuk menghilangkan pajak untuk barang-barang yang mereka beli demi kemajuan bisnis mereka. Meskipun ini termasuk pengeluaran modal, hadiah klien, dan perjalanan bisnis, itu tidak berarti bahwa Anda dapat memasukkan pengeluaran yang Anda keluarkan saat berbicara tentang bisnis Anda saat Anda berlibur bersama keluarga.

2. Gagal melacak pengeluaran bisnis yang dapat dikurangkan

Sisi lain dari orang-orang yang mencoba membuat permainan sistem dengan mengambil pengeluaran yang tidak berhak adalah gagal melacak pengeluaran bisnis yang dapat dikurangkan. Ini sering terjadi ketika orang tidak memiliki kartu kredit atau akun yang digunakan khusus untuk pengeluaran bisnis mereka, atau ketika uang tunai digunakan saat bepergian atau menghadiri pertemuan bisnis. Ketika Anda tidak mengurangi pengeluaran yang sah, Anda menipu diri sendiri dari penghematan pajak, jadi mulailah menyimpan semua kuitansi, dan berbicaralah dengan seorang profesional pajak sehingga Anda memahami dengan tepat apa yang dapat Anda hapuskan, dan apa yang tidak dapat Anda hapuskan.

Baca Juga: Strategi Pajak Yang Harus Anda Lakukan Untuk Perkembangan Bisnis

3. Gagal memilih konsultan pajak profesional yang memiliki reputasi baik

Memilih konsultan pajak profesional yang memiliki reputasi baik bisa jadi merupakan langkah penghematan. Mereka paham alokasi biaya mana saja yang perlu dilakukan agar bisa berhemat. Namun jangan sampai Anda justru melakukan manipulasi data yang melanggar ketentuan pajak. Konsultan pajak yang punya reputasi bagus akan memberikan saran terbaik bagi Anda.

4. Telat membayar pajak melewati batas waktu

Setiap keterlambatan atau ketidaktertiban administrasi perpajakan akan menghadapi konsekuensi sanksi berdasarkan ketentuan. Ini masalah sepele sehingga seharusnya tidak terjadi pada usaha Anda.

Diantara itu semua hal terpenting lainnya adalah Anda harus mengikuti perkembangan terkini tentang undang-undang pajak. Hal ini penting untuk alokasi anggaran pajak Anda. Salah satu contoh sederhana adalah perubahan ketentuan terkait pajak UMKM. Jika tidak update informasi bisa jadi Anda salah dalam alokasi anggaran yang sebenarnya bisa digunakan untuk pos lainnya.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.