Home / Blog / Cara Mengelola Piutang agar Lancar tidak Macet Tak Tertagih

Cara Mengelola Piutang agar Lancar tidak Macet Tak Tertagih

Banyak Perusahaan Merugi Akibat Piutang tak Tertagih..

 

Benarkah pernyataan seperti itu? Baiklah mari kita bahas pada artikel ini..

Salah satu pendukung kelancaraan bisnis adalah cashflow yang lancar. Piutang dalam bisnis merupakan hal yang wajar dilakukan untuk menciptakan mitra bisnis. Piutang biasanya timbul dari penjualan kredit barang/jasa yang merupakan hasil usaha dari perusahaan yang bersangkutan.

Akan tetapi, hal tersebut akan memberikan resiko bagi perusahaan seperti akan adanya kemungkinan piutang-piutang yang tidak tertagih atau macet. Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalami hal ini pada perusahaan yang dipimpin.

Piutang macet merupakan salah satu gejala yang dapat menghambat kelancaran bisnis. Hal tersebut juga dapat menyebabkan cashflow (arus kas) jadi seret.

Ketika cash masuk tidak lancar, sehingga perkembangan bisnis akan terganggu jika cash masuk tidak lancar. Tidak hanya itu, cash masuk tidak lancar juga berpengaruh pada pembelian stok atau persediaan barang lain dan pembayaran biaya operasional Anda yang menjadi tertunda akibat kas yang minus.

Apa Solusinya??

Seperti yang sudah dibahas, begitu pentingnya mengatasi piutang macet supaya arus kas lancar. Kalau tidak segera diatasi, bisa saja perusahaan akan terus menerus merugi dan bisa berujung gulung tikar.

Solusinya yaitu dengan menyusun laporan piutang. Kalau Anda selama ini menyusun laporan piutang secara manual, itu masih bisa. Namun bila Anda melakukan pencatatan piutang di kertas biasa atau buku jurnal, dikhawatirkan buku-buku tersebut bisa hilang karena lupa taruh atau bahkan di makan binatang rayap bila disimpan di tempat sembarangan.

Sangat disarankan Anda menggunakan software yang dapat menampilkan laporan piutang secara tepat dan cepat..

 

1. Terapkan Kebijakan Jatuh Tempo

Jatuh tempo merupakan batas waktu akhir pembayaran yang harus dilakukan oleh pihak terutang. Bila sebelumnya perusahaan menerapkan jatuh tempo 30 hari, untuk menghindari piutang macet maka bisa dikurangi jatuh temponya menjadi 15 hari atau hanya menerima pembelian secara tunai.

2. Sering Lakukan Follow Up.

Cara yang pertama merupaka cara umum yang wajib dilakukan setiap perusahaan. Dengan sering melakukan follow Up terhadap piutang yang belum dibayar oleh pihak yang bersangkutan, maka potensi untuk dibayarnya piutang tersebut lebih besar.

Ada kemungkinan pihak yang memiliki hutang lupa bila mereka masih punya piutang yang harus dibayar. Untuk itu perlu dilakukan follow up sehingga tidak sampai menjadi piutang yang tak tertagih

3. Tagih secara Agresif

Apabila cara yang pertama sudah dilakukan namun belum ada hasil, maka Anda perlu melakukan tindakan yang lebih terhadap pihak yang memiliki hutang untuk menagih piutang yang belum lunas. Anda bisa memberikan surat teguran atau peringatan untuk pihak yang terutang.

Hal ini secara perlahan akan membuat pihak terutang terbiasa melakukan pelunasan secepat mungkin. Jadi masalah piutang yang tak tertagih kemungkinan tidak akan terjadi lagi

4. Kenakan Denda Keterlambatan

Dengan mengenakan biaya denda keterlambatan, tentunya akan membuat pihak terutang berifikir dua kali bila saat telat membayar hutang yang harus dibayar. Karena semakin terlambat dari waktu yang sudah ditentukan, maka semakin banyak pula jumlah hutang yang harus dibayar.

5. Jalur Hukum

Jika yang menjadi masalah piutang macet adalah faktor moral penghutang, maka tidak ada jalan lain kecuali dengan melalui jalur hukum. Tidak harus ke pengadilan, tapi bisa melalui bantuan mediasi dari konsultan hukum. Jangan harap uang Anda kembali dengan cepat, karena proses ini akan memakan waktu panjang.

6. Blacklist Customer yang Menunda Pembayaran

Bila sudah menggunakan tiga cara di atas namun hasilnya nihil, maka Anda bisa melakukan blacklist terhadap customer yang menunda pembayaran. Mungkin terbilang agak kontroversi, tapi hal ini dilakukan agar Anda tidak mengalami piutang macet.

Namun cara di atas belum dapat dilakukan bila Anda belum memiliki catatan piutang dan laporannya. Akan lebih mudah bila Anda memiliki beberapa laporan piutang seperti laporan kartu piutang, atau laporan piutang jatuh tempo.

Semua yang Anda butuhkan ada di Beeaccounting

Jika Anda membutuhkan sistem otomatis yang bisa menyusun laporan kartu piutang, laporan piutang jatuh tempo dengan sangat cepat dan akurat, maka sistem Beeaccounting jawabannya..

9 Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Menggunakan Beeaccounting..

  1. Meningkatkan omset penjualan
    Mengontrol order penjualan, jadwal pengiriman, cetak surat jalan. Informasi harga dan stok dapat tersaji cepat dan akurat. Mencegah back order berkat manajemen order dan stok. Analisa kebutuhan & manajemen buffer stock (min/max).
  2. Menekan rasio piutang tak tertagih
    Mengontrol penagihan piutang jatuh tempo tepat waktu. Mencetak daftar penagihan per collector area. Kartu piutang per customer, analisa umur piutang.
  3. Terintegrasi menu perpajakan
    Mencetak faktur pajak standard / sederhana. Laporan PPN masukan / keluaran, laporan PPH.
  4. Efisiensi proses Pembelian
    Mengontrol proses pembelian mulai dari Permintaan Pembelian, P.O., Penerimaan Barang hingga Invoice Pembelian.
  5. Menekan pengeluaran biaya dengan sistem budgeting
    Setting anggaran biaya & target income per Departemen & Project. Laporan income, biaya & laba/rugi per Departemen & Project.
  6. Menekan Kebocoran Uang dan Stock
    Mutasi keluar/masuk uang & barang dapat dilacak dengan detail, cepat & akurat.
  7. Bisnis Anda bisa diDelegasikan & Terkontrol tanpa kehadiran Anda.
    Manajemen hak akses data bisa disesuaikan dengan sistem perusahaan anda. Aman dari manipulasi, semua transaksi bisa di-audit.
  8. Mempercepat Pengambilan Keputusan strategis
    Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji Cepat & Akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis seperti: Customer, Strategi harga jual, Stok, Kas/Bank, Limit piutang.
  9. Konsolidasi antar cabang dengan biaya rendah
    Mendukung sistem online antar cabang luar kota/pulau via internet. Semua bisa anda kontrol kapanpun & dimanapun. *membutuhkan koneksi internet dengan ip address static

Anda bisa mendownload Beeaccounting melalui link berikut ini : Download Sekarang!

Untuk menghubungi kami, silahkan klik tombol Whatsapp di bawah ini..

Silahkan share dan berkomentar yaa..

Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.