Home / Blog / Cara Mengelola Cash Flow untuk Perkembangan Usaha Anda

Cara Mengelola Cash Flow untuk Perkembangan Usaha Anda

Arus kas atau cash flow sangat penting dalam setiap usaha. Perkembangan usaha Anda sangat dipengaruhi oleh sehat tidaknya arus kas dalam usaha Anda. Dalam usaha kecil menengah kas adalah satu komponen yang paling krusial. Uang kas sangat berperan penting dalam tiap pergerakan dalam usaha Anda. Seringkali bisnis yang sukses dan berhasil pada awalnya menjadi runtuh dan hancur karena kesalahan pengelolaan arus kas. Berikut adalah Cara Mengelola Cash Flow untuk Perkembangan Usaha Anda.

Pertahankan Arus Kas Positif

Arus Kas Positif merupakan arus kas yang tersalurkan dari kegiatan penjualan, piutang, dan sumber pemasukan lainnya melebihi jumlah kas yang keluar. Kas yang keluar untuk berbagai pengeluaran, seperti pelunasan utang dagang, pengeluaran bulanan, gaji, dan lainnya harus dikondisikan agar tidak terlalu besar. Untuk menghindari arus kas negatif, Anda bisa menghasilkan atau mengumpulkan lebih banyak kas sambil mempertahankan atau memotong pengeluaran bisnis.

Pergunakan Software Akuntansi

Lakukan analisis dan pengelolaan Arus Kas bisnis secara berkala agar Anda bisa lebih efektif mengontrol Arus Kas masuk dan keluar. Sangat mudah melakukan analisa dan pengelolaan arus kas dengan menggunakan software akuntansi seperti beeaccounting atau beecloud. Untuk mengontrol Arus Kas usaha Anda, tidak saja hanya dengan melihat dari Laporan Laba Rugi Anda. Banyak faktor krusial Arus Kas usaha Anda, seperti pelunasan piutang, pembelian inventaris, pelunasan utang dagang, pengeluaran modal, dan lainnya dalam usaha Anda. Pengelolaan Arus Kas yang cerdas membutuhkan fokus pada masing-masing faktor tersebut di luar untung atau rugi yang usaha Anda peroleh.

Kumpulkan Piutang Usaha

Akun piutang usaha yang tidak tertagih dan membengkak, menjadi tidak efektif bagi pemasukan kas bisnis Anda. Lakukan preotorisasi cek pada pelanggan usaha Anda sehingga bank dapat menarik kas dari rekening mereka pada interval waktu yang telah ditentukan. Bila Anda menggunakan software akuntansi, gunakan invoice reminder untuk mengingatkan pelanggan terkait pelunasan piutang secara otomatis. Tawarkan pula diskon kepada pelanggan Anda jika mereka membayar tagihan sebelum jatuh tempo.

Analisa Dan Evaluasi

Lakukan analisa dan evaluasi arus kas usaha Anda secara berkala. Sangat penting untuk tetap menjaga arus kas tetap dalam jalur dan menghasilkan arus kas positif. Jika usaha Anda membutuhkan lebih banyak pemasukan cobalah untuk menarik pelanggan baru atau menjual produk baru dan meningkatkan kuantitas penjualan kepada pelanggan tetap Anda. Cobalah menjual produk Anda lebih banyak kepada pelanggan tetap Anda. Tarik perhatian mereka dengan diskon dan keuntungan lebih jika mereka meningkatkan pembelian mereka.

Perlu diingat bahwa profit dan arus kas berbeda. Anda tidak bisa mengelola arus kas usaha Anda hanya dengan mengandalkan laporan laba rugi saja. Anda membutuhkan nominal kas yang cukup untuk membayar biaya-biaya dalam usaha Anda. Bahkan dalam pengembangan usaha, Anda harus melakukan pengeluaran dan investasi tertentu terlebih dahulu sebelum mendapatkan keuntungan.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.