Home / Blog / Cara Mengamankan Bisnis Anda dari kompetitor
cara-mengamankan-bisnis-anda-dari-kompetitor-image

Cara Mengamankan Bisnis Anda dari kompetitor

Ada gula ada semut, ada market ada kompetitor. Selama ada market atau pasar untuk bisnis Anda, maka kompetitor pasti ada. Pengusaha sukses berkembang dengan tekanan persaingan. Alih-alih melihat persaingan sebagai hambatan, mereka melihatnya sebagai sebuah peluang.

Anda perlu mempelajari Cara Mengamankan Bisnis Anda dari kompetitor. Kompetitor terbesar Anda adalah diri Anda sendiri. Anda seharusnya tidak sepenuhnya mengabaikan kompetitor Anda, tapi pertarungan terbesar terjadi di dalam kantor Anda.

Eksekusi strategi bisnis menjadi keseharian yang wajib dilakukan untuk keberlangsungan bisnis Anda dalam jangka panjang. Kebanyakan bisnis tidak kalah karena kompetisi, tapi karena mereka kehilangan keinginan untuk bertarung.

Kompetisi yang sehat akan membawa bisnis Anda menjadi lebih matang. Menantang Anda untuk bekerja lebih cerdas dengan sumber daya yang Anda miliki. Dengan tim dan infrastruktur bisnis yang solid, kompetitor anda tidak akan berani bertarung secara head to head dengan anda.

Bahkan jika perusahaan lain di industri Anda mencoba untuk melemahkan harga Anda, merusak brand Anda dan juga mencuri pelanggan Anda, pikirkan secara positif tentang cara mereka dapat membantu pertumbuhan bisnis Anda.

Cara Mengamankan Bisnis Anda Dari Kompetitor

1. Jangan Cepat Berpuas Diri

Bisnis Anda akan berhenti berinovasi, karena merasa sudah menang, sudah memonopoli industri, sudah di posisi nyaman, sedah merasa aman sehingga merasa tidak merasa perlu lagi berinovasi. Secara tidak sadar berkomitmen untuk mempertahankan status quo. Kompetitor akan meninggalkan anda jauh didepan.

2. Bangun Brand Yang Berpengaruh

Buat audience anda memilih anda dari vendor lain. Tunjukan bahwa Anda lebih baik, lebih menuntungkan. lebih unggul di industri tersebut

3. Standarisasi 

Dengan standarisasi di semua lini bisnis Anda, maka akan memudahkan anda untuk mengukur performa  bisnis Anda. Membuat bisnis Anda tidak terlalu bergantung pada orang, tapi pada sistem yang telah Anda bangun. Memudahkan Anda untuk me-multiplikasi bisnis Anda dan mencapai winning position dalam industri tersebut. Standarisasi ini dimulai dengan S.O.P.

4. Membangun Self-awareness Dalam Bisnis Anda

Selalu analisa kekuatan dan kelemahan Anda secara rutin. Gunakan kekuatan anda untuk membuat proposisi yang unik bagi customer. Pahami kekurangan bisnis Anda, cari solusi untuk mengatasinya.

5. Berbeda

Bedakan penawaran Anda dari kompetitor dengan tujuan menciptakan nilai yang luar biasa bagi pengguna yang Anda layani. Di pasar yang sehat, pembeli akan menuntut solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik mereka. Kompetitor akan terus mencoba menawarkan layanan pelanggan yang lebih baik, kualitas produk dan pemasaran. Maka berbedalah.

6. Manfaatkan Trend 

Kompetisi menandakan kekuatan permintaan konsumen. Ini memberikan validasi untuk apa yang Anda lakukan. Di pasar yang baru, ini adalah kesempatan untuk mempromosikan trend baru yang akan membuat pembeli dan media tertarik dengan bisnis Anda.

7. Partnership

Jalin relasi, perkumpulan, asosiasi, aliansi dengan bisnis yang berpikiran sama. Pertukaran teknologi dan alat, memperluas pasar secara keseluruhan, saling mempromosikan produk masing-masing dan berkolaborasi dalam penelitian baru untuk mendidik konsumen. Mungkin suatu hari nanti, Anda bisa bergabung dengan, atau mendapatkan, kompetitor terbesar Anda.

8. Belajar Dari Kompetitor

Perhatikan kompetisi dengan saksama, amati kompetitor Anda. Pengetahuan dan sumber daya yang mereka miliki mungkin lebih baik dan berbeda dari Anda. Secara aktif pelajari bagaimana mereka mengelola dan menumbuhkan bisnis mereka. Segera, Anda akan menemukan cara untuk menerapkan pelajaran yang dipelajari untuk bisnis Anda.

9. Buat Rencana Jangka Panjang

Tanpa kompetitor, anda akan kebingungan melakukan simulasi atau latihan untuk mempertahankan bisnis Anda sehari-hari. Dengan kompetitor, Anda mulai menantang diri Anda untuk menjadi lebih baik. Membuat recana jangka panjang di perlukan sebagai pedoman operasonal dan strategi bisnis Anda.

Seseorang akan selalu lebih baik dari Anda, tapi itu bukan masalah. Pelanggan layak mendapatkan produk dan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan masing-masing. Untuk membangun bisnis yang menguntungkan, fokuskan usaha Anda untuk membuat segmen pasar yang lebih kecil dari overall market. Dengan mempersempit niche Anda, Anda mengembangkan keunggulan kompetitif yang menghalangi kompetisi lebih jauh.

10. Berorientasi Customer-Centric

Jangan terbuai dengan kompetisi, banyak berinvestasi untuk menjadi lebih customer-centric. Dengan cara ini, Anda akan meningkatkan loyalitas customer dan dengan mudah mempertahankan diri dari kompetitor agresif  yang berniat mencuri customer Anda.

Muaranya adalah customer Anda, bukan pesaing Anda. Yang akan menguatkan atau bahkan menghancurkan bisnis Anda. Hindari membiarkan kompetisi berdampak negatif pada bisnis Anda. Berinvestasi untuk memanfaatkan sepenuhnya peluang yang ada bila ada perusahaan lain yang menargetkan market yang sama.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. jangan lupa share ya ga teman Anda juga mendapatkan manfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki. Salam let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.