Home / Blog / Cara Menentukan Kriteria Customer Piutang dengan Rumus 5 C

Cara Menentukan Kriteria Customer Piutang dengan Rumus 5 C

Aktifitas perusahaan dapat berjalan dengan baik apabila dapat memilihara cashflow secara optimal. Namun pada kenyataanya bahwa perusahaan tidak hanya menjual barang atau jasa secara on delivery melainkan penjualan secara kredit yang akan menimbulkan piutang.

Penjualan secara kredit memerlukan penanganan secara komperhensip atas piutang dagang tersebut dari perencanaan, pengelolaan, pengendalian dan kontrol agar kredit yang diberikan dapat segera ditarik untuk pembiayaan operasional perusahaan.

Namun, Anda juga harus waspada banyak perusahaan yang bangkrut karena piutangnya macet atau bahkan tidak terbayarkan. Walapun berbagai cara telah Anda upayakan. Mulai dari cara simpatik, persuasive, responsive sampai represif.

Bagi perusahaan yang masih dalam tahap merintis masalah kolektibilitas menjadi sebuah bencana. Karena perusahaan biasanya hanya memiliki likuiditas kecil. Perusahaan ini “landing” in the wrong place, terpuruk.

Dengan mengetahui begitu besarnya resiko piutang terhadap perusahaan. Oleh karena itu Anda harus tahu bagaimana caranya, mengurangi resiko kredit dengan memperhatikan rumus 5 “C” sebelum memberikan persetujuan kredit.

1. Character, kemungkinan dari para pelanggan secara jujur berusaha memenuhi kewajibannya.

2. Capacity, pendapat subjektif mengenai kemampuan pelanggan. Ini diukur dari record tahun sebelumnya, atau dengan observasi fisik pada pabrik dan toko pelanggan.

3. Capital, diukur oleh posisi finansial perusahaan secara umum, dimana hal ini ditunjukkan dengan analisis ratio finansiil, khususnya ditekankan pada “tangible networth” perusahaan.

4. Collateral, dicerminan dari aktiva yang dijaminkan bagi keamanan kredit.

5. Conditions, menunjukkan pengaruh langsung dari trend ekonomi pada umumnya terhadap perusahaan atau perkembangan khusus dalam bidang ekonomi yang mempengaruhi efek terhadap kemampuan pelanggan untuk memenuhi kewajibannya.

Dengan 5  ini Anda dapat memilih calon customer yang Anda berikan Hutang. Anda dapat mencoba ini untuk kemajuan bisnis Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi usaha Anda. Jika ada yang ingin ditanyakan atau mungkin mau menambahi  bisa coment dibawah. Terimakasih. Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda