Home / Blog / Cara Mencegah Masalah Membangun Distributor Usaha Anda

Cara Mencegah Masalah Membangun Distributor Usaha Anda

cara mencegah masalah membangun jaringan distributor

Efisiensi satu kata yang tepat saat anda memutuskan membangun jaringan distributor. Mengembangkan bisnis dengan membuat distributor akan membuat bisnis anda lebih cepat dikenal pasar dan anda akan cepat memperoleh sumber pendapatan tambahan yang cukup besar.  Distributor bisa membuat Anda mengurangi kebutuhan dalam pemenuhan SDM untuk operasional tambahan dalam proses pemasaran. Waah, enak ya lebih irit ongkos.

Namun, permasalahan bisa timbul ketika partner distributor anda memberikan prioritas kepada produk kompetitor atau kurang mendeliver produk anda.  Untuk memastikan partner memberikan produk Anda prioritas, Anda perlu mengelola partner dengan hati-hati dan memberikan tingkatan yang tepat dalam memasarkan produk anda.

Hal-hal berikut yang perlu anda lakukan bila ingin membangun jaringan distributor produk Anda:

1. Manage

Menunjuk marketing khusus untuk memanage kerja sama dengan partner. Tugasnya untuk bertanggung jawab atas seleksi partner calon distributor, training dan pengembangan sales-marketing staff partner dan memonitoring performa distributor agar sesuai dengan target. Hal ini didapatkan dengan membangun dan menjaga hubungan dengan partner distributor, serta memanage potensi permasalahan dan kesepakakan sebelum permasalahan partner menjadi serius.

2. Support

Permasalahan distributor bisa terjadi ketika partnermu kelebihan produk dan kurangnya pengetahuan market. Hasilnya buruknya pelayanan kepada customer dan hilangnya peluang penjualan.  Tim marketing Anda harus bisa mengatasi masalah yang distributor dan mampu memberikan training kepada distributor agar mereka mampu menyelesaikan sendiri masalahnya. Ingat, jangan langsung anda handle. Biarkan partner distributor saja yang menyelesaikan masalahnya dengan customer. Tugas anda hanya mengajarkan dan mengawasi. Agar kedepannya mereka lebih mandiri dalam memasarkan dan menangani setiap masalah dari customer mereka.

3. Customer service

Partner tanggap dalam merespon kebutuhan customer. Jika partner kurang memenuhi standar pelayan, seperti lambatnya pengiriman, invoice tidak akurat, atau lamanya penanganan saat customer bertanya. Kepuasaan customer akan turun yang berdampak pada reputasi produk Anda sendiri. Jadi Anda harus membuat aturan standart pelayan customer dan dikomunikasikan kepada tim distributor anda.

4. Motivation

Anda harus mengatur system eksklusif sebagai distributor, agar memotivasi partner anda untuk memberikan komitmen penuh untuk produk Anda daripada produk lain yang sejenis. Hal ini memotivasi partner untuk memberikan pendapat dan menjalin komunikasi untuk turut serta mengembangkan bisnisnya. Terlebih lagi anda akan mampu menjalin ikatan insentif terkait dengan target pendapatan para distributor anda.

5. Brand

Memasarkan produk melalui jaringan distributor bisa lemahkan brand anda jika mereka tidak menggunakan standart yang telah anda terapkan. Customer akan  salah menerima value produk anda dan perusahaan anda. Anda bisa menerima banyak masalah dari isu brand yang tidak diluruskan. Namun, bila anda mampu membuat standart dan mengontrol kinerja yang diterapkan oleh semua jaringan distributor anda. Brand anda akan cepat meluas dengan cepat.

Masih ingin mengembangkan bisnis anda kan? Jangan ragu-ragu lagi, lakukan saja cara diatas. Sukses selalu untuk anda.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator