Home / Blog / Cara Memulai Bisnis Rumahan Modal Kecil

Cara Memulai Bisnis Rumahan Modal Kecil

Musim puasa menjelang lebaran seperti saat ini adalah momen yang tepat untuk memulai bisnis modal kecil khususnya bisnis rumahan kuliner. Namun jika Anda akan beralih kuadran dari menjadi karyawan menjadi wirausaha, ada dua masalah utama untuk memulai sebuah bisnis kecil yaitu: membuka bisnis kecil Anda yang sekaligus atau secepatnya menghasilkan uang dan juga Anda tetap harus membayar tagihan dan biaya hidup Anda sementara yang dulunya Anda biayai dari gaji sebagai karyawan.

Berikut ini solusi dua masalah utama ini untuk memulai bisnis kecil dan bagaimana Anda bisa mengatasinya.

Memulai Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Bisa Segera Menghasilkan Uang

Terlalu banyak orang yang membuang waktu dan uang mereka dalam sebuah bisnis kecil yang merugi. Mengapa mereka melakukannya? Karena mereka ingin melakukan hal tertentu dan melupakan hukum dasar bisnis (bisnis itu menguntungkan) yaitu harus ada permintaan pasar. Misalnya saja Anda adalah tukang daging yang sangat berbakat namun jika Anda mendirikan toko daging di kota yang sepenuhnya vegetarian, tidak akan ada gunanya!

Pertanyaan pertama yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda mempertimbangkan untuk membeli bisnis yang sudah ada atau memulai bisnis kecil dari awal? Lantas, “Bagaimana bisnis ini menghasilkan uang?” Pertanyaan kedua adalah, “Berapa banyak uang yang akan dihasilkan?” Anda perlu mengetahui jawaban ini jika ini adalah cara yang Anda harapkan untuk mencari nafkah.

Tahapan Memulai Bisnis Kecil Anda agar Bisa Segera Menghasilkan Uang

  • Lakukan Riset Pasar Anda dimana kebutuhan pasar didahulukan; ide dan / atau keinginan Anda harus menempati urutan kedua (atau bahkan ketiga). Misalnya saja Anda tidak dapat memulai bisnis yang sukses jika tidak ada cukup banyak orang yang mau dan mampu membeli produk atau layanan Anda di area layanan Anda.
  • Mulai Temukan dan Jual ke Pasar Target Anda dan kemudian mulailah usaha di bidang tersebut.
  • Lakukan Rencana Bisnis dan mulailah dengan Riset pasar. Tujuan utama dari rencana bisnis adalah perlindungan terbaik Anda terhadap kegagalan bisnis.

Dari sekian banyak alasan untuk memulai rencana bisnis, yang utama adalah ini: setelah selesai suatu pekerjaan, maka Anda akan tahu apakah ide bisnis yang Anda usulkan dapat diubah menjadi bisnis kecil yang menguntungkan.

Beli Waralaba yang Menguntungkan Daripada Memulai Bisnis Kecil Dari Awal

Waralaba yang menguntungkan bisa jadi cocok bagi pemula karena orang lain telah bekerja memulai usaha tersebut, dan terbukti sukses menghasilkan sesuatu bisnis yang menghasilkan uang. Jika Anda memiliki uang untuk membeli waralaba yang menguntungkan dan merupakan tipe orang yang tidak mau repot trial and error maka membeli waralaba yang menguntungkan bisa menjadi solusi ideal untuk Anda.

Membuka Bisnis Baru Jangan Berorientasi Langsung untuk Menghasilkan Uang

Jika bukan berasal dari sistem waralaba yang menguntungkan, bisnis baru biasanya butuh waktu antara enam bulan hingga beberapa tahun untuk menjadi bisnis yang menguntungkan. Jadi salah satu masalah utama bagi orang yang memulai bisnis kecil adalah membiayai hidup mereka sampai bisnis baru mereka mulai menghasilkan uang. Apa yang bisa Anda lakukan? Itulah yang harus Anda persiapkan sebelum memulainya.

Solusi untuk Bisnis Baru Agar Bisa Bertahan Hidup dan Menghasilkan Uang

  • Punya Pasangan Pendukung: Bagi banyak orang memulai bisnis kecil, bisa jadi adalah solusi terbaik. Pasangan yang bekerja dapat menanggung biaya hidup dan berkontribusi pada biaya untuk memulai bisnis baru.
  • Gunakan Tabungan Anda: Banyak orang menggunakan sebagian dari tabungan mereka untuk menjaga diri dan keluarga mereka agar tetap bisa bertahan ketika mereka memulai bisnis kecil. Uang pribadi adalah sumber paling umum dari modal awal bisnis, baik dari tabungan, menggadaikan kembali rumah (KPR), atau menjual properti.
  • Pinjam Bank: Jangan anggap pinjaman bank sebagai sumber dana. Kebijakan bank sangatlah ketat, bank telah mengatakan berulang kali bahwa mereka memberikan pinjaman kepada usaha kecil dengan rencana bisnis yang kuat atau yang sudah berjalan setidaknya 3 tahun.

Memahami cara memulai sebuah usaha baru sama pentingnya dengan keberanian untuk memulai usaha itu sendiri. Diluar itu, banyak berkonsultasi dengan yang sudah berpengalaman adalah cara terbaik memulai usaha baru.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.