Home / Blog / Cara Mempertahankan Bisnis Anda
Cara Mempertahankan Bisnis Anda
Cara Mempertahankan Bisnis Anda

Cara Mempertahankan Bisnis Anda

Dalam era persaingan global mempertahankan eksistensi bisnis adalah hal yang mutlak harus Anda perhatikan agar tidak kalah atau tenggelam oleh para pesaing. Sangat sulit Anda melepaskan diri dari persaingan bisnis tersebut, sekalipun Anda sudah menentukan jenis usaha bisnis yang tidak banyak pesaingnya.

Sebab, jika usaha bisnis yang Anda pilih bisa berkembang. Cepat atau lambat pasti akan muncul para pesaing yang telah melihat bahwa jenis usaha bisnis tersebut sangat berpeluang. Tentu saja hal ini akan membawa Anda pada sebuah kompetisi, meskipun katakanlah para pesaing Anda adalah pemain baru.

Akan tetapi jika ternyata kecakapan mereka lebih baik dalam mengelola suatu bisnis, bukan tidak mungkin bisnis Anda akan tergilas oleh sepak terjangnya. Lantas bagaimana Anda menghadapi persaingan tersebut?

Setiap bisnis atau perusahaan pasti akan mengalami masa-masa krisis. Apapun bentuknya, krisis itu pasti akan Anda temui dalam proses membangun usaha mulai dari krisis keuangan, krisis inovasi, bahkan krisis karyawan potensial.

Apalagi untuk bisnis yang telah berlangsung selama bertahun-tahun, pasti telah mengalami pasang surut. Suatu saat berada pada titik puncak dan suatu saat ada di titik terendah yang pasti sulit untuk bertahan. Apapun itu, Anda harus tetap bertahan menghadapinya. Apalagi jika bisnis tersebut adalah sumber penghasilan Anda.

Tapi, tidak sedikit pula pengusaha yang masih kesulitan untuk bisa mempertahankan bisnis yang sudah dirintis, bahkan setelah sekian tahun lamanya. Oleh karena itu, sebagai seorang pengusaha maka Anda pun harus memiliki daya tahan dalam berbisnis agar tetap dapat fokus dan tahu bagaimana arah tujuan bisnis Anda kedepan nantinya.

 1. Kelola Kas Dengan Baik

Bagaimanapun, saat Anda memutuskan untuk menjadi seorang pebisnis, maka Anda pun harus dituntut untuk menjadi orang yang lebih kreatif. Termasuk pula dalam penggunaan uang agar menghasilkan pendapatan yang lebih besar. Oleh karena itu, jangan mudah untuk membelanjakan uang Anda jika hal tersebut masih bisa dilakukan dengan cara yang lebih hemat. Misalnya saja, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar kantor Anda untuk didaur ulang menjadi sebuah barang pajangan daripada harus membelinya dengan harga mahal.

2. Menjalankan bisnis darimana saja dan kapan saja

Saat memutuskan untuk menjalankan bisnis, maka sebaiknya Anda tidak terpaku pada waktu. Artinya, Anda tidak bisa mematok jam kerja seperti pada umumnya untuk menjalankan bisnis. Bukan hanya itu saja, Anda juga tidak bisa hanya berdiam satu tempat untuk bisa menjalankan bisnis. Disaat Anda berada disuatu kota kecil sekalipun maka pastikan bahwa Anda tetap bisa memantau perkembangan bisnis. Hal tersebut bisa dilakukan jika Anda sebagai seorang pebisnis mau berinovasi dan juga berevolusi untuk mengikuti perkembangan zaman. Sebaiknya Anda mulai memanfaatkan koneksi internet agar bisa memantau perkembangan bisnis darimana saja dan kapan saja.

 3. Ikutilah Perkembangan Teknologi

Teknologi yang ada semakin tahun semakin maju. Dari mulai perkembangan di internet hingga teknologi lainnya. Gunakan teknologi yang dapat mendukung bisnis Anda agar dapat berjalan dengan optimal. Ada perusahaan yang berbisnis mencetak t-shirt yang awalnya hanya membuka toko di mall saja. Kemudian mereka mengikuti perkembangan teknologi untuk membeli mesin cetak digital yang mudah untuk dibawa-bawa. Mereka pun membuat toko dengan menggunakan mobil sebagai tempat usahanya. Dari tempat yang hanya diam saja, berganti menjadi tempat yang memiliki mobilitas yang tinggi sehingga dapat mendekati konsumen dengan lebih baik. Mereka juga menawarkan layanan online menggunakan internet sehingga memudahkan konsumen untuk membeli t-shirt mereka.

Ketiga cara diatas dapat Anda terapkan untuk mempertahankan bisnis Anda. Ingat bahwa saat ini masyarata sangat suka sesuatu yang praktis tapi menguntungkan. Anda juga begitu?

Maka Inovasi dari berbagai teknologi perlu Anda manfaatkan dengan baik, untuk menghasilkan bisnis yang efektif dan efesien. Internet, marketplace dan sistem bisnis cloud dapat menjadi alternatif mengembangkan bisnis Anda. 

Demikian artikel singkat mengenai “Cara Mempertahankan Bisnis Anda“.  Jika para pembaca ada yang ingin menambahkan terkait 5 hal diatas, silahkan untuk koment. Untuk bahan informasi saya dan pembaca lainya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda