Home / Blog / Cara Membuat Perencanaan Pajak di Musim Pajak

Cara Membuat Perencanaan Pajak di Musim Pajak

Bagian keuangan perusahaan biasanya menyiapkan satu orang karyawan yang khusus mengurus soal laporan pajak. Bagi yang tidak paham dan tidak mau melakukan persiapan, maka musim pajak (bulan Maret-April) bisa jadi menjadi musim pembayaran pajak yang sangat menguras tenaga dan pikiran, terutama jika selama ini masalah pencatatan keuangan tidak diatasi dengan benar.

Karena laporan pajak merupakan aktivitas rutin tahunan, maka administrasi perpajakan itu bisa dibuat dalam bentuk perencanaan pajak (tax planning) sehingga saat waktunya pelaporan SPT Tahunan, bisa lebih mudah dan cepat. Apa sajakah yang harus dipersiapkan?

Belajar dari pengalaman pajak tahun sebelumnya

Catatan transaksi keuangan yang rapi akan memudahkan dalam melihat tren usaha Anda. Sisihkan sebagian dari penghasilan Anda untuk pembayaran pajak tahun depan sehingga arus kas Anda tidak naik turun secara ekstrim akibat pajak. Idealnya bisa melakukan evaluasi pemasukan 6 bulan sekali untuk dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya untuk antisipasi pajak di tahun depan.

Manfaatkan Potongan Pajak

Potongan pajak bisa jadi alternatif untuk mengurangi beban biaya yang harus ditanggung perusahaan. Untuk memudahkan, buka kembali catatan semua biaya yang dikeluarkan perusahaan selama 16 bulan terakhir. Transaksi ini perlu di cek sampai waktu pembayaran pajak berikutnya. Bukti transaksi untuk pembelian yang sudah di kenai pajak, ini penting untuk ditunjukkan saat mengajukan potongan saat waktu pembayaran pajak tiba. Di era digital saat ini, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk menyimpan bukti transaksi tersebut.

Pembukuan yang Baik Diawali Dari Rekonsiliasi Bank yang Teratur

Rekonsiliasi bank bulanan merupakan aktivitas wajib dalam membuat laporan keuangan yang rapi. Manfaatnya adalah membantu melihat perubahan kondisi keuangan perusahaan sebelum terlambat. Bagaimana melakukan rekonsiliasi keuangan?

Prinsip dasar rekonsiliasi bank adalah membandingkan catatan transaksi secara berkas dengan catatan bank. Silahkan di cek, ada selisih tidak? Hasil akhir dalam bentuk saldo buku, dibandingkan dengan saldo bank. Saat ini sudah banyak aplikasi yang menawarkan fitur Cash Link dari Jurnal untuk memudahkan proses rekonsiliasi ini.

Baca Juga: Jenis-jenis Pemeriksaan Pajak yang Wajib Diketahui Wajib Pajak

Pisahkan akun pribadi dengan bisnis

Saat awal memulai usaha, kondisi ini kadang sulit dilakukan. Rekening pribadi ya rekening bisnis, maksud awalnya biar praktis. Toh pengelola bisnis ini adalah saya sendiri, begitulah pola pikir pebisnis pemula. Hal ini beresiko, dan yang paling umum terjadi adalah secara tidak sengaja mengklaim biaya bisnis sebagai biaya pribadi dan sebaliknya. Dampaknya laporan keuangan usaha akan menjadi rancu dan mempengaruhi hasil akhir jumlah pajak yang harus dibayarkan secara tidak langsung. Selain merugikan, bisa jadi ini sangat membingungkan, jika transkasi sudah lama, berulang dan nominalnya besar.

Cara termudah yang bisa dilakukan adalah mengajukan kartu kredit bisnis baru atau buka rekening bank terpisah. Jika sudah dilakukan maka pencatatan transaksi menjadi mudah  dan perhitungan pajak juga “fair”.

Bagaimana Membuat Strategi Perencanaan Pajak (Tax Planning) yang Bermanfaat?

Selain persiapan diatas, secara umum tax planning sendiri merupakan strategi untuk mengatur catatan akuntansi perusahaan untuk meminimalkan kewajiban perpajakan dengan cara legal. Cara-cara disini meliputi banyak hal yaitu: Tax Saving, Tax Avoidance, Penundaan Pembayaran Pajak, Mengoptimalkan Kredit Pajak yang Diperkenankan dan Menghindari Pemeriksaan Pajak dengan cara Menghindari Lebih Bayar.

Tax saving dilakukan dengan pemilihan alternative pengenaan pajak dengan tarif yang lebih rendah. Tax Avoidance dilakukan dengan cara menghindari pengenaan pajak dengan mengarahkannya pada transaksi yang bukan objek pajak. Sedangkan Menghindari Pemeriksaan Pajak dengan cara Menghindari Lebih Bayar bertujuan untuk mengajukan pengurangan pembayaran angsuran PPh Pasal 25 ke KPP jika memang terjadi lebih bayar. Ada banyak strategi yang bisa dilakukan secara legal yang bisa Anda konsultasikan dengan konsultan pajak Anda.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.