Home / Blog / Cara Memahami Siklus Akuntansi Usaha Distributor

Cara Memahami Siklus Akuntansi Usaha Distributor

Menyusun laporan keuangan akuntansi perlu dilakukan oleh setiap perusahaan dagang atau Usaha Distributor. Fungsi penyusunan laporan ini juga tidak bisa disepelekan karena menyangkut dokumentasi dari setiap transaksi yang dilakukan dalam Usaha Distributor. Setiap transaksi dalam Usaha Distributor harus dibukukan untuk mendapatkan catatan keuangan yang valid. Pengelolaan keuangan ini harus dilakukan secara efektif dengan memerhatikan siklus akuntansi yang sesuai dengan standar yang berlaku. Berikut Cara Memahami Siklus Akuntansi Usaha Distributor.

Pencatatan Transaksi

Siklus akuntansi dari perusahaan dagang diawali dengan transaksi dalam Usaha Distributor. Transaksi ini meliputi transaksi penjualan dan pembelian dalam Usaha Distributor. Untuk transaksi penjualan misalnya kita telah menjual suatu barang pada konsumen dan juga sudah menerima pembayaran untuk transaksi tesebut. Maka transaksi ini akan dimasukkan ke dalam transaksi penjualan dalam Usaha Distributor. Selain transaksi penjualan, pencatatan transaksi dalam Usaha Distributor harus dilakukan secara menyeluruh terhadap semua akun yang terkait.

Penyusunan Jurnal

Semua transaksi dalam Usaha Distributor tersebut kemudian harus dicatat di dalam jurnal umum. Bagi usaha kecil, hal ini mungkin tidak masalah tetapi semakin besar perusahaan Anda, maka jumlah transaksi dalam Usaha Distributor juga akan semakin beragam sehingga Anda butuh mengelompokkannya terlebih dahulu sebelum mencatat. Untuk itu dalam Usaha Distributor Anda memerlukan jurnal khusus seperti Jurnal Penerimaan dan Pengeluaran Kas, serta Jurnal Pembelian dan Penjualan.

Pembuatan Neraca Saldo

Setelah semua transaksi dalam Usaha Distributor dicatat dalam jurnal, kini Anda harus memindahkan semua akun tersebut ke dalam buku besar. Lalu langkah selanjutnya yaitu membuat neraca saldo. Dalam laporan keuangan dan akuntansi, neraca saldo selalu dibuat untuk menunjukkan keseimbangan antara kolom debit dan kredit. Neraca saldo ini berisi daftar akun juga nilai nominal saldo akhir yang tertulis dalam buku besar. Karena harus seimbang maka jika jumlah nominal tidak seimbang di kedua kolom, bisa jadi ada kesalahan dalam memasukkan nilai nominal maupun pengelompokan akun.

Jurnal dan Neraca Saldo Penyesuaian

Jurnal ini dibuat jika ada perubahan-perubahan tertentu dalam pembuatan jurnal sehingga menyebabkan neraca saldo menjadi tidak seimbang dalam pencatatan Anda. Jurnal penyesuaian ini akan menghasilkan akun baru sehingga semuanya bisa menjadi seimbang debit kreditnya. Setelah jurnal penyesuaian selesai maka, Anda juga harus membuat neraca saldo baru lagi yang disebut Neraca Saldo Setelah Penyesuaian dalam siklus Anda.

Laporan Keuangan

Dengan berbekal dari data-data yang telah Anda buat pada neraca saldo maupun jurnal, langkah selanjutnya yakni membuat laporan keuangan dalam Usaha Distributor. Laporan keuangan ini adalah tahap yang cukup penting karena dari sini, kondisi dalam Usaha Distributor Anda bisa diketahui. Laporan keuangan terdiri dari 4 jenis, yaitu laporan perubahan modal, laporan neraca, laporan arus kas, serta laporan laba rugi. Laporan adalah kesimpulan atau catatan ringkas dari serangkaian transaksi keuangan yang ada dalam Usaha Distributor Anda.

Jurnal Penutup dan Neraca Setelah Penutupan

Pembuatan laporan keuangan dalam Usaha Distributor bukanlah tahap akhir dari siklus akuntansi karena masih ada jurnal penutup. Karena jurnal penutup berisi informasi akun pendapatan dan beban yang tertulis pada laporan laba rugi. Setelah semuanya selesai lalu langkah terakhir adalah membuat Neraca Saldo Setelah Penutupan.Untuk mencatat kembali jika ada akun-akun yang mengalami perubahan saldo dengan cara menyesuaikan neraca dengan jurnal penutup. Siklus di atas akan memudahkan Anda dalam mengatur keuangan dalam Usaha Distributor. Dengan berpedoman pada siklus akuntansi setiap transaksi atau pencatatan keuangan dalam Usaha Distributor bisa dilakukan secara lebih sistematis.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.