Home / Blog / Cara Menentukan Target Penjualan Sales Distributor
cara-mementukan-target-sales-distributor

Cara Menentukan Target Penjualan Sales Distributor

Dalam menentukan target penjualan sales merupakan pekerjaan yang susah-susah gampang. Ya walaupun target ini bisa juga ada tentukan bebas sesuai kemauan Anda hehehe. Tapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menentukan target tersebut agar tidak menjadi boomerang bagi perusahaan Anda sendiri.

Ingat dalam menentukan target Anda tidak boleh terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Jika target yang Anda tentukan  rendah takutnya akan menurunkan kemampuan kerja sales Anda. Namun jika terlalu tinggi dan tidak masuk diakal justru akan membuat sales Anda merasa demotivasi.

Agar Anda dapat menentukan target penjualan yang pas. Anda harus mengerti kategori penentuan target tersebut;

1. Target Dalam Bentuk Qty Barang dan Rupiah

Kesuksesan seorang sales di hitung dari berapa banyak barang yang ia jual atau banyak uang yang ia dapat dari penjualan

2. Target Dalam % Distribusi dari Masing-Masing Produk ke Outolet

Target ini biasanya digunakan bagi Anda yang bergerak dibidang distributor ataupun franchise. Dan suksesnya seorang sales diukur dari persentase permintaan barang pada masing-masing outlet.

Jika terjadi kenaikan permintaan maka ia bisa  katakan sukses namun jika stagnan atau bahkan justru menurun maka sales tersebut gagal.

3. Target Promosi

Nah kalau yang ini sebenarnya agak susah-susah gampang untuk mengukurnya, namun tetap bisa diukur kok. Misal begini Anda memiliki biaya promosi 5 juta nah dengan biaya promosi yang Anda keluarkan tersebut Anda menargetkan omset 500 jt.  Kalau itu bisa tercapai maka Anda sukses namun jika tidak maka Anda gagal.

Sampai sini apakah Anda sudah paham atau justru tambah bingung nie hehe. Kalau Anda masih bingung coba deh dibaca lagi dan dipahami kembali.

Nah selanjutnya kita akan membahas ke pokok permasalahannya yaitu bagaimana caranya menentukan terget penjualan.

Yang Pertama Anda harus spesifik yang memilik arti penjualan harus memiliki dasar pencapaian yang pasti. Contohnya begini misal Anda menentukan target dibidang bisnis Anda tahun 2017 adalah menjual barang A sebanyak 5678 item.

Yang Kedua adalah target harus bisa di ukur. Artinya Anda dapat mengukur dengan mudah apakah sebuah target penjualan telah tercapai atau belum.

Contohnya, jika Anda menargetkan penjualan laptop pada sebuah Toko di Bulan Agustus  bertambah sebanyak 200% dari bulan sebelumnya, maka Anda bisa menghitung kesuksesan tersebut dengan tingkat keberhasilan penjualan di bulan Juli.

Jika pada Bulan Juli ada 100 laptop yang terjual, maka pada Bulan Juni seharusnya ada 200 laptop yang terjual. Dengan target penjualan sseperti ini, maka target penjualan Anda dapat terukur. 

Yang Ketiga target dapat dicapai atau masuk akal. Anda harus menentukan target penjualan yang Anda yakini mampu diraih oleh team sales Anda. Jika Anda ingin menaikkan target penjualan, buatlah angka kenaikan yang memang bisa team Anda lampaui.

Contohnya, jika rata-rata pendapatan Anda  selama dua tahun terakhir adalah 2 M setiap bulan, maka Anda bisa menaikkan target penjualan menjadi 2,5 M per bulan. Angka ini tentunya dapat diraih, dengan cara Anda juga meningkatkan kinerja serta strategi team Anda.

Yang Keempat harus ada deadline jangan sampai target penjualan yang sudah susah payah Anda susun, tapi Anda tidak tahu kapan target penjualan itu dapat dicapai.

Misalkan seperti ini Anda harus mencapai target penjualan 1000 unit laptop selama 3 bulan. Jadi di 3 bulan itu Anda dan team harus benar-benar bisa merealisasikanya jika tidak terealisasi maka Anda gagal dan sebaliknya jika Anda berhasil maka suskes.

Sekian artikel dari saya jika ada yang ingin Anda tanyakan. Silahkan coment dibawah. Jangan lupa share di akun sosial media Anda ya jika bermanfaat, agar teman sejawat Anda bisa ikut mendapatkan manfaatnya. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.