Home / Blog / Cara Aman Order Barang ke Supplier

Cara Aman Order Barang ke Supplier

Masih suka ditipu sama Supplier? Pesen barang 500pcs datangnya cuman 400pcs?

 

Awas! Banyak penipuan yang terjadi akhir-akhir ini. Salah satunya dalam dunia bisnis. Ada customer dan juga supplier. Kedua pihak ini yang biasanya rawan penipuan. Paling sering yang ditipu adalah customer yang mau order banyak, tapi datangnya tidak sesuai pesanan.

Seiring dengan berkembangnya bisnis hingga peningkatan permintaan atas produk atau jasa Anda, proses bisnis yang Anda jalankan mungkin menjadi lebih kompleks. Bila dulu Anda sering memesan bahan baku bisa dengan gampang Anda lakukan melalui chat/sms, telepon, atau email.

Namun, ketika bisnis semakin tumbuh besar dan berkembang, maka berbagai hal terkait aktivitas perusahaan seperti penyuplaian bahan baku menjadi sangat sulit untuk dikelola.

Disaat inilah yang namanya purchase order sangat dibutuhkan. Purchase order merupakan dokumen resmi yang dibikin oleh pembeli yang berisikan informasi mengenai barang atau jasa yang mereka beli dari penjual.

Untuk itu, purchase order memiliki peran penting dalam bisnis Anda. Supaya lebih mudah untuk menganalisa pembelian-pembelian bahan baku Anda, maka perlulah menyusun sebuah laporan.

Namun yang menjadi sebuah masalah, terkadang supplier juga bisa menghambat bisnis Anda. Supplier yang “nakal” bisa saja seenaknya mengurangi jumlah permintaan Anda yang ada pada purchase order.

Akibatnya, proses produksi pun dapat terhambat. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan supplier yang masuk ke bisnis Anda. Pilihlah yang sesuai kebutuhan bisnis Anda, yang menawarkan kerjasama yang benar ataupun kriteria lain.

Tips Aman Order Barang ke Supplier

Adapun beberapa tips untuk Anda agar aman order barang ke supplier. Silahkan ikuti beberapa instruksi berikut ini.

1. Lengkapi Dokumen Purchase Order dengan Benar.

Agar tidak salah paham dalam membuat purchase order, pertama kali yang Anda harus pastikan adalah mengisi purchase order secara lengkap. Sehingga supplier juga tidak salah dalam mengirimkan permintaan barang-barang Anda.

Minimal Anda harus memuat informasi tentang identitas pemesan dan perusahaan, nama produk, jumlah barang, harga, metode pembayaran, cara pengiriman, syarat dan ketentuan lain, dan sebagainya.

2. Memilih Supplier yang Tepat.

Sebuah kesalahan besar dalam purchase order biasanya adalah berkaitan dengan supplier. Bisnis Anda pasti memiliki supplier bukan? Untuk memenuhi bahan baku atau apapun, sebuah bisnis tentu saja memiliki supplier. Dan wajar saja bila Anda juga memiliki banyak supplier. Anda bisa memilih supplier mana yang menguntungkan dan terpercaya untuk bisnis Anda.

Tapi terkadang supplier juga dapat merugikan bisnis Anda. Supplier bisa saja mengurangi jumlah permintaan Anda pada purchase order. Maka pilihlah yang sesuai kebutuhan perusahaan, yang menawarkan kerjasama yang baik ataupun kriteria lain.

3. Jangan Abaikan Nasihat Supplier

Supplier adalah pihak yang memahami produk yang mereka jual. Dengan pengetahuan yang mereka miliki, mereka juga dapat memberi saran untuk Anda dalam menggunakan produk mereka sehingga hasilnya maksimal. Oleh dari itu, jangan mengabaikan nasihat supplier. Apalagi sekarang persaingan usaha semakin panas, maka bersikap terbuka perlu Anda miliki agar bisa bertahan dalam persaingan.

4. Jangan Menerima Harga apa Adanya.

Biasanya perusahaan akan berpikir bahwa harga pesanan pada purchase order sudah tetap, dan tidak boleh ditawar. Padahal yang benar bukan begitu, Bila Anda bekerja sama dengan supplier tertentu, Anda dapat melakukan penawaran mengenai harganya terlebih dahulu.

Yakinkan mereka bahwa bisnis Anda akan terus melakukan pemesanan ulang jika harganya cocok satu sama lain. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda juga menekan atau menghemat biaya perusahaan sehingga keuntungan yang diperoleh bertambah.

5. Jangan sampai salah alamat

Departemen pembelian punya tugas untuk melakukan pemesanan persediaan. Mungkin tak sedikit orang menganggap tugas tersebut adalah tugas yang mudah. Tapi sesungguhnya tugas tersebut berat karena kebutuhan setiap departemen berbeda-beda.

Oleh karena itu sebelum mengirimkan purchase order, pastikan pesanan sesuai dengan alamat tujuan dengan benar. Apabila Anda tidak mau meninjau ulang pesanan, dikhawatirkan barang yang Anda beli tidak cocok dengan perusahaan Anda.

Semua yang Anda butuhkan ada di Beeaccounting

Jika Anda membutuhkan sistem otomatis yang bisa Pantau Purchase Order, Laporan Pembelian dengan sangat cepat dan akurat, maka sistem Beeaccounting jawabannya..

9 Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Menggunakan Beeaccounting..

  1. Meningkatkan omset penjualan
    Mengontrol order penjualan, jadwal pengiriman, cetak surat jalan. Informasi harga dan stok dapat tersaji cepat dan akurat. Mencegah back order berkat manajemen order dan stok. Analisa kebutuhan & manajemen buffer stock (min/max).
  2. Menekan rasio piutang tak tertagih
    Mengontrol penagihan piutang jatuh tempo tepat waktu. Mencetak daftar penagihan per collector area. Kartu piutang per customer, analisa umur piutang.
  3. Terintegrasi menu perpajakan
    Mencetak faktur pajak standard / sederhana. Laporan PPN masukan / keluaran, laporan PPH.
  4. Efisiensi proses Pembelian
    Mengontrol proses pembelian mulai dari Permintaan Pembelian, P.O., Penerimaan Barang hingga Invoice Pembelian.
  5. Menekan pengeluaran biaya dengan sistem budgeting
    Setting anggaran biaya & target income per Departemen & Project. Laporan income, biaya & laba/rugi per Departemen & Project.
  6. Menekan Kebocoran Uang dan Stock
    Mutasi keluar/masuk uang & barang dapat dilacak dengan detail, cepat & akurat.
  7. Bisnis Anda bisa diDelegasikan & Terkontrol tanpa kehadiran Anda.
    Manajemen hak akses data bisa disesuaikan dengan sistem perusahaan anda. Aman dari manipulasi, semua transaksi bisa di-audit.
  8. Mempercepat Pengambilan Keputusan strategis
    Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji Cepat & Akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis seperti: Customer, Strategi harga jual, Stok, Kas/Bank, Limit piutang.
  9. Konsolidasi antar cabang dengan biaya rendah
    Mendukung sistem online antar cabang luar kota/pulau via internet. Semua bisa anda kontrol kapanpun & dimanapun. *membutuhkan koneksi internet dengan ip address static

Anda bisa mendownload Beeaccounting melalui link berikut ini : Download Sekarang!

Untuk menghubungi kami, silahkan klik tombol Whatsapp di bawah ini..

Silahkan share dan berkomentar yaa..

Salam Let’s #beefree

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.