Home / Blog / Bisnis Yang Omsetnya Akan Naik Pada Bulan Ramadhan

Bisnis Yang Omsetnya Akan Naik Pada Bulan Ramadhan

Aktivitas jual–beli barang dan jasa pada dasarnya tidak mengenal waktu. Kapanpun waktunya, selama masih ada barang atau jasa yang diperdagangkan serta calon pembeli, kegiatan tersebut akan tetap berjalan. Namun ada saat dimana permintaan barang sangat rendah atau juga sangat tinggi.

Daya beli masyarakat yang rendah terhadap barang tertentu umumnya dikarenakan ada barang sejenis yang lebih murah, atau bisa juga karena sudah ada barang substitusinya. Sedangkan daya beli yang tinggi karena harga barang yang relatif murah sehingga masyarakat memiliki kemampuan untuk membelinya.

Tingginya daya beli masyarakat juga bisa terjadi pada saat–saat tertentu, contohnya saat Ramadhan. Pada saat tersebut, banyak pelaku bisnis yang meraup keuntungan hingga berkali-kali lipat hanya dalam satu bulan. Bisnis apa sajakah itu? Simak penjelasan berikut.

1. Katering Untuk Makan Buka Dan Sahur

Omzet bisnis katering pada bulan Ramadhan akan meningkat dikarenakan tingginya permintaan masyarakat, terutama untuk makan buka dan sahur. Karena meskipun Ramadhan, para pegawai, pekerja kantoran ataupun pekerja pabrik tetap menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Disisi lain bahwa waktu berbuka merupakan saat yang istimewa setelah menjalani puasa sehari penuh, serta merupakan moment untuk bercengkrama dengan orang–orang tercinta. Maka, menyajikan menu yang istimewa merupakan salah satu cara untuk melengkapi kebahagiaan saat berbuka.

Sedangkan untuk makan sahur, sebagian besar masyarakat mencari makanan yang dapat menggugah selera. Jika masak sendiri, tantangannya adalah mencari variasi menu setiap hari supaya tidak bosan. Dan untuk penghuni kost, sudah pasti mencari tempat makan yang sesuai selera. Itulah sebabnya mengapa katering menjadi solusi yang tepat untuk makan sahur.

2. Baju Muslim

Bulan ramadhan merupakan bulan ibadah, dimana masyarakat berlomba-lomba untuk memperbanyak ibadah, seperti puasa, sholat, zakat dan sebagainya. Khususnya ibadah sholat tarawih yang dilakukan setiap malam selepas sholat isya’. Masyarakat berlomba-lomba untuk shalat tarawih di masjid atau musholla terdekat. Karena itu, mereka memerlukan baju muslim untuk pergi ke masjid.

Selain itu, permintaan baju muslim akan mencapai puncaknya satu–dua minggu sebelum hari raya Idul Fitri. Pada saat itu hampir seluruh umat Islam baik laki–laki maupun perempuan, tua maupun muda, ingin tampil berbeda dengan menggunakan pakaian terbaiknya. Mereka akan saling berkunjung untuk bersilaturahim satu sama lain, maka mengenakan pakaian baru merupakan pelengkap di hari spesial tersebut.

3. Agen Tiket Perjalanan atau Transportasi

Selain dua bisnis di atas, bisnis agen tiket perjalanan atau transportasi juga mengalami peningkatan beberapa hari terakhir di bulan Ramadhan. Karena pada saat tersebut sebagian besar masyarakat akan mudik (pulang kampung) untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman.

Tak sedikit pula yang merencanakan liburan selepas lebaran ke berbagai destinasi wisata. Mereka memilih transportasi berupa pesawat, kapal laut, kereta api, bus ataupun kendaraan pribadi berupa mobil atau motor. Untuk masyarakat yang memilih transportasi publik serta agar tidak kehabisan tiket, maka jauh–jauh hari sebelum lebaran mereka akan berburu tiket.

Bagi pelaku bisnis agen tiket perjalanan atau transportasi, beberapa hari sebelum lebaran merupakan saat meraup keuntungan maksimal. Harga tiket pun bisa dua–tiga kali lipat dari harga normal. Dan setelah berakhirnya libur lebaran sekitar H+14, maka harga tiket akan kembali normal.

Itulah sekilas pembahasan tentang bisnis yang akan naik pada bulan Ramadha. Jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, maka jangan lupa membagikannya kepada pembaca yang lain. Berbagi itu indah. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.