Home / Blog / Bisnis UKM ini Sukses Padahal Memulai dari Nol, Mengapa?

Bisnis UKM ini Sukses Padahal Memulai dari Nol, Mengapa?

Bisnis UKM adalah bisnis yang memberikan peran penting atas pertumbuhan ekonomi suatu negara. Terlebih jika negara tersebut merupakan negara kecil yang sedang dalam masa perkembangan. Kegagalan dalam menjalankan usaha untuk pelaku UKM juga PR serius untuk keberlangsungan perekonomian negara. Jangankan kegagalan dalam berbisnis, kegagalan dalam mencapai keinginanpun dapat membuat efek yang serius untuk individu yang memiliki mental lemah.

Apabila Anda termasuk Pelaku UKM yang memiliki semangat dan mental Baja untuk memajukan perekonomian bersama. Anda dapat banyak mencegah kegagalan tersebut dengan mencuri pengalaman pebisnis sukses dalm menjalankan usaha mereka salah satunya Bob Sardino.

Mendiang Bob Sadino adalah salah satu contoh pengusaha sukses yang sebelumnya pontang-panting ketika merintis bisnis. Tapi usahanya tak langsung sukses. Bob memasarkan sendiri telurnya dari rumah ke rumah para ekspatriat di sekitar tempat tinggalnya di Kemang, Jakarta Selatan. Akhirnya, berkat keuletannya, usahanya sukses dan dia mendirikan Kem-Chicks, supermarket terkenal yang menjual beragam produk pertanian dan peternakan.

Cegah beberapa faktor yang membuat kegagalan yang menjadi kesalahan Fatal dalam berbisnis:  

1. Manajenem yang Amburadul

Kurangnnya fokus, visi, perencanaan,dan standar juga semakin menambah semrawutnya usaha Anda. Ditambah ketidakmampuan dalam mengambil keputusan merupakan masalah utama dalam kegagalan UKM. Seringkali manajer atau pemilik usaha tidak memiliki basic mengenai kepemimpinan dan ilmu untuk mengelola usaha.

Perbanyak membaca buku dan mengikuti komunitas serta mentoring bisnis untuk menambah knowledge Anda dalam menjalankan Bisnis. Ingat jangan terlalu rakus untuk menerapkan semua teori yang ada. Pilihlah satu yang paling sesuai dengan karakter DNA Leadership Anda, dan fokus untuk menerapkannya. 

2. Pembukuan yang Buruk

Ketidakmampuan mengontrol bisnis dan tidak memiliki data keuangan adalah kesalahan yang sering terjadi dalam bisnis pemula. Seringkali tercampurnya dana pribadi dan usaha menjadi momok yang tak dapat terelakan dalam kebingungan pembukuan bisnis. Bahkan saat Anda menyewa jasa akuntan luar untuk melakukan perhitungan pajak dan mengawasi keuangan dengan tidak akuratnya laporan keuangan, Anda tidak bisa menganalisa usaha Anda.

Persiapkan pencatatan serinci mungkin untuk melakukan pembukuan bisnis, tuliskan cerita alur bisnis Anda dalam cash flow dan foto nilai Anda dalam neraca. Gunakan software pembukuan yang mudah untuk mencatatan semua dan menghasilkan pembukuan yang mudah dibaca apalagi di kontrol.  

3. Pertumbuhan yang Tidak Terkontrol

Setelah catatan pembukuan Anda sudah jelas, wajar bila anda mengharapkan keuntungan. Perhitungan berlebih dan modal tidak mencukupi (Overexpansion) sering terjadi diluar ekspetasi Anda. Untuk mencegahnya, Buatlah budgeting untuk setiap aktivitas bisnis Anda dan perkirakan hasilnya. Jangan sampai Anda lebih banyak di stock atau terlalu banyak piutang. Memimpikan keuntungan besar bagus, namun harus dapat dihitung dan perkirakan.

4. Lokasi yang Kurang Memadai

Lokasi memadai? Sebenarnya lebih pada kemudahan cara memperoleh hasil produksi Anda. Aksesibilitas mudah seperti ada disetiap marketplace, memiliki website, penjualan dan delivery produk cepat mudah ke customer. Jika Anda salah menepatkan produk Anda ke lokasi yang tidak sesuai dengan target market Anda. Dijamin produk Anda tidak akan jamah oleh mereka. Pastikan dahulu target market Anda, baru tentukan lokasi yang paling tepat untuk produk Anda.    

5. Kurangnya Modal Cadangan

Persiapkanlah diri Anda untuk kenaikan harga tak terduga dalam biaya hal-hal seperti utilitas, bahan, dan tenaga kerja. Pastikan Anda menyimpan uang tunai cadangan yang cukup untuk membawa dan menemani Anda melalui masa-masa sulit dan penurunan pendapatan.

6. Gagal untuk Berubahan Mengikuti Perkembangan Zaman

Kemampuan mengenali peluang dan cukup fleksibel untuk beradaptasi juga sangat penting, bertahan hidup dan berkembang. Kenali dicara membaca peluang dengan taktik-taktik managemen seperti Analisa SWOT metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.  Dan masih banyak lain metode yang bisa Anda gunakan. 

7. Fokus Pada Hal yang Kecil atau Kurang Penting

Jangan Anda memikirkan hal yang kurang penting dalam mendapatkan penghasilan dari usaha kecil Anda. Anda seharusnya lebih fokus pada promosi, pasokan bahan baku, perijinan dan material. Jangan gunakan emosi untuk memutusan usaha Anda, gunakan kalkurator dan Angka.

Anda dapat meramalkan segala bisnis Anda dengan menggunakan Angka, angka dalam bisnis Adalah spion yang ampuh untuk menentukan arah mana yang akan Anda Fokuskan untuk di kembangkan. Seperti laporan produk terlaris, Anda dapat memanfaatkan itu untuk menggenjot pendapatkan Anda. Menggunakan BeeAccounting Anda dapat menemukan dengan mudah Apa saja yang dapat Anda tingkatkan. 

Manfaatkan segala fiturnya, dari diskon member, stok terlaris dan masih banyak lagi. Apa anda tidak tahu tentang itu? Segera hubungin kami dan rasakan manfaat mudahnya mengembangkan bisnis Anda dengan mengontrolnya. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda