Bingung Pencatatan Keuangan Bisnis Konsinyasi, ini caranya..
Home / Blog / Bingung Pencatatan Keuangan Bisnis Konsinyasi, ini caranya..
bingung-pencatatan-keuangan-bisnis-konsinyasi-ini-caranya

Bingung Pencatatan Keuangan Bisnis Konsinyasi, ini caranya..

Konsinyasi merupakan suatu perjanjian dimana salah satu pihak yang memiliki barang menyerahkan sejumlah barang kepada pihak tertentu untuk dijualkan dengan memberikan komisi (tertentu).

Pihak yang menyerahkan barang (pemilik) disebut consignor atau pengamat. Sedang pihak yang menerima barang disebut consignee, factor, commission merchant atau komisioner. Dari segi pengamat transaksi barang pengiriman kepada komisioner biasa disebut sebagai barang-barang konsinyasi. Sedangkan bagi komisioner barang-barang yang diterimanya disebut barang-barang komisi.

Terdapat 4 hal yang merupakan karakteristik dari transaksi konsinyasi, yang sekaligus merupakan perbedaan perlakuan akuntansinya dengan transaksi penjualan, yaitu:

  1. Hak milik atas barang masih berada pada pengamat, maka barang konsinyasi harus dilaporkan sebagai persediaan oleh pengamat.
  2. Pengiriman barang konsinyasi tidak mengakibatkan timbulnya pendapatan dan tidak boleh dipakai sebagai kriteria untuk mengakui timbulnya pendapatan.
  3. Pihak pengamat sebagai pemilik tetap bertanggung jawab sepenuhnya terhadap semua biaya yang berhubungan dengan barang-barang konsinyasi sejak saat pengiriman sampai saat komisioner berhasil menjualnya pada pihak ketiga,
  4. Komisioner dalam batas kemampuannya mempunyai kewajiban untuk menjaga keamanan dan keselamatan barang komisi yang diterimanya itu.

Bagi Anda seorang pelaku bisnis konsinyasi yang menitipkan barang atau sebagai pengamat. Anda dapat melakukan pencatatan : 

  1. Pengiriman barang-barang konsinyasi barang-barang konsinyasi persediaan produk kepada komisioner
  2. Pembayaran biaya angkut (biaya pengiriman) barang konsinyasi.
  3. Menerima laporan pertanggungjawaban dari komisioner dari mencatat hasil penjualan, piutang dagang, penjualan konsinyasi, biaya penjualan konsinyasi
  4. Membuat pencatatan untuk pengamat, mencatat harga pokok penjualan HPP konsinyasi xx
  5. Menerima pembayaran dari komisioner
  6. Menutup/memindahkan kas saldo

Untuk memudahkan Anda dalam pencatatan usaha konsinyasi, Anda dapat menggunakan excel atau program khusus untuk konsinyasi. Di BeeAccounting menyediakan plugin khusus untuk pelaku usaha konsinyasi baik yang sebagai pengamat ataupun komisioner. Penerapan pencatatan konsinyasi dalam beeAccounting dapat di lihat di Cara menggunakan plugin konsinyasi 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Santi Mutiara Sari

You can if you think you can Keep strong and smile boss :)
Artikel terkaitclose