Home / Blog / Berikut Strategi yang Harus Anda Lakukan Sebelum Melakukan Promosi

Berikut Strategi yang Harus Anda Lakukan Sebelum Melakukan Promosi

Promosi adalah bagian wajib dari sebuah perusahaan untuk memperbesar skala pemasarannya. Dengan promosi pula, perusahaan bisa meraih atensi publik agar tahu tentang keunggulan sebuah produk atau layanan.

Meski setiap perusahaan sudah tahu betap pentingnya promosi untuk ekspansi bisnis, namun ternyata banyak juga yang perlu dibenahi dalam strategi promosinya karena tak banyak perusahaan punya strategi promosi yang efektif sekaligus effisien. Beberapa saling mengadaptasi strategi perusahaan lain, hasilnya, keunikan produk atau layanan yang diunggulkan tak mampu ditanggkap pasar secara utuh.

Karenanya, sebelum melakukan promosi ada riset yang harus dilakukan sebagai tahapan awal melangsungkan promo. Beberapa tercantum dalam tips berikut ini.

  • Budgeting Yang Pasti dan Jelas

Promosi bisa menelan biaya yang tak sedikit. Beberapa perusahaan sampai harus mengalami kolaps akibat promo yang terlalu gencar dan tidak punya standar acuan pasti. Oleh karenanya pastikan untuk menyiapkan budgeting pasti, dan tentu sesuai dengan kemampuan perusahaan tersebut.

  • Ukur Target Pemasaran

Selanjutnya adalah membuat target pemasaran yang terukur dan tergarget. Pastikan bahwa target promosi sudah diketahui, mulai dari demografis atau corak kultur masyarakat dimana promo dijalankan, cara promosi, bahkan sampai pada ukuran yang lebih spesifik seperti jenis kelamin atau jenis organisasi target promosi.

Menjalankan promosi tanpa ukuran target yang jelas dan pasti ibarat menembakkan peluru secara serampangan. Hanya akan membuang sumber daya perusahaan dan tak mendapatkan feedback yang baik.

  • Syarat dan Ketentuan Promo, Bentuk Promo

Dalam setiap promosi, perusahaan harus membuat syarat dan ketentuan yang baku. Karenanya, tidak heran kalau tidak semua orang bisa mendapatkan kelebihan dan keuntungan dari promosi yang dijalankan.

Bukan hanya itu, bentuk promosi juga haruslah dikenali. Apakah bersifat potongan harga, diskon, kupon promo atau voucher serta lainnya. Setiap bentuk promo punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mengenali bentu promo berarti sudah siap dengan promo tertarget dan harus mengantongi data-data dari target promosi.

  • Message

Singkat saja, message yang artinya adalah pesan harus sudah diketahui oleh perusahaan sebelum menjalankan promo. Pesan harus mudah ditangkap konsumen atau target promo, memberikan keunggulan serta menjanjikan kelebihan dibanding kompetitor. Pesan juga bisa bersifat personal pada mereka yang ditujukan sebagai target promosi produk perusahaan.

Banyak perusahaan menggeluhkan sudah menghabiskan banyak sumberdaya utamanya uang untuk promosi namun hanya sedikit meraih benefitnya. Kebanyakan karena pesan tak bisa sampai kepada target promosi secara personal. Secara mudah, pesan promosi gagal ditangkap konsumen.

  • Media dan Durasi

Sudah jadi rahasia umum kalau media menjadi salah satu tempat promosi paling pas. Banyak perusahaan memilih media online, mulai sosial media, endorsment via sosmed selebriti, memasang iklan di blog, bahkan memulai membangun sebuah situs.

Masing-masing punya keunggulannya sendiri. Hanya saja setiap bentuk media termasuk juga media cetak dan elektronik dan televisi harus benar-benar sudah dipersiapkan pesan apa yang hendak dikirimkan kepada konsumen. Jangan sampai membuang durasi promo sedemikian panjang tetapi tidak memperoleh feedback dari konsumen yang valid setelah melakukan promo tersebut.

Masing-masing strategi promo berpulang balik pada kebijakan internal sebuah perusahaan. Tidak ada acuan baku yang pasti. Karena itu, tim R&D (Research & Development) sebuah perusahaan adalah ujung tombak utama dalam menentukan promosi yang efektif. Tumpulnya fungsi R&D team bagi sebuah perusahaan bisa jadi akan melemahkan teknik promosi dan ujung-ujungnaya rendah feedback dari calon konsumen yang valid.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.