Home / Blog / Berikut Strategi Manajemen Kasir yang Wajib Anda Terapkan

Berikut Strategi Manajemen Kasir yang Wajib Anda Terapkan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Strategi Manajemen Kasir mutlak dipahami dan dijalankan dengan baik. Strategi Manajemen Kasir yang dijalankan dengan baik bisa efektif mendukung kelancaran arus kas perusahaan. Ingat, arus kas merupakan jantungnya perusahaan yang akan mampu mendorong perputaran bisnis agar tetap bisa berlangsung dengan baik.

Dalam jangka panjang, arus kas, ekuitas dan pembiayaan utang adalah sumber modal kerja terbaik. Namun, opsi ini mungkin tidak tersedia untuk semua bisnis. Dalam kasus seperti itu, ada strategi manajemen arus kas alternatif yang dapat digunakan oleh usaha kecil untuk mengurangi tekanan biaya pada modal kerja mereka. Inilah beberapa di antaranya:

1. Minta pembayaran deposit

Perusahaan yang produk atau layanannya membutuhkan uang tunai adalah kandidat yang baik untuk meminta klien pembayaran deposit. Desainer grafis, desainer web, agensi pemasaran, agensi PR, dan bahkan perusahaan konstruksi termasuk dalam kategori ini.

Tidak semua klien mungkin bersedia melakukan setoran atau pembayaran deposit. Jadi, dorong pelanggan Anda untuk meminta deposit kepada pelanggan mereka. Hal ini akan menambah arus kas Anda menjadi lebih baik lagi.

2. Minta pelanggan membayar lebih cepat

Opsi lain untuk mengelola arus kas adalah membuat pelanggan membayar lebih cepat. Cara ini bisa dalam beberapa bentuk. Bentuk paling sederhana adalah memberikan diskon kepada vendor, misalnya saja dengan sistem 2/10, yang mengharuskan pelanggan memberikan diskon 2% jika faktur dibayar dalam waktu 10 hari. Jika tidak, jumlah penuh akan jatuh tempo dalam 30 hari. Ini bisa menjadi proposisi yang menarik bagi pelanggan perusahaan, karena memungkinkan mereka untuk mendapatkan setara dengan 70% hanya dengan membayar tagihan mereka lebih cepat.

 3. Potong atau tunda pembayaran biaya

Jika pelanggan tidak bisa membayar lebih cepat, opsi lain adalah menunda pengeluaran. Strateginya dapat mengambil berbagai bentuk, tergantung pada bisnis Anda. Perusahaan manufaktur dapat mempertimbangkan untuk menggunakan input berbiaya lebih rendah untuk mengirimkan barang atau layanan yang sama, sementara perusahaan jasa dapat memilih untuk menghabiskan lebih sedikit waktu untuk pekerjaan yang sama.

Perusahaan juga harus mempertimbangkan menyiapkan persediaan yang ada sebelum membeli persediaan baru, atau merekrut karyawan paruh waktu atau kontrak untuk menggantikan karyawan penuh waktu.

4. Minta persyaratan pembayaran yang lebih menguntungkan dari vendor

Demi menghargai klien mereka, vendor memiliki insentif yang kuat untuk membantu membiayai pembelian pelanggan mereka. Mendapatkan tempo dua minggu untuk melakukan pembayaran bisa sangat membantu. Jika ketentuan pembayaran Anda adalah 15 hari, minta 30 hari. Jika mereka 30 hari, minta 45 hari. Bergantung pada hubungan Anda dengan vendor Anda, Anda akan menemukan bahwa setidaknya beberapa dari mereka akan terbuka untuk pengaturan yang lebih menguntungkan.

Dan, gigihlah! Mungkin Anda pernah mencoba meminta persyaratan pembayaran yang lebih menguntungkan dari sebelumnya. Anda tidak akan rugi banyak dengan usaha keras Anda, baik untuk menanyakan vendor yang sama atau vendor yang berbeda. Tentu saja, semakin Anda tepat waktu dan dapat diandalkan, semakin besar keinginan mereka untuk memperpanjang masa kontrak kerjasama mereka.

5. Tingkatkan margin

Meningkatkan margin akan membantu bisnis Anda menghasilkan lebih banyak uang tunai yang dapat digunakan untuk mendanai operasi bisnis Anda. Satu-satunya cara bisnis yang dapat meningkatkan margin adalah dengan menaikkan biaya atau mengurangi biaya untuk proses pengiriman produk atau layanan. Cara ini mungkin tidak cocok untuk semua bisnis. Namun, menaikkan harga adalah pilihan nyata bagi bisnis dengan permintaan kuat untuk produk atau layanan mereka. Atau bisa juga Anda meningkatkan margin dengan produk yang unik, atau proposisi nilai yang tidak tersedia dari pesaing. Setiap kenaikan harga harus diposisikan dengan hati-hati untuk menghindari pelanggan yang kabur.

Selamat mencoba !

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.