Home / Blog / Berikut Peluang Bisnis Online 2019 dengan Modal Kecil

Berikut Peluang Bisnis Online 2019 dengan Modal Kecil

Peluang usaha sampingan sebenarnya ada dimana-mana. Jika mau yang minim modal bisa mencoba bisnis online. Bagi pebisnis pemula, Anda mungkin terbatas pada anggaran yang ketat ketika Anda ingin memulai bisnis, tetapi sebenarnya hal itu tidak berarti Anda tidak memiliki opsi bisnis yang cocok. Sangat dimungkinkan untuk memulai sebuah bisnis dengan sedikit uang, atau bahkan tanpa modal jika Anda memiliki kombinasi keterampilan, etos kerja, dan pengetahuan mencari ceruk bisnis dan pemasaran yang tepat.

Ingat, petuah bijak Chris Guillebeau, penulis The $ 100 Startup, “Untuk sukses dalam sebuah bisnis, yang utama adalah apa yang membuat Anda bersemangat, karena akan sangat membantu untuk berpikir dengan hati-hati tentang semua keterampilan yang Anda miliki yang dapat membantu orang lain dan itu bisa menjadikannya uang.”

Masih penasaran dengan Peluang usaha sampingan dan bisnis online yang dimaksudkan? Berikut ini ulasannya:

Menjual kembali sesuatu punya orang lain (reseller)

Jika Anda tidak ingin memiliki apa pun untuk dijual, setidaknya Anda harus punya kreativitas untuk menjual produk orang lain. Jelas hal ini tak butuh modal. Berbagai model bisnis menjual produk orang lain tersebut bisa dilihat dalam skema berikut ini:

  • Menjadi Dropshipper: Anda tak perlu membeli barang atau stock. Produk orang lain bisa anda pasarkan dan jika ada yang berminat tinggal kontak pemilik barang untuk kirim barang atas nama Anda. Simpel bukan? Hasilnya lumayan lho…Bagi yang mau berkelas internasional, coba baca buku yang terkenal, The Four Hour Work Week.
  • Menjadi reseller: Konsepnya sama dengan dropshiper, hanya saja bedanya kalau resller Anda butuh stock dulu. Kelebihannya, margin keuntungan lebih besar dan transaksi lebih praktis karena Anda pegang stock barang. Soal modal, sesuaikan saja dengan kemampuan. Pengin tahu kisah suksesnya? Baca kisah Sophia Amoruso, pendiri Nasty Gal. Amoruso mulai membeli dan menjual kembali potongan-potongan fashion vintage dan unik di eBay, dan perusahaannya telah berkembang menjadi pendapatan bersih sebesar $ 24 juta pada tahun 2011 dengan lebih dari 200 karyawan. Bukunya, #GIRLBOSS, sangat menginspirasi bagaimana dia memulai bisnis tersebut.

Menjual service/layanan/ketrampilan Anda

Salah satu cara untuk memulai bisnis dengan sedikit atau tidak ada modal awal adalah menjual service/layanan/ketrampilan Anda, bukan produk fisik. Ada berbagai macam layanan yang dapat Anda tawarkan, tergantung pada latar belakang dan minat Anda. Platform marketpalce produk jasa seperti sribulancer.projects.co.id, freelancer.co.id cocok bagi pemilik ketrampilan apapun bidangany yang ingin menjual ke pihak lain. Hasilnya lumayan, sesuai dengan skill yang Anda miliki. 

Baca Juga: Strategi Pajak Yang Harus Anda Lakukan Untuk Perkembangan Bisnis

 

Menjual Kreatifitas Pribadi

Kreativitas seprti seni lukis, foto, artikel bisa juga dijual. Dan ini jelas nyaris tanpa modal, hanya saja Anda memang butuh skill dan pengetahuan cara menjualnya. Platform seperti Etsy, eBay, dan Amazon diperuntukkan bagi para pekerja kreatif untuk mendapatkan keuntungan dari skill yang mereka miliki.

Karena Anda menjual layanan Anda, Anda perlu rencana branding/pencitraan untuk memastikan nama dan perusahaan Anda ada di halaman utama orang-orang yang mungkin membutuhkan layanan tersebut. Beberapa tempat yang gratis untuk mempromosikan layanan Anda termasuk Fiverr, Craigslist, Elance, Taskrabbit, dan Skillshare.

Penting juga untuk memiliki situs web untuk menunjukkan contoh pekerjaan Anda, daftar pengalaman Anda (portofolio), dan blog tentang bisnis Anda untuk menarik pengunjung. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang branding dan pemasaran online, lihat blog sosial-media Buffer, blog Hubspot, Lembaga Pemasaran Konten, dan CopyPress.

Peluang usaha sampingan diatas semuanya berbasis internet dan terkait erat dengan aktivitas bisnis online. Tidak butuh modal banyak, hanya saja butuh skill dan waktu untuk menekuni bidang tersebut.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.