Home / Blog / Berikut Kebiasaan Pengusaha Dalam Mengelola Keuangan dan Memanfaatkan Waktu Luang

Berikut Kebiasaan Pengusaha Dalam Mengelola Keuangan dan Memanfaatkan Waktu Luang

Bagi pengusaha sukses, cash flow sangat vital, oleh karena itu mereka punya kebiasaan mengelola keuangan yang berbeda dengan kebanyakan orang. Termasuk didalamnya bagaiamana memanfaatkan waktu luang, seperti pepatah time is money. Selama beberapa dekade, psikolog telah mempelajari apa yang dilakukan pengusaha sukses di waktu luang mereka untuk melihat apakah ada kesamaan dengan umumnya orang lain atau berbeda. Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa pengusaha sukses total fokus dengan pekerjaan mereka, tidak pernah mencurahkan cukup waktu untuk kehidupan pribadi atau minat mereka. Ini tidaklah benar.

Kesuksesan pengusaha tidak hanya tentang apa yang Anda lakukan saat Anda bekerja, tapi juga tentang apa yang Anda lakukan saat waktu luang. Jika Anda ingin sukses, tempat terbaik untuk memulai adalah mempelajari apa yang dilakukan orang sukses. Berikut ini kebiasaan mereka di waktu luang:

Mereka rajin membaca

Orang yang paling sukses haus akan pengetahuan. Mereka ingin tahu secara alami. Itu sebabnya mereka suka membaca. Topiknya tidak terlalu relevan. Mereka akan membaca tentang topik apa pun yang menarik minat mereka. Semakin banyak pengetahuan yang mereka peroleh, semakin baik bagi mereka. Salah satu tema membaca yang paling banyak diminati adalah topic tentang cara mengelola keuangan.

Membaca menumbuhkan kreativitas, yang pada gilirannya dapat menerjemahkan ke ide-ide baru dan inovatif yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan Anda, termasuk bisnis Anda. Mengejar pengetahuan adalah bagian dari apa yang membuat pengusaha sukses terus tergerak untuk mencarinya. Di dunia digital saat ini, menjadi lebih mudah dari sebelumnya untuk mendapatkan informasi dari internet.

Mereka memiliki waktu banyak untuk berolahraga

Anda akan berasumsi bahwa orang yang sangat sukses tidak punya waktu untuk berolahraga, bukan? Bahkan, sebagian besar dari kita tampaknya tidak punya waktu. Padahal orang-orang sukses adalah bahwa mereka MEMBUAT waktu. Mereka memahami bahwa olahraga bukan hanya menjaga kesehatan tubuh mereka, tetapi juga ada manfaat psikologis. Latihan melepaskan endorfin yang menyenangkan yang memberi Anda energi abadi dan menumbuhkan pemikiran positif. Penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga merangsang kreativitas dan membantu Anda fokus. 

Baca Juga: Pengertian, Tujuan Jurnal Umum Dalam Sebuah Bisnis

 

Mereka menghabiskan waktu luang untuk berefleksi

Merefleksikan keputusan bisnis, operasi sehari-hari, dan keseimbangan kehidupan kerja secara keseluruhan adalah aspek kunci dalam menemukan kesuksesan dalam berwirausaha. Memulai bisnis adalah salah satu pengalaman paling menantang yang dapat dilalui oleh individu, dan selama tahun-tahun awal, pekerjaannya dapat terlihat selalu konstan dan membosankan. Meski begitu, orang-orang ini memahami betapa pentingnya mengambil waktu sejenak untuk berhenti dan merenung akan langkah yang telah dan akan mereka lakukan.

Menggunakan pola pikir tabungan

Menyimpan uang sangat penting untuk gaya hidup finansial yang sehat. Sebagai pengusaha yang bercita-cita tinggi, memiliki cadangan keuangan yang setara dengan enam bulan penghasilan biasanya direkomendasikan. Tetapi Anda bisa mengambilnya sedikit lebih jauh dari itu.

Tabungan Anda harus dapat membantu Anda mengurus kebutuhan Anda ketika segala sesuatu tidak berjalan sesuai rencana.

Langkah pertama untuk membuat kebiasaan menabung adalah dengan selalu menyisihkan apa pun yang ingin Anda simpan terlebih dahulu sebelum mengurangi pengeluaran lain dari penghasilan Anda.

Hemat

Menjadi wirausahawan berarti Anda harus hemat dengan uang Anda. Hemat tidak berarti pelit. Anda tidak lagi dapat berbelanja secara tidak perlu seperti yang Anda lakukan saat Anda bekerja untuk orang lain. Ini bukan karena Anda tidak mampu membayar pengeluaran, melainkan untuk membantu Anda menanamkan budaya disiplin.

Menjadi hemat bukan berarti Anda tidak mencintai diri sendiri, dan juga tidak berarti Anda pelit. Mark Pearson, dari Mydeals.com (sebuah blog hemat uang), berpikir bahwa berhemat telah membantu banyak pengusaha dan pemilik bisnis yang sukses. “Berhemat bisa menjadi sangat penting ketika Anda berkomitmen untuk menabung dan tidak mendapatkan penghasilan tambahan,” katanya. Membentuk kebiasaan hemat juga akan berdampak positif pada bisnis dan kehidupan Anda secara keseluruhan.

Mampu Membuat Prioritas Pengeluaran

Untuk meluruskan pengelolaan keuangan Anda, Anda harus mulai mengembangkan kebiasaan memprioritaskan pengeluaran Anda. Membentuk kebiasaan ini akan membantu Anda menentukan apa yang paling menuntut perhatian finansial Anda dan memahami mengapa hal itu terjadi.

Memberikan lebih banyak perhatian pada kebutuhan Anda yang paling mendesak dan kurang memperhatikan keinginan yang lebih sembrono dapat membantu Anda menjadi manajer keuangan yang lebih baik. Menjadi manajer keuangan yang baik sangat penting bagi setiap pengusaha. Cara terbaik untuk menjadi wirausahawan yang sangat sukses adalah mulai membentuk kebiasaan baik yang akan memfasilitasi pertumbuhan bisnis Anda. Mengatur keuangan Anda adalah langkah pertama yang baik, dan sangat penting, untuk dilakukan.

Sebagai seorang pengusaha yang bercita-cita tinggi, kebiasaan mengelola uang yang seperti apa yang Anda rencanakan untuk bisa dikembangkan?

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.