Home / Blog / Berbagai Jenis Bisnis Rumahan yang Bisa Anda Coba

Berbagai Jenis Bisnis Rumahan yang Bisa Anda Coba

Ibu rumah tangga sejauh ini punya waktu luang di sela kesibukan mengurus rumah tangga yang bisa dimanfaatkan untuk menjalani usaha rumahan. Peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga sebenarnya banyak, tinggal menyesuaikan dengan minat dan kondisi di rumah. Prinsipnya cuma satu, usaha rumahan tersebut harus fleksibel dari sisi waktu dan tidak perlu meninggalkan rumah. Peluang usaha rumahan apa sajakah yang cocok utnuk ibu rumah tangga tersebut? Deretan daftar usaha rumahan berikut ini bisa dicoba:

Membuka jasa penitipan dan perawatan Anak

Peluang usaha rumahan ini cocok dengan naluri ibu rumah tangga dan aktivitas harian yang dijalani. Bisa saja awalnya ditawarkan untuk membantu menjaga anak sambil menjaga anak sendiri. Setelah berkembang bisa ke arah profesional. Anda juga dapat menghasilkan uang dengan menawarkan layanan Anda sebagai pengasuh anak, atau pengasuh lansia. Kumpulkan beberapa rujukan positif dari teman dan anggota keluarga, lalu sebarkan info bahwa Anda membuka bisnis tersebut. Tempat-tempat komunitas seperti Facebook, projects.co.id, dsb adalah tempat bagus untuk mempromosikan bisnis Anda (dan semuanya itu gratis lho)!

Jika usaha rumahan nantinya semakin besar, tak ada salahnya belajar dari bisnis skala global dengan membaca Buku FabJob tentang bagaimana cara Menjadi Pemilik Tempat Penitipan Anak yang profesional.

Mejadi Penulis Freelance

Anda tidak perlu seorang lulusan jurusan bahasa Indonesia atau Inggris untuk menjadi penulis lepas. Pada kenyataannya, peluang usaha rumahan ini adalah cara yang menyenangkan untuk mencari tambahan uang jika Anda suka menulis dan semakin banyak Anda menulis, semakin baik Anda mendapatkan rating pelanggan dan penghasilan.

Ada banyak situs untuk freelancer di bisnis ini. Mereka bisa menjadikan situs tersebut sebagai tempat untuk terhubung, sambil berbagai proyek serta untuk mendapatkan pengalaman dan membangun portofolio Anda. Projects.co.id, frelancer.co.id, sribuancer.co.id, Upwork, Problogger, People Per Hour, Fiverr, Profinder by LinkedIn, Workhoppers, Toptal, Guru.com, Craigslist adalah platform marketplace yang dimaksudkan.

Menghasilkan Uang dari aktivitas Blogging

Bagi yang hobi menulis, memulai membuat blog merupakan langkah yang tepat. Setelah blog Anda mulai ramai dikunjungi pembaca maka blog Anda tersebut bisa dimonetisasi sendiri untuk menghasilkan uang. Tidak rumit untuk memulainya. Anda dapat menggunakan opsi WordPress gratis atau Blogger yang merupakan platform gratis komersial untuk memulai usaha rumahan ini. Keduanya memiliki fitur serupa terkait fungsi dan desain, dan keduanya dapat dimonetisasi, melalui jaringan iklan masing-masing. Jika sudah mulai canggih bisa beralih ke hosting dan domain berbayar.

Ujung-ujungnya, Anda dapat memonetisasi blog Anda, dengan menggunakan WordAds atau iklan AdSense Blogger.

Jual Barang secara Online

Sambil melakukan aktivitas harian di rumah, Anda bisa mulai berjualan online mulai dari pakaian anak-anak hingga buku-buku bekas, CD, DVD, permainan anak, busana dewasa dan masih banyak lagi yang semuanya dapat dijual secara virtual dengan harga pantas secara online. Beberpa platform marketplace seperti tokopedia dan bukalapak bisa jadi solusi usaha sampingan rumahan tersebut. Anda gak punya produk? Gampang saja, Anda bisa jalankan skema dropship atau reseller. Untuk skala global,  Amazon bisa jadi incaran usaha rumahan Anda selanjutnya

Kesimpulan dari usaha rumahan diatas adalah banyak peluang usaha sampingan yang bisa dijalani ibu rumah tangga dari rumah.  Ingat, bisnis apa pun yang Anda putuskan untuk memulainya, Anda harus memiliki semangat untuk melakukan apapun yang ingin Anda lakukan. Tanpa antusiasme dan kegembiraan melakukannya, Anda akan menjadi bosan dan tidak termotivasi, dan pada akhirnya itu akan gagal. Jangan hanya mengikuti uang, ingatlah, Anda harus mengikuti kata hati Anda dan setelah itu uang yang akan mengikuti Anda.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.