Home / Blog / Beli Accounting Software Indonesia, Beli Indonesia!

Beli Accounting Software Indonesia, Beli Indonesia!

“Beli accounting software Indonesia, berarti Beli Indonesia!” sebuah pikiran sederhana yang melintas setelah mengikuti seminar How to Be Debt Free yang diadakan Bapak Heppy Trenggono, seorang pengusaha yang pernah mempunyai hutang 60 miliar, pernah bangkrut sebangkrut-bangkrutnya dan kemudian bangkit lagi dengan bisnis kelapa sawitnya dan assetnya saat ini sebesar 60ribu hektar kebun kelapa sawit. Perjalanan hidup yang sangat luar biasa dalam dan mengikuti seminarnya detik demi detik seakan ikut tegang mengikuti perjalanan bisnisnya, jatuh bangunnya dan ilmu yang dibagikan sungguh bermanfaat.

Perlu kita ketahui bahwa saat ini era kolonialisme sudah lewat, tapi sebetulnya ada perang yang lebih dahsyat dari hanya perang fisik yang yaitu perang secara ekonomi. Berapa banyak perusahaan level start up dan middle di Indonesia, dengan asumsi entrepreneur mencapai 1% dari penduduk yang sebesar 230 juta jiwa berarti ada sekitar 2.300.000 perusahaan level start up yang membutuhkan aplikasi komputer akuntansi.

Pernahkah peluang ini terpikir oleh produsen software akuntansi dan keuangan dalam negeri, bahwa pasar yang begitu luas dan terbuka lebar itu ada di pelupuk mata sendiri, di negeri kita tercinta ini, Indonesia. Saya tidak pernah bisa membayangkan kalau segmen sebesar ini dikuasai oleh program aplikasi akuntansi buatan asing, maaf bukannya saya anti asing tapi saya punya pendapat berbeda tentang produk-produk asing yang akhir-akhir ini membanjiri pasar Indonesia.

Prinsipnya adalah kalau untuk produk yang memang bangsa kita tidak bisa membuatnya seperti pesawat ulang-alik alias pesawat luar angkasa it’s okeylah kita ambil dari asing, tapi kalau untuk produk yang anak bangsa ini mampu membuat sejenis software aplikasi akuntansi maka kenapa tidak beli punya bangsa sendiri!

Kalau satu software akuntansi tersebut dibanderol 1 juta rupiah dan terjual ke 2.300.000 perusahaan level start-up tersebut maka omzet vendor program aplikasi akuntansi tersebut sekitar 2.300.000.000.000 (baca: 2 trilyun), okelah tentu tidak serta merta 100% laku terjual tapi ambil 10% nya saja maka aplikasi komputer akuntansi yang terjual adalah Rp 230.000.000.000.000 (baca:230 milyar) sungguh potensi pasar yang luar biasa bukan!

Kalau vendor pembuat software akuntansi ini adalah bangsa sendiri maka jelas uang sebesar ini akan terdistribusi lagi ke bangsa kita, tentunya melalui penyerapan tenaga kerja (karyawan) yang lebih banyak, pengembangan dan riset perusahaan yang berujung pada pembelian perangkat keras komputer dan belum lagi pembelanjaan melalui sektor-sektor property untuk ekspansi kantor dan pembukaan cabang baru.

Belum lagi kalau kita kaji dari sisi pengetahuan akan proses bisnis perusahaan dan kebutuhan untuk laporan keuangan dan perpajakan siapa lagi yang paling mengerti kalau bukan kita sendiri, kalau kita membeli software akuntansi produk asing belum 100% fitur yang tersedia akan compatible dengan ketentuan perundangan yang berlaku disini. Karena di setiap negara peraturan perundangan tentang akuntansi keuangan dan perpajakan itu berbeda, itulah kenapa software akuntansi yang dibeli oleh perusahaan sekelas BUMN atau enterprise company lainnya bisa mencapai angka puluhan milyar, ya karena mereka harus meng-kustomisasi proses bisnisnya, kastemisasi program aplikasi akuntansinya.

“Oke kalau produk aplikasi keuangan lokal, lalu kita pilih siapa?” saat ini ada hampir 10 merk accounting software Indonesia, untuk memilihnya tentu kita harus bandingkan apple to apple, fitur, spesifikasi dan support kastemer yang sejenis dan skoring saja hasilnya, dan ambil 3 terbaik untuk kita telaah lebih lanjut, berikut indikator sederhananya:

  1. Software akuntansi tersebut bisa berjalan multi platform
  2. Program laporan keuangannya lengkap
  3. Menyediakan versi gratis, sehingga kita bisa test-drive dengan data riil perusahan
  4. Memiliki kantor cabang dan keagenan di kota anda

Ingat bangsa yang besar adalah yang menghargai hasil karyanya sendiri, ayo beli software accounting Indonesia!

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About david

Passion pada dua bidang IT dan Bisnis mengilhami David dan team untuk menciptakan Beeaccounting. Memiliki Visi membantu 1jt bisnis di Indonesia untuk lebih profitable melalui sistemasi bisnis berbasis IT.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.