Home / Blog / Belajar Mengenai Faktur Pajak & Berbagai Jenisnya

Belajar Mengenai Faktur Pajak & Berbagai Jenisnya

Di Indonesia, faktur komersial harus disertai dengan faktur pajak. Faktur pajak adalah dokumen hukum yang berfungsi sebagai bukti bahwa penjual mengajukan pajak penjualan (pajak pertambahan nilai) dan, jika berlaku, pajak penjualan barang mewah) ke kantor pajak, dan kemudian menjadi dasar untuk pelaporan PPN. Tujuan utamanya adalah untuk menampilkan informasi pajak, sedangkan faktur komersial berisi informasi yang lebih rinci tentang, misalnya, jumlah barang yang dijual.

Perusahaan mengeluarkan dan menerima faktur pajak standar yang harus menyertai faktur komersial jika Anda menjual barang dan jasa ke badan pajak terdaftar. Tata letak dan penomoran faktur pajak standar ditentukan oleh kantor pajak, dan harus berisi informasi berikut:

  • Nama, alamat, dan nomor pajak dari penjual
  • Nama, alamat, dan nomor ID pajak pembeli
  • Jenis barang atau layanan, jumlah, harga jual atau kompensasi, dan diskon apa pun
  • PPN yang jatuh tempo
  • Pajak penjualan untuk barang-barang mewah yang jatuh tempo (jika ada)
  • Nomor faktur pajak dan tanggal penerbitan faktur pajak
  • Nama, posisi, dan tanda tangan orang yang berwenang untuk menandatangani faktur

Jika Anda menjual barang dan jasa ke konsumen akhir atau entitas tanpa nomor registrasi pajak, maka Anda mengeluarkan faktur pajak sederhana. Dalam kebanyakan kasus, cukup mengeluarkan faktur komersial. Tata letaknya tidak ditentukan oleh kantor pajak, dan tidak harus dinomori seperti faktur pajak standar. Perhatikan bahwa dalam kasus faktur pajak sederhana, pembeli tidak dapat menggunakan faktur pajak sederhana untuk mengurangi kewajiban pajaknya, tetapi penjual harus memasukkannya dalam pelaporan PPN.

Jenis – jenis Faktur Pajak

Di Indonesia, ada 7 jenis faktur pajak, yang perlu diketahui sebagai berikut:

  1. Faktur pajak keluaran yaitu faktur pajak yang dibuat oleh pengusaha kena pajak (PKP) pada saat melakukan penjualan barang atau jasa kena pajak yang tergolong dalam barang mewah.
  2. Faktur pajak masukan yang didapatkan oleh PKP ketika dia melakukan pembelian barang kena pajak atau jasa kena pajak dari PKP lain.
  3. Faktur pajak pengganti sebagai pengganti  dari faktur pajak yang telah terbit sebelumnya karena terdapat kesalahan pengisian, kecuali pengisian NPWP. Faktur pajak pengganti ini ditujukan untuk pembetulan agar sesuai  dengan keadaan yang sebenarnya.
  4. Faktur pajak gabungan yang dibuat oleh PKP meliputi seluruh penyerahan yang dilakukan kepada pembeli barang kena pajak atau jasa kena pajak yang sama selama satu bulan kalender.
  5. Faktur pajak digunggung yaitu faktur pajak yang tidak diisi dengan identitas pembeli, nama dan tanda tangan penjual. Faktur ini khusus dibuat oleh PKP pedagang eceran.
  6. Faktur pajak cacat akibat tidak diisi  secara benar, lengkap, jelas dan atau tidak diberikan tanda tangan. Bisa juga masuk kategori faktur pajak cacat jika terjadi kesalahan pengisian kode dan nomor seri maka faktur dianggap cacat. Faktur pajak cacat ini dapat dibetulkan dengan membuat faktur pajak pengganti.
  7. Faktur pajak batal terjadi karena adanya pembatalan transaksi. Pembatalan faktur pajak juga harus dilakukan ketika ada kesalahan pengisian NPWP dalam faktur pajak.

Dokumen lain yang dikeluarkan oleh badan pemerintah dengan status yang sama dengan faktur pajak standar

Selain faktur pajak diatas, ada dokumen tertentu yang dikeluarkan oleh badan pemerintah dan memiliki status yang sama dengan faktur pajak standar, oleh karena itu faktur pajak terpisah tidak perlu dikeluarkan. Jenis dokumen ini termasuk dalam kategori faktur pajak khusus. Ada dua kategori yaitu:

  • Deklarasi impor disertai dengan slip pembayaran pajak atau slip penagihan pajak yang dikeluarkan oleh bea cukai, dan deklarasi ekspor (PIB)
  • Faktur komersial yang dikeluarkan oleh perusahaan telepon atau perusahaan listrik (faktur pajak khusus)

Memahami faktur pajak diatas akan membuat pengusaha makin lancar dalam melakukan kewajibannya terkait administrasi perpajakan di kantor pajak setempat.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.