Home / Blog / Begini Cara Pembuatan Nomor Seri Faktur Pajak Bagi Pengusaha

Begini Cara Pembuatan Nomor Seri Faktur Pajak Bagi Pengusaha

Kemajuan sebuah negara sejalan dengan makin banyaknya warga negara yang terjun sebagai pengusaha. Hal ini terkait dengan makin banyaknya pengusaha berarti makin banyak pemasukan negara dari sektor pajak. Kementerian Koperasi dan UKM melansir data olahan BPS dan menyimpulkan adanya pertambahan jumlah pengusaha dari sebelumnya 1,6% menjadi 3,1% dari populasi.  Tentu saja ini menggembirakan karena telah menembus batas psikologis 2%. Artinya dengan jumlah penduduk 250 juta jiwa, kita sudah memiliki lebih dari 5 juta pengusaha.

Tinggal sekarang bagaimana pemerintah mengelola potensi pajak pengusaha dan pengusaha sendiri juga taat dalam membayar pajak. Salah satu administrasi perpajakan yang perlu dipahami Pengusaha Kena Pajak (PKP) adalah memiliki nomor seri faktur pajak di faktur pajaknya. Bagaimana proses untuk mendapatkannya?

Proses Pembuatan Nomor Seri Faktur Pajak Bagi Pengusaha

Tidak semua pengusaha bisa langsung mengurus nomor seri faktur pajak pengusaha. Ada tahapan yang harus dilalui seperti ulasan berikut ini:

Sudah Terdaftar Sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak)

PKP adalah sebutan bagi pengusaha yang menjual Barang Kena Pajak dan Jasa Kena Pajak (JKP) yang dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan diatur dalam Undang-undang Pajak Pertambahan Nilai (UU PPN) tahun 1984. Atau lebih mudah dipahami bahwa PKP adalah pengusaha yang jualan barang atau jasa dengan PPN. Persyaratan pengajuan PKP adalah memiliki omzet yang mencapai Rp4.8 miliar per tahun, lulus survei yang dilakukan oleh KPP atau KP2KP serta melengkapi dokumen yang disyaratkan untuk pengajuan PKP

Mengurus Sertifikat Elektronik Pajak di DJP (Direktorat Jenderal Pajak)

Tahap selanjutnya, Anda diminta mengurus sertifikat elektronik pajak untuk mendapatkan nomor seri faktur pajak. Anda akan diberikan kode aktivasi beserta password untuk melakukan aktivasi akun PKP untuk mendapatkan sertifikat elektronik pajak yang berisi tanda tangan digital serta identitas wajib pajak yang resmi dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan

Dapatkan Nomor Seri Faktur Pajak Lewat E-Nofa

Anda perlu menginstal sertifikat elektronik pajak diatas pada laptop untuk memudahkan proses registrasi nomor seri faktur pajak dan mendapatkan nomor seri faktur pajak lewat akses E-Nofa. Akses E-Nofa bisa melalui https://efaktur.pajak.go.id/login. E-Nofa (Elektronik Penomoran Faktur Pajak) merupakan portal pengakses untuk mendapatkan nomor seri faktur pajak yang akan digunakan pada e-faktur untuk menuliskan laporan terkait pelaporan pajak PKP. Jika bingung, Anda bisa meminta nomor seri tersebut ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Hanya saja, Anda harus antri.

Dengan Nomor Seri, Segera Buat Faktur Pajak

Setelah Anda mendapatkan Nomor seri faktur pajak maka segera saja membuat faktur pajaknya, bisa dibuat secara manual (diketik sendiri) atau bisa lewat e-faktur (aplikasi yang bisa diunduh melalui link https://efaktur.pajak.go.id/aplikasi).

Apakah Manfaat Faktur Pajak Bagi PKP?

Tujuan akhir dari membuat nomor seri faktur pajak adalah untuk membuat faktur pajak. Faktur pajak dalam bentuk e-Faktur bermanfaat untuk memudahkan Pengusaha Kena Pajak untuk melakukan setoran pajak. Terdapat 3 jenis susunan kode pada Nomor Seri Faktur Pajak. Kode Transaksi adalah 2 digit awal Nomor Seri Faktur Pajak yang terdiri dari 01 sampai dengan 09. Masing-masing digit tersebut memiliki arti masing-masing yang bisa Anda tanyakan kepada petugas pajak saat Anda mendaftar nomor seri faktur pajak.

Undang-undang PPN (Pajak Pertambahan Nilai) menyebutkan bahwa terdapat sekurang-kurangnya tiga jenis faktur pajak yaitu: Faktur Pajak Bentuk Standar, Faktur Pajak Bentuk Gabungan dan Faktur Pajak Bentuk Sederhana.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.