Home / Blog / Banyak Karyawan ‘Nakal’ di Perusahaan Anda?

Banyak Karyawan ‘Nakal’ di Perusahaan Anda?

Kerjaan sering molor, tidak menjalankan SOP, sering dikomplain customer karna karyawan salah melulu, banyak stok hilang, ‘kecolongan’ kas perusahaan ..

Hal tersebut adalah sebuah masalah ‘standart’ yang sering saya jumpai di berbagai perusahaan yang berjalan dibidang Dagang.

Sedikit cerita, beberapa bulan yang lalu saya sering berkunjung ke berbagai perusahaan guna untuk membantu memberikan solusi dari masalah yang mereka hadapi. Umumnya perusahaan yang saya kunjungi memiliki masalah dibagian SDM (Sumber Daya Manusia)

Mereka bercerita mengenai rumitnya mengelola SDM dengan tepat. Adapun beberapa masalah yang sering mereka alami adalah sebagai berikut.

  • Kerjaan Molor, banyak kerjaan yang belum dikerjakan, gak sesuai dengan Deadline yang ditentukan, sehingga menghambar perkembangan perusahaan.
  • SOP gak jalan, sudah ada SOP tapi sering dilanggar. Tugasnya cek keadaan gudang tapi gak dicek sehingga sering kehabisan stok. Atau bahkan stoknya dipakai sendiri sama karyawan.
  • Banyak yang Resign, repot harus ngajarin karyawan baru, yang udah jago malah gak betah trus resign.
  • Sering salah input, salah tulis nominal di nota, jadinya sering di complain customer. Efeknya customer jadi kapok belanja di toko Anda.

Sebenarnya, masalah di atas merupakan hal wajar dialami oleh siapapun mengingat yang namanya manusia jauh dari kata sempurna. Namun paling tidak perlu di minimalisir permasalahan tersebut.

Bagaimana mengatasi masalah tersebut?

Frustrated businessman shocked with news. Stressful young entrepreneur depressed because of failure. He crying and looking up opposite white background. Despair concept

Ada baiknya kita perlu menganalisa penyebab dari masalah tersebut. Ibarat sebuah penyakit, pasti sang dokter melakukan analisa untuk menemukan penyebab si pasien terkena penyakit yang dialami.

Apakah karena faktor internal? Kalau dari internal, ada kemungkinan berasal dari pelatihan SDM yang kurang. Seperti halnya dalam membuat makanan, perlu digoreng hingga ‘matang’.

Disini saya akan memberikan sedikit rekomendasi yang bisa Anda lakukan untuk melatih SDM Anda. Semoga tips berikut bisa bermanfaat bagi Anda.

..5 Tips Jitu Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

 

1. Memahami apa yang dibutuhkan perusahaan.
Supaya mampu terus bersaing, perusahaan harus rajin mengikuti perkembangan pasar. Anda harus bisa menganalisis apa kebutuhan pasar dan bagaimana memanfaatkan sumber daya manusia yang ada terkait hal tersebut.

Dari sini, Anda bisa memutuskan pelatihan seperti apa yang cocok diberikan pada karyawan yang ada untuk meningkatkan kinerja mereka agar perusahaan menjadi lebih produktif.

2. Mengenali potensi karyawan Anda.
Setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Begitu juga dengan karyawan Anda. Kenali potensi yang bisa digali dari karyawan Anda. Tentu saja hal ini bermanfaat untuk perusahaan.

Dengan mengetahui potensi masing-masing karyawan, Anda bisa menentukan jenis pengembangan apa yang sesuai, misalnya pengembangan skill komunikasi atau skill manajemen dan sebagainya.

3. Berikan materi secara Bervariasi.
Saat menyampaikan materi pun, berikan variasi agar tidak membosankan. Gunakan media yang berbeda-beda dalam setiap materi agar karyawan lebih antusias mengikuti pelatihan.

Penyampaian materi yang membosankan tidak akan tertanam secara kuat di pikiran karyawan sehingga pelatihan pun menjadi sia-sia.

4. Evaluasi dan Feedback.
Lakukan penilaian pada masing-masing peserta untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pelatihan berdampak pada kinerja mereka. Berilah penilaian yang objektif dan beritahukan hasil tersebut pada peserta.

Dengan begitu, mereka bisa tahu sejauh mana kemampuannya berkembang. Di sini, Anda juga bisa bertanya secara langsung mengenai apa saja kendala yang mereka hadapi selama proses pelatihan. Pendapat dari para karyawan sangat diperlukan di saat-saat seperti ini karena hasil ini nantinya dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk melakukan pelatihan selanjutnya yang lebih baik.

5. Membuat Pembanding.
Untuk mengetahui apakah pelatihan dan pengembangan karyawan berjalan efektif atau tidak, lakukan perbandingan kinerja karyawan sebelum dan sesudah pelatihan.

Jadi, sebelum pelatihan dijalankan, Anda sebaiknya melakukan evaluasi kinerja karyawan terlebih dahulu. Setelah itu, berikan pelatihan yang cocok. Setelah pelatihan selesai, cek lagi kinerja karyawan apakah hasilnya lebih baik atau tidak. Jika sama seperti sebelumnya, mungkin ada kesalahan dalam pemahaman materi oleh karyawan atau metode pelatihannya yang kurang sesuai.

 

Setelah Anda mempraktekan beberapa tips di atas, saya harap semua karyawan Anda bisa bekerja sesuai harapan Anda.

Terutama di perusahaan dagang yang sering mengalami hambatan dalam perkembangan akibat karyawan-karyawan yang nakal.

Rekomendasi ‘Alat bantu’ pengelola SDM Anda…

Saya paham betul tentang banyaknya keluhan dari beberapa pengusaha-pengusaha yang mulai “kualahan” karena SDM nya Nakal. Terutama pengusaha distributor atau UKM..

Banyak yang merasa ‘dicurangi’ oleh karyawannya sendiri. Entah itu kas kasir yang hilang ‘dicuri’ pegawai kasir, atau sering merasa stok selalu kehabisan dan hilang entah kenapa.

Untuk itu saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan sebuah ‘alat bantu’ untuk mengelola setiap pekerjaan karyawan Anda.

Alat Bantu ini bernama Beeaccounting…

Yups, sebuah software yang mampu memberikan solusi dari masalah yang Anda alami di atas..

Beeaccounting merupakan Software akuntansi yang terintegrasi dan mudah digunakan. Selain sebagai software akuntansi.

Beeaccounting juga dapat membantu mengelola kegiatan SDM Anda dengan fitur ‘HAK AKSES’

Hak Akses merupakan fitur yang memungkinkan karyawan Anda ‘dibatasi’ penggunaannya. Jadi, tidak sembarangan karyawan Anda bisa berbuat sesuai keinginan mereka.

Semua yang berkaitan dengan operasional akan tercatat di Beeaccounting. Anda tidak perlu khawatir mengenai masalah stok yang hilang ataupun kas yang ‘diambil’ karyawan Anda.

Demo Software Beeaccounting

Klik disini untuk melihat lebih banyak demo video

Kabarnya Software ini FREE TRIAL selama 30 Hari saja….

Silahkan Anda download dan gunakan Software ini untuk pengelola perusahaan Anda.

Bila ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi kami lewat WhatsApp dengan klik tombol dibawah ini:

So….
Apa masalah Anda? Katakan pada kami, mari berbicara..

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.