Home / Blog / Bagaimana Seharusnya Pebisnis Menyongsong Tahun 2018
bagaimana-seharusnya-pebisnis-menyongsong-tahun-2018-image

Bagaimana Seharusnya Pebisnis Menyongsong Tahun 2018

Seperti yang kita ketahui bersama jika tahun 2017 ini merupakan tantangan terbesar bagi para pebisnis. Banyak sekali perusahaan-perusahaan besarpun harus menyerah dan mengumumkan pailit. 

Jika saat ini Anda mampu mempertahankan bisnis lantas pertanyaan selanjutnya adalah Apakah bisnis Anda masih bisa bertahan di tahun 2018? 

Semakin kesini tantangan berbisnis semakin sulit oleh karena itu Anda harus benar-benar memikirkan strategi yang akan Anda gunakan. 

Diakhir tahun ini apakah Anda sudah melakukan audit dan raker untuk membahas strategi dan evaluasi perusahaan selama setahun ini. Jika belum segera lakukan, namun jika sudah apakah evaluasi yang Anda lakukan sudah mencangkup semuanya.

Jika Anda ingin sukses membangun kerajaan bisnis Anda ditahun 2018 mendatang ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dan hindari antara lain sbb :

1. Anda harus tahu bagaimana kondisi keuangan Anda yang sesuai fakta jangan hanya diatas sebuah kertas yang notabanenya laporan keuangan. Boleh jadi dilaporan keuangan Anda memiliki uang yang luar biasa banyak tapi kroscek dulu deh ada uang tunai ndak yang ready digunakan.

Percuma bukan, jika laporan laba rugi menujukkan angka yang bagus tapi kenyataanya semua uang Anda berada ditangan customer karena penjualnya berupa kredit semua.

Ingat Anda harus membayar Listrik, PDAM, Internet dan Gaji karyawan Anda dengan uang tunai bukan dengan angka diatas kertas.

Gimana udah tahu belum berapa banyak uang tunai yang bisa Anda gunakan untuk operasional sehari-hari?

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah apakah Anda sudah memilik laporan keuangan? 

Kalau sudah, Anda patut bersyukur setidaknya Anda sudah memilik alat ukur untuk perusahaan Anda. 

Tapi jika Anda belum memilikinya, waduh ini sangat bahaya banget. Anda harus segera bertaubat dech sekarang juga sebelum Anda menelan pil pahitnya kebangkrutan. Coba bayangkan bagaimana Anda bisa menjalankan sebuah perusahaan jika Anda tidak tahu posisi Anda saat ini.  

Jika Anda kesulitan membuat laporan keuangan. Silahkan klik disini untuk contoh membuat laporan keuangan Anda.

2. Perbaikan SDM (Sumber Daya Manusia)

SDM ini PENTING sekali. SDM direkrut dengan tujuan untuk membantu Anda dalam mewujudkan impian Anda. Ibaratnya kalau dikapal itu Anda Nahkoda nah karyawan adalah anak buah kapalnya. Nahkoda tidak akan bisa menjalankan kapalnya bukan kalau tidak ada ABK nya begitu juga dengan perusahaan.

Di jam now ini sangatlah tidak mudah untuk Anda mencari karyawan yang benar-benar bisa loyal pada perusahaan. Bahkan rekan-rekan bisnis saya pada “Sambat” banyak karyawan yang keluar masuk. Capek-capek mentrainingnya, eh udah pinter resign padahal belum ada kontribusi yang cukup berarti bagi perusahaan.

Oleh karena itu dari awal Anda harus benar-benar selektif dalam merekrut karyawan kalau tidak ya akan seperti cerita di atas capek nanem tapi tidak menikmati hasilnya.

3. Strategi

Strategi ini sebenarnya artinya sangat luas. Karena semua lini di perusahaan Anda harus memiliki strategi atau resep yang pas agar menghasilkan sajian yang luar biasa juga. Mulai dari strategi pemasaran, strategi pemberdayaan team, strategi pengelolaan keuangan, strategi pengelolaan customer dll.

Jadi memang sudah saatnya Anda sebagai pebisnis harus memikirkan menyeluruh mulai dari A sampai Z. 

4. Evaluasi 

Langkah terakhir ini tidak kalah penting Adalah Anda harus melakukan audit di semua divisi perusahaan Anda. Nah, diakhir tahun ini waktu yang sangat tepat bagi Anda untuk mengaudit semuanya.

Pertahankan lah hal-hal yang membuat perusahaan Anda maju dan buanglah ketempat sampah hal-hal yang tidak berguna atau bahkan merugikan perusahaan Anda. Baik itu dari segi SDM maupun kebijakan perusahaan.

Jangan males melakukan evaluasi karena dengan evaluasi akan memudahkan Anda dalam menentukan strategi baru yang lebih bagus dan bagus lagi. 

Begituah tantangan jaman now. Oleh karena itu Anda juga harus menjadi pengusahan Jaman Now juga agar bisnis Anda juga bisa menjadi bisnis Jaman Now di tengah-tengah anak Jaman Now yang semuanya inginnya serba instan. Jadi lakukan lah inovasi-inovasi baru. Jangan pernah berhenti belajar. Dan semua yang Anda kerjakan harus by data, data, dan data lagi.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Salam Let’s beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.