Bagaimana Cara Mengembangkan Bisnis Konsinyansi?
Home / Blog / Bagaimana Cara Mengembangkan Bisnis Konsinyansi?
bagaimana cara mengembangkan usaha konsinyasi

Bagaimana Cara Mengembangkan Bisnis Konsinyansi?

Anda pelaku bisnis dengan cara menitipkan dagangan anda kepada pihak lain? Berarti anda selama ini menjalankan bisnis dengan sistem bisnis konsinyasi. Tentunya Anda akan melakukan banyak kerjasama dengan pihak lain untuk menitipkan barang dagangan Anda. 

Sistem Konsinyasi biasanya menjadi alternatif pilihan Pelaku usaha dalam menjual produknya. Selain tidak membutuhkan biaya marketing yang terlalu besar, juga pihak toko yang dititipi tidak perlu melakukan pembelian terlebih dahulu. Sehingga pemilik toko tidak perlu menanggung kerugian bila terjadi barang tidak laku.

Dalam penerapannya sistem konsinyasi ini memiliki skema pola konsinyasi. Skema ini yang akan menentukan cara anda menjalankan pola bagi hasil keuntungan dengan pihak yang Anda titipkan produk. Bisnis konsinyasi bisa menguntungkan kedua belah pihak, baik pihak toko maupun pihak yang memproduksi. Sukses dan tidaknya Anda dalam menjalankan bisnis konsinyasi ditentukan oleh beberapa hal berikut ;

  1. Pastikan Produk Anda berbeda.
    Pastikan produk anda berkualitas sehingga memiliki “knowledge of benefit product” juga menjadi bagian yang perlu diketahui penjual. Diharapkan, penjual dapat mengerti apa yang menjadi kelebihan dari produk yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, skema konsinyasi tidak bisa hanya satu arah. Namun, perlu komunikasi secara interaktif dengan pihak pengelola outlet, untuk mendapatkan feedback dari calon pelanggan. Hal itu nantinya bisa berupa informasi/ masukan terkait soal harga, bentuk kemasan, penempatan (display produk), dll.
  2. Memastikan model konsinyasi dilakukan dengan toko yang kredibel.
    Pastikan produk Anda dijual ke tempat yang sesuai dengan target pasar toko tersebut dan kalau memungkinkan, pada toko tersebut tidak ada produk jualan dengan jenis yang sama dengan produk Anda agar produk Anda sebagai opsi pilihan produk jual yang utama. 
  3. Pastikan produk Anda sesuai selera pasar saat ini.
    Misalnya saja untuk fashion karena lekat dengan selera pasar yang dinamis. Sehingga, Anda perlu memastikan produk yang uptodate dan populer, karena produk barang/ jasa yang berkaitan dengan lifestyle selalu bergerak dan berubah. Oleh karena itu, komunikasi intensif dengan partner outlet konsinyasi menjadi sangat penting, untuk menjadi saran evaluasi atas produk berdasarkan tanggapan konsumen.
  4. Sistem penambahan diskon atau reward atas penjualan berdasarkan jumlah tertentu.
    Dalam hal ini, model tawaran tersebut merupakan insentif penjualan selain dari model sistem bagi hasil. Prinsipnya, low margin high volume dengan harapan tingkat penjualan akan meningkat. 
  5. Manfaatkan momentum yang berkenaan dengan produk.
    Seperti, peringatan akhir untuk melakukan promosi yang menarik bersama dengan rekan partner outlet konsinyasi Anda. Diskon besar yang atraktif dapat dijadikan sarana dalam melepaskan stok produk yang sebelumnya sulit untuk dirilis.
  6. Perbanyak skema saluran distribusi.
    Dalam hal ini, skema saluran penjualan harus diperbanyak. Potensi pembelian akan semakin besar, bila aksesibilitas (keterjangkauan) konsumen akan produk semakin beragam. Selama ini yang dilakukan hanya konsinyasi, maka harus dipikirkan untuk melebarkan sayap dengan perluasan penjualan online (low cost), mekanisme reseller distribusi (individual network), bahkan sampai pengelolaan butik internal.
  7. Pentingnya Pencatatan
    Pencatatan konsinyasi disini sama saja dengan konsinyasi di usaha lainnya. Sebagai pihak yang menitipkan barang, berarti Anda memiliki piutang konsinyasi pada sejumlah pelanggan. Pentingnya pencatatan bisnis ini untuk mengingatkan Anda daftar pelanggan bisa dicatat manual, excel atau menggunakan sistem khusus untuk bisnis konsinyasi. Anda harus mencatat semua transaksi dengan detail. Hal yang perlu Anda catat adalah laporan piutang dagang, utang pelanggan, stok, daftar pelanggan, dan lain-lain. Lebih detail Anda dapat ke belajar jurnal Konsinyasi.

Pastikan Anda menerapkan skema dan keuntungan bisnis konsinyasi yang sesuai dengan Anda dan mencatat semua angka dalam bisnis anda. Mencermati angka akan membantu Anda untuk mengembangkan bisnis Anda. Menerapkan 5 hal diatas dan pastikan perkembangan bisnis Anda. Let’s #Beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Santi Mutiara Sari

Learn it before you earn it. Keep strong and smile boss :)
Artikel terkaitclose