Home / Blog / Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual Produk di Restoran?

Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual Produk di Restoran?

Menentukan harga jual yang tepat sangatlah penting dalam bisnis restoran. Jika harga yang Anda tentukan terlalu tinggi nanti takutnya tidak laku,kalau harganya rendah tentunya margin yang Anda dapat juga rendah atau bahkan bisa merugikan Anda. Menentukan harga jual merupakan hal yang susah-susah gampang. Apalagi jika restoran Anda belum memiliki brand equaty dan awareness jelas.

Ada berbagai cara dalam menentukan harga jual. Disini akan menjabarkan 3 cara menentukan harga jual F&B restoran. 3 cara ini rangkum dari beberapa pebisnis restoran yang sudah lama malang melintang di bisnis restoran.

Pertama menghitung dengan COGS atau yang lebih dikenal dengan food cost / beverage cost. Menentukan harga jual dengan food cost ini berdasarkan presentasi yang diinginkan. Pada umumnya nilai presentasenya 35-45% dari harga jual.

Kedua menghitung harga jual makanan berdasarkan harga pasaran untuk menu serupa, misal sebuah harga nasi goreng jawa di restoran A dekat lokasi usaha restoran Anda harganya Rp 30.000.Dan pemain nasi goreng yang ternama di kota Anda misalnya Rp 45.000. Anda harus melakukan survey ke restoran-restoran tersebut.

Bandingkan dari rasanya, porsi, bahan baku yang digunakan dan juga pelayanannya.Apakah harga yang mereka berikan sudah sesuai dengan apa yang Anda dapat. Nah, Anda juga bisa memberikan harga yang sama atau harga yang sedikit murah agar restoran Anda memiliki daya saing yang kompentitif.

Ketiga menentukan harga jual berdasarkan kelas dari restoran yang Anda miliki. Harga jual sebuah makanan juga dipengaruhi oleh kelas  dari restoran tersebut dan juga brand perception dari restoran Anda, siapa target market Anda dan apakah restoran Anda lokasi tempatnya sudah tepat.

Siapa yang tidak tahu Anda Pizza Hut? Banyak juga pizza-pizza yang dijual lebih murah namun mengapa banyak orang yang mau membayar lebih mahal bahkan mengantri untuk makan disana? Salah satunya adalah adanya pretise (kebanggan), kenyaman dan pelayanan. Ini membuktikan kelas juga menentukan harga jual. 

Buatlah bisnis restoran Anda memiliki hal tersebut. Anda akan mudah mengembangkan Bisnis restoran Anda dan dapat Anda ciptakan sistem kerjasama waralaba. Membuat restoran Anda tersebar dimana-mana dan keuntungan Anda semakin berlipat ganda. Aamiin..  Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda