Home / Blog / Apa yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Melakukan Promosi?

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Melakukan Promosi?

Melakukan Promosi produk merupakan satu hal yang sangat penting untuk kemajuan usaha, karena tanpa adanya promosi, maka bisa dipastikan penjualan produk tidak akan berhasil secara maksimal. Selain itu, tujuan lain dari promosi adalah untuk meningkatkan jumlah penjualan. Karena memiliki peran penting dalam berjalannya bisnis, tak heran jika banyak pelaku usaha yang sengaja melakukan berbagai trik dan strategi dalam memasarkan produknya. Itulah sebabnya kenapa persiapan dan perencanaan sebelum melakukan promosi harus dilakukan dengan sangat matang.

Sebelumnya mungkin perlu Anda mengetahui arti kata ”promosi” yaitu suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya. Sedangkan tujuan promosi secara ringkas adalah meningkatkan cashflow perusahaan. Oleh karena itu agar promosi yang dilakukan dapat efektif dan efisien maka kami sajikan artikel tentang Apa yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Melakukan Promosi.

Menentukan Target Pasar

Pemahaman atau penentuan siapa target market produk/jasa yg dituju sangatlah penting karena menyangkut kebutuhan setiap target market bisa berbeda. Dalam kasus usaha teman saya yaitu warnet yg dikhususkan untuk menerima jasa pengetikan dan pencetakan dokumen disini dapat diidentifkasi bahwa selama ini sebagai pengguna jasa/produknya sebagian besar adalah mahasiswa dan karyawan. Kebutuhan seorang mahasiswa akan jasa/produk yang akan digunakan tentunya berbeda dengan seorang karyawan. Sebagian besar mahasiswa tentunya lebih berorientasi harga/Price oriented (memilih harga jasa yang lebih murah) daripada seorang karyawan. Karyawan dengan tingkat pendapatan lebih tinggi dibanding mahasiswa cenderung lebih mengutamakan kualitas hasil cetakan, kenyamanan dan kecepatan. Dengan mengetahui kebutuhan dari setiap target market yg dituju akan berdampak pada pemilihan kata2, gambar dan bentuk tawaran yang diberikan.

Apa yang Ingin Dicapai dalam Promosi

Menentukan misi dan apa yang ingin dicapai akan membuat promosi menjadi efisien. Beberapa misi promosi seperti meraih awareness, membangun brand, meningkatkan penjualan serta membangun kesetiaan konsumen.

Hal ini perlu kita ketahui agar promosi yang dibuat lebih tepat sasaran atau langsung mengenai pada target market yang dituju. Untuk usaha warnet teman saya yang dilakukan adalah brosur untuk sasaran mahasiswa dibagikan di kampus (perpustakaan, kantin) dan toko buku. Sedangkan untuk karyawan dibagikan di perkantoran, minimarket dan memasang spanduk di jalan (ruas jalan yang banyak/sering dilalui pada saat karyawan pulang pergi)

Merencanakan Pesan yang Ingin Disampaikan

Saat ini komunikasi sudah berlangsung secara dua arah sehingga UKM harus bisa meramu pesan yang bisa membangun komunikasi dua arah dengan konsumen. Sebelum membuat message untuk memperkuat promosi, UKM harus memperhatikan siapa targetnya. Gunakan bahasa yang sesuai dengan target market untuk memperkuat pesan promosi. Buatlah pesan yang mempunyai daya tarik emosional, rasional dan moral.

Apa yang dapat diberikan oleh produk/jasa yang ditawarkan sehingga menjadi solusi atas kebutuhan target market yang dituju.Semakin solusi yang ditawarkan sama dengan kebutuhan target market yang dituju maka akan banyak yang melakukan pembelian/transaksi.

Memilih Media Promosi yang Tepat

Pilihlah channel media yang tepat sesuai dengan target konsumen kita. Media digital memang memperkaya channel promosi tapi jangan menggunakan media digital karena ikut-ikutan saja. Fokuslah pada target market yang dituju, pelajari perilaku mereka, lalu pilihlah media yang sesuai. Ada dua pilihan media yang ada yaitu, media offline dan online. Kedua pilihan tersebut berkaitan dengan target pasar dan dana yang disiapkan.

Media promosi offline seperti iklan, sponsorship, salesperson, salespromo, peliputan media cetak, direct selling, direct marketing dan event promo. Media promosi online seperti iklan menggunakan adwords, website, blog, forum atau situs jual beli dan melalui social media.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.