Home / Blog / Apa yang dimaksud dengan sistem informasi akuntansi?
apa-yang-dimaksud-dengan-sistem-informasi-akuntansi-photo

Apa yang dimaksud dengan sistem informasi akuntansi?

Maraknya semangat entrepreneurship di Indonesia, menumbuhkan banyak startup atau bisnis kecil menengah di Indonesia. Pengusaha baru ini tentu banyak yang belum mampu menyewa konsultan keuangan dari perusahaan akuntan besar untuk memberikan saran konsultasi, mengaudit keuangan mereka, atau menutup buku mereka, namun mereka memerlukan informasi akuntansi terkini, akurat dan rutin untuk bertahan.

Itulah sebabnya mereka membutuhkan sebuah sistem informasi akuntansi untuk membantu mereka membuat keputusan manajemen sehari-hari. Anda tentu punya pertimbangan sendiri dalam memilih sebuah sistem, dan tentu ini bukan hanya soal biaya. Sebelum itu Anda mungkin bertanya-tanya ,Apa yang dimaksud dengan sistem informasi akuntansi?

Sistem informasi akuntansi adalah sistem yang mencatat dan memproses data transaksi dan kejadian , menjadi informasi yang berarti untuk digunakan dalam perencanaan, pengendalian dan operasi usaha. Kualitas informasi akuntansi yang dimiliki suatu perusahaan akan mempengaruhi sifat pelaporan dan dengan demikian kinerjanya.

Oleh karena itu, anda perlu memepertimbangkan penerapan sistem informasi akuntansi terkomputerisasi yang mudah digunakan untuk perusahaan Anda,untuk operasi dan pelaporan harian. Ini akan jauh menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi operasional serta meningkatkan keandalan laporan keuangan yang dihasilkan untuk kepentingan pihak lain termasuk bank, otoritas pajak dan lain-lain, melalui reduksi bias yang disebabkan oleh interaksi manusia.

Ada kebutuhan untuk mengembangkan sistem yang terjangkau dan mudah digunakan untuk digunakan pengusaha baru dalam manajemen akuntansi dan keuangan. Hal ini terutama akan berguna dalam meningkatkan keterampilan sehingga dapat mendorong pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan kenyataan faktual oleh manajemen dan pemilik perusahaan.

Sistem informasi akuntansi berisi berbagai elemen penting dalam siklus akuntansi. Meskipun informasi yang terkandung dalam sistem bervariasi di antara industri dan ukuran bisnis, sistem informasi akuntansi umumnya mencakup data yang berkaitan dengan pendapatan, biaya, informasi pelanggan, informasi karyawan dan informasi pajak.

Data spesifik meliputi laporan pesanan penjualan dan analisis, daftar permintaan pembelian, faktur, daftar cek, inventaris, daftar gaji, buku besar, neraca saldo dan informasi laporan keuangan. Selain itu, sistem informasi akuntansi seringkali merupakan platform yang sangat aman dengan tindakan pencegahan yang diambil terhadap virus, hacker dan sumber eksternal lainnya yang berusaha mengumpulkan informasi.

Berikut adalah kemudahan yang anda dapatkan dengan menggunakan sistem informasi akuntansi

1. Penyimpanan Data dan Penarikan Data

Sistem informasi akuntansi harus memiliki struktur database untuk menyimpan informasi. Struktur database ini biasanya terstruktur dengan bahasa query yang memungkinkan manipulasi tabel dan data. Sistem informasi akuntansi memiliki banyak bidang untuk memasukkan data serta mengedit data yang tersimpan sebelumnya.

2. Penyajian data

Berbagai keluaran sistem informasi akuntansi menunjukkan fleksibilitas kemampuan manipulasi datanya. Sistem informasi akuntansi menghasilkan laporan termasuk laporan penangguhan piutang usaha berdasarkan informasi pelanggan, jadwal penyusutan untuk aset tetap dan saldo percobaan untuk pelaporan keuangan.

Daftar pelanggan, perhitungan pajak dan tingkat persediaan juga dapat diproduksi ulang. Namun, korespondensi, memo atau presentasi tidak disertakan dalam sistem karena barang-barang ini tidak terkait langsung dengan pelaporan keuangan dan pembukuan perusahaan.

3. Integrasi Data

Sistem informasi akuntansi bisa dioptimalkan untuk memotong berbagai pos. Di dalam sistem, pos penjualan bisa mengunggah anggaran penjualan. Informasi ini digunakan oleh tim manajemen persediaan untuk melakukan inventarisasi dan pembelian bahan.

Setelah membeli inventaris, sistem dapat memberi tahu departemen hutang dari faktur baru. Sistem informasi akuntansi juga dapat berbagi informasi tentang pesanan baru sehingga pos manufaktur, distribusi dan layanan pelanggan mengetahui penjualannya.

4. Kontrol Internal

Bagian penting dari sistem informasi akuntansi berhubungan dengan kontrol internal. Kebijakan dan prosedur dapat ditempatkan di dalam sistem untuk memastikan informasi pelanggan, vendor dan bisnis sensitif dipelihara dalam perusahaan. Dengan menggunakan penyangkalan akses fisik, persyaratan masuk, log akses, otorisasi dan pemisahan tugas, pengguna hanya dapat membatasi informasi yang diperlukan untuk menjalankan fungsi bisnis mereka.

Tidak banyak sistem informasi akuntansi yang teruji, terjangkau, mudah didapat dan mudah digunakan. Salah satu sistem informasi akuntansi terbaik yang memberikan fitur yang lengkap adalah bee accounting. Bee accounting adalah software akuntansi yang terintegrasi dan mudah digunakan. Bahkan untuk anda yang awam masalah akuntansi sekalipun. Software accounting ini membantu Anda mengurus bisnis Anda sehari-hari.

Anda bebas memilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda di bee accounting. Bahkan Anda bisa menggunakan aplikasi gratis dari bee accounting. Sekarang bee juga mengembangkan sistem berbasis cloud yaitu beecloud anda bisa mencoba beecloud gratis sebelum memutuskan menggunakannya. Semoga artikel Jurnal Akuntansi Islam dan Riset Bisnis ini bermanfaat untuk anda. jangan lupa share, like dan suscribe. Salam let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.