Home / Blog / Apa saja Kesalahan yang Menyebabkan Usaha Distributor Anda Bangkrut?

Apa saja Kesalahan yang Menyebabkan Usaha Distributor Anda Bangkrut?

Usaha sebagai distributor aneka produk jadi tak dipungkiri semakin berkembang dewasa ini. Pasalnya selain keuntungan mengiurkan yang bisa didapatkan dengan menjalankan tipe bisnis ini, usaha ini punya tingkat kerumitan yang lebih sederhana sebab sebagai distributor atau agen, tinggal menjembatani saja antara produsen dengan konsumen.

Ada macam ragamnya untuk tipe usaha ini, mulai dari menjadi agen kebutuhan bahan bakar gas, baik skala rumahan maupun industri. Menjadi distributor makanan atau produk minuman industri, produk sembako atau produk jadi lainnya.

Namun meski demikian masih ada kemungkinan usaha distributor ini mengalami kegagalan bahkan kebangkrutan. Artikel kali ini mencoba merangkum beberapa kesalah yang menyebabkan seorang pelaku bisnis distributor mengalami kebangkrutan.

  • Gagal Menganalisa Kebutuhan Pasar

Pelaku bisnis apa saja wajib mampu menganalisa kebutuhan pasar. Tujuannya tentu saja untuk bisa mempermudah roda bisnis. Termasuk juga pelaku bisnis distributor.

Kegagalan dalam membaca kebutuhan pasar bisa menyebabkan perusahaan mengalami kerugian akibat overstock. Sebab diketahui bersama ketersediaan stok yang stabil menjadi salah satu poin penentu kesuksesan tipe usaha ini.

  • Kalah Dalam Persaingan Harga

Harga menjadi poin kunci lain dalam sebuah bisnis atau perusahaan dagang. Usaha distributor termasuk dalam tipe bisnis ini. Keberanian pelaku bisnis dalam mengambil resiko untung kecil namun mampu likuid dalam putaran yang tinggi menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Beberapa distributor yang tidak mampu menahan laju kenaikan harga punya potensi untuk gagal dalam persaingan bisnis. Sebab, salah satu fakta utama dalam usaha distributor adalah tingginya persaingan dengan dengan perusahaan yang juga menjadi distributor produk serupa. Kalau harga lebih tinggi tentu konsumen akan lari kepihak lain yang mampu menawarkan keunggulan harga bersaing.

  • Bermain-Main dengan Kepercayaan Pelanggan

Bisnis yang baik dan berpotensi besar dimulai dari membangun kepercayaan antara pelaku usaha dengan klien maupun pelanggannya. Hal semacam ini juga menjadi salah satu etika kerja dalam dunia bisnis Distributor.

Kepercayaan pelanggan jadi faktor penentu kesuksesan perusahaan distributor. Kualitas harus tetap sama antara kondisi sebuah produk saat keluar dari pabrik hingga sampai ke tangan konsumen. Berikut juga dengan prospektus atau pencitraan produk, mesti selaras antara apa yang disampaikan dengan kenyataanya. Pelanggan punya potensi lebih tinggi untuk meninggalkan distributor atau agen yang gagal menjaga citra semacam ini.

  • Menerapkan Pemikiran Sambilan

Nama lain dari Distributor disebut juga sebagai Vendor, Agen atau istilah sejenis. Dari bentuk istilahnya, ini merujuk pada pemikiran bahwa distributor juga berarti pintu gerbang atau jembatan antara produsen kepada konsumen.

Tidak seperti produsen yang mesti menerapkan seluk beluk produksi secara disiplin sejak sebuah bahan berbentuk barang mentah hingga menjadi bahan jadi. Distributor lebih mempunyai peran sebagai pintu gerbang sebuah produk untuk sampai ke tangan konsumen.

Sebagain distributor, terutama untuk jenis kebutuhan pokok atau sehari-hari, ditengarai menjadikan pekerjaan ini sebagai second job. Karena bukan bersifat main job terkadang ada nuansa kurang fokus. Hal ini bisa menjadi sebab dari tidak langgengnya satu nama distributor atau agen untuk produk tertentu.

  • Tidak Disiplin Pada Pembukuan

Pembukuan yang rapi dan terstruktur menjadi kunci bagi suksesnya sebuah perusahaan. Termasuk juga usaha distributor. Arus barang masuk dan keluar mesti dicatat dengan seksama sehingga akan terprediksi titik dimana akan muncul kerugian usaha.

Hal diatas adalah rangkuman yang mungkin bisa menjadi sebab gagalnya sebuah usaha distributor. Untuk itu setiap pelaku usaha ini perlu cermat dalam memperhatikan beberapa catatan sebagaimana tercantum dalam poin-poin diatas.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.