Home / Blog / Apa Itu Akuntansi Keuangan?

Apa Itu Akuntansi Keuangan?

Kalau udah ngebahas Akuntansi berat niech materinya. Tenang kali ini saya akan membahas soal akuntansi keuangan ini dengan bahasa yang ringan agar mudah dimengerti.

Biar lebih mudah memahaminya. Yuk, kita bahas mulai dari pengertian akuntansi keuangan itu sendiri.

Akuntansi keuangan adalah salah satu bagian dari akuntansi yang berkaitan dengan penyajian laporan keuangan perusahaan berupa laporan neraca, rugi laba, perubahan modal dan arus kas yang ditunjukkan kepada pihak external atau luar kantor seperti pemegan saham, kreditor, pemasok dan juga pemerintah.

neraca-laba-rugi-arus-kas-photo

Nah, kalau pengertian akuntansi keuangan menurut sugiarto salah satu pakar akuntansi keuangan atau s mengatakan jika definisi akuntansi keuangan adalah bidang akuntansi yang berfokus pada penyiapan laporan keuangan suatu perusahaan yang dilakukan secara berkala.

Laporan ini juga dianggap sebagai bentuk pertanggungjawaban pihak manajemen terhadapap para pemegang saham. Persamaan akuntansi yang dipakai adalah aset = Liabilitas + Ekuitas yang mengacu kepada SAK (Standar Akuntansi Keuangan) yang beliau tulis pada buku Pengatar Akuntansi pada 2002 lalu.

Gimana sejauh ini sudah mengerti belum? Jika belum diulangi sekali lagi bacanya dan dipahami secara seksama ya. Tapi kalau Anda sudah paham syukurlah langsung saja akan saya lanjut ke materi selanjutnya. Yaitu Tujuan dari Akuntansi keuangan.

Tujuan akuntansi keuangan dibuat antara lain

1. Agar dapat memberikan informasi yang bisa berguna bagi manajemen perusahaan.

2. Agar bisa membantu untuk menetapkan hak bagi masing-masing pihak yang mempunyai suatu kepentingan dalam suatu perusahaan, baik itu pihak internal maupun eksternal.

3. Untuk mengawasi dan mengendalikan berbagai macam suatu kegiatan yang terjadi pada perusahaan.

4. untuk membantu suatu perusahaan dalam mencapai targetnya yang sebelumnya sudah ditentukan.

Untuk fungsi utama dari akuntansi keuangan sendiri adalah menyediakan informasi kondisi dan perkembangan keuangan yang terkait dengan perseorangan, organisasi/perusahaan yang tujuannya sebagai bahan pertambangan manajemen untuk mengambil dan menetapkan keputusan yang akurat.

Nah, untuk fungsi yang lainya adalah ;

  • Untuk membantu perusahaan mengetahui laba yang diperoleh.
  • Memudahkan perusahaan untuk menghitung dan menentukan hak dari berbagai pihak yang terlibat biak internal maupun eksternal.
  • Sebagai alat untuk menyediakan informasi yang berguna bagi manajamen.
  • Mengelola (mengendalikan) dan mengawasi aktvitas dalam perusahaan.
  • Memudahkan pencapaian target yang telah ditetapkan.

Sekian artikel dari kami. Jika ada yang ingin ditanyakan atau kasih saran silahkan koment dibawah. Jangan ragu-ragu untuk share di akun sosial media Anda ya, jika bermanfaat. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.