Home / Blog / Apa itu Accounting?

Apa itu Accounting?

Accounting atau dalam bahasa indonesia Akuntansi sangat penting untuk sebuah perusahaan yang kuat, melacak keuangan Bisnis dan profitabilitas yang terus menerus. Tanpa akuntansi, pemilik bisnis tidak akan tahu apa uang itu masuk atau keluar, atau bagaimana merencanakan masa depan. Tindakan yang diambil oleh pekerja akuntan profesional dari pemegang buku untuk akuntan publik bersertifikat (CPA), memonitor status keuangan perusahaan dan memberikan laporan dan proyeksi yang mempengaruhi keputusan organisasi.

Apa yang dilakukan Akuntan ?

American Accounting Association mendefinisikan akuntansi sebagai “proses identifikasi, pengukuran dan mengkomunikasikan informasi ekonomi  memungkinkan untuk penilaian dan keputusan diinformasikan oleh pengguna informasi.” Hal ini sering dilakukan dengan masuk rekening bisnis ini dibayar, rekening transaksi keuangan piutang dan lainnya, biasanya menggunakan software akuntansi terpercaya agar semuanya lebih mudah.

Sementara bookkeeper (Finance admin) cenderung berfokus pada rincian, pencatatan transaksi secara efisien dan terorganisir, mereka mungkin atau mungkin tidak melihat gambar secara keseluruhan seperti akuntan lakukan, kata CPA Stan Snyder.

Akuntan menggunakan kerja yang dilakukan oleh bookkeeper (Finance admin) untuk memproduksi dan menganalisis laporan keuangan. Meskipun akuntansi mengikuti prinsip yang sama dan aturan pembukuan, Akuntan dapat merancang sebuah sistem yang akan menangkap semua rincian yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan bisnis – manajerial, pelaporan keuangan, proyeksi, analisis dan pelaporan pajak.  

Salah satu bagian dari akuntansi berfokus pada penyajian informasi keuangan perusahaan dalam cara yang diperlukan untuk orang-orang di luar perusahaan. Dalam rangka untuk menyajikan informasi ini dalam format semua orang bisa mengerti, akuntan mengikuti seperangkat pedoman. Di Amerika Serikat, sebagian besar akuntan mematuhi Prinsip Akuntansi yang berlaku umum. Ada berbagai set standar akuntansi untuk perusahaan yang beroperasi di luar negeri, serta untuk badan pemerintah lokal dan negara.

Saat ini, tugas Akuntan lebih dipermudah dengan banyaknya perusahaan modern melek teknologi yang telah menggunakan software akuntansi. Software akuntansi ini membuat organisasi tidak perlu susah-susah menyiapkan datanya saat akuntan melakukan audit berkala. Apalagi saat ini telah banyak developer software akuntansi yang menerapkan sistem cloud. Jadi lebih mudah mengawasi bisnis dari mana saja dan kapan saja. Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda