Home / Blog / Anda Lulusan Akuntansi? Coba Profesi Potensial Berikut Ini Demi Masa Depan Gemilang !

Anda Lulusan Akuntansi? Coba Profesi Potensial Berikut Ini Demi Masa Depan Gemilang !

Baru saja lulus dan menyandang gelar sarjana tentu menjadi satu kelegaan tersendiri. Setelah mengenakan toga, dan diwisuda selanjutnya yang jadi pemikiran bagi para lulusan baru atau fresh graduate kebanyakan sama, apalagi kalau bukan cari kerja. Mencari pekerjaan bukan sesuatu yang gampang bahkan untuk seseorang yang sudah menyandang gelar sarjana sekalipun, masih butuh perjuangan untuk itu.

Pasalnya mencari pekerjaan terkait dengan banyak variabel. Beberapa diantaranya sangat subjektif mulai dari jurusan yang diambil waktu kuliah dulu, hasil nilai kelulusan bahkan hingga kondisi ekonomi makro yang bertepatan dengan saat seseorang mencari pekerjaan.

Salah satu bidang atau jurusan dengan peminat melimpah adalah akuntansi. Ini sungguh beralasan, pasalnya bisnis model apapun memang memerlukan sumber daya dari jurusan ini. Artikel kali ini di khususkan untuk para mahasisa lulusan dari jurusan akuntansi. Simak pembahasannya.

  • Akuntan Publik

Tugas utama seorang akuntan publik adalah memeriksa kelayakan operasi perusahaan. Profesi ini bertugas menjalankan audit, dengan posisi yang lebih netral dibandingkan internal auditor yang bekerja bagi perusahaan itu sendiri.

Untuk bisa berkarir disini. Para lulusan akuntansi yang baru atau fresh graduate bisa melamar ke Kantor Akuntan Publik yang ada di berbagai kota. Saat ini, seturut dengan perkembangan industri ada banyak KAP baru dan tentu butuh tenaga kerja.

  • Perbankan atau OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Bekerja di Instansi pemerintahan tentu menjanjikan banyak kestabilan. Mulai dari jaminan pendapatan yang layak, sampai fasilitas-fasilitas tertentu yang memang menjadi ciri dari sektor kepegawaian negara. Untuk para lulusan akuntansi, salah satu lembaga atau instansi negara yang bisa dibidik sebagai tempat untuk mengabdikan ilmunya adalah OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

  • Finansial Planner

Menjadi seorang finansial planner atau perencana keuangan adalah salah satu profesi yang bisa dipilih oleh mereka yang bergelar sarjana akuntansi. Profesi ini bertujuan untuk membantu orang-orang dalam mengatur serta merencanakan keuangan sehingga mampu menumbuhkan kesejahteraan. Seiring dengan semakin bertambahnya kelas menengah profesi ini juga makin dibutuhkan.

  • Pendidik Bidang Akuntansi

Sudah barang tentu, dibalik para profesional yang handal di bidangnya masing-masing ada guru atau pengajar yang berdedikasi. Menjadi seorang guru akuntansi untuk siswa sekolah menengah atas atau menjadi dosen di perguruan tinggi yang menyediakan jurusan atau program akuntansi juga adalah salah satu jenis profesi yang bisa dipilih para sarjana di bidang ini.

  • Perpajakan atau Konsultan Pajak

Berkembangnya sektor industri juga menjadi satu ladang aplikasi ilmu akuntansi. Bekerja sebagai konsultan pajak untuk para wajib pajak apalagi yang berbasis korporasi bia jadi akan menguntungkan. Sementara itu, ruang kerja bidang perpajakkan di sektor kepegawaian negara pun juga menjanjikan bagi para sarjana dan lulusan bidang ini.

  • Akuntan Analis (Financial Analyst)

Meski di luar negeri profesi ini juga adalah salah satu profesi untuk para sarjana akuntansi tapi di Indonesia sendiri belum banyak yang menekuni. Tugas seorang akuntan analis adalah menganalisa data akuntansi yang nantinya bisa dimanfaatkan sebagai dasar untuk mengambil keputusan bagi perusahaan, perseorangan maupun instansi pemerintahan.

Menjadi sarjana akuntansi tentu adalah sesuatu kebanggaan tersendiri. Apalagi kalau lulus dengan nilai gemilang dari sekian banyak wisudawan. Tentu, itu saja belum pasti akan bisa menjadi prasyarat dalam hal kemudahan mendapatkan pekerjaan. Tetap menjadi pribadi yang ulet dan gigih adalah salah satu hal yang wajib dimiliki para sarjana. Juga punya jiwa wirausaha dapat menjadi salah satu nila lebih dalam menghadapi persaingan unutk bisa memperoleh karir idaman.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.