Home / Blog / Alasan Tepat Anda Memilih Usaha Distributor

Alasan Tepat Anda Memilih Usaha Distributor

Anda pengusaha distributor? waah.. bagus sekali, Anda telah memilih usaha tepat untuk membantu masyarakat Indonesia yang berada di pelosok negeri ini. Peluang usaha distributor ini bagus dan berpeluang tinggi untuk berkembang. Bisnis Distributor ini dilirik oleh bermacam-macam kalangan. Jenisnya pun beragam dari menjadi agen produk tertentu, reseller, dropshipper dan lain-lain.

Intinya bisnis distributor ini menghubungkan konsumen dengan produk yang dimiliki produsen jauh lebih mudah. Bisa dibayangkan gimana caranya melakukan penjualan sebagai distributor produk-produk penting. Omset tinggi terlihat nyata. Mengapa?

1. Indonesia Negara Kepulauan

Indonesia yang terdiri atas kepulauan memang menjadi tantangan tersendiri dalam distribusi kebutuhan pokok, sehingga dalam pengiriman barang tak semudah jika terdiri atas daratan. Pemerintah menyadari ketidak merataan distributor kebutuhan pokok di kepulauan membuat Pemerintah di tahun 2016 lalu mengembangkan program tol laut terdiri atas beberapa jaringan dengan 6 trayek di pelabuhan besar di Indonesia. Hal ini dapat menjadi peluang untuk Anda bila ingin menjadi distributor kebutuhan pokok dan distributor kebutuhan lainnya.

2. Indonesia Memiliki Banyak Penduduk

Bila Anda menjadi distributor, tenang jangan khawatir jika Anda tidak memperoleh pelanggan. Indonesia memiliki ratusan ribu juta penduduk yang dapat menjadi target market Anda. Anda hanya perlu menganalisa target market mana yang akan menjadi prioritas. Daerah mana dan kebutuhan mereka apa? Anda harus menyelami kebutuhan mereka dan membantu untuk memudahkan mereka dalam memenuhi kebutuhannya. Tentu saja Anda memperoleh pendapatan yang pasti. 

3. Peluang Bisnis Masih Luas

Coba Anda rinci secara mendalam, produk apa yang akan selalu anda beli disetiap bulannya? Banyak bukan.. dari beras, telur, minyak, sayur, daging, bensin, rokok, LPG dll.. dan kebutuhan premier apa yang mungkin akan Anda butuhkan. Itu bisa menjadi refrensi Anda dalam memulai bisnis ini. Research market adalah point penting dalam menentukan bisnis Anda. 

4. Kebutuhan Hidup Masyarakat Selalu Bertambah

Trend market Masyarakat Indonesia selalu bertambah, mudahnya kita dalam mengakses dunia luar membuat kita ingin merasakan hal yang dipakai oleh Negara lain. Contohnya sepatu roda yang menjadi trend Anak SD-SMP saat ini, Smartphone, Hijabstyle, Make-up Korea dan US dll. Anda dapat meramalkan kira-kira apa yang akan menjadi trend kebutuhan yang menetap. Mungkin trend ini hanya sesaat, namun Anda bisa memaksimalkan trend ini untuk keuntungan Anda. 

5. Fokus, Omset ikut Meningkat

Fokus, adalah kunci dari setiap kesuksesan. Dalam bisnis Anda perlu mencatat semua hal berupa Angka. Dari Stok barang, penjualan, pembelian, ongkos kirim dan lain-lain. Meski sepintas terlihat mudah, sederhana hanya membeli, men-stok, menghitung saldo, menentukan harga pokok, menjual saldo akhir. Tetapi sesungguhnya untuk mencapai hasil yang valid diperlukan ketelitian cukup detil dalam menghitung dan mencatat. Anda akan merasa terbantu bila menggunakan sistem program keuangan. Mengembangkan bisnis sangat perlu mencermati angka Anda. Jadi jangan sampai salah dalam angka-angka tersebut.

Nah.. Bagi Anda yang belum memulai bisnis. Bisnis Distibutor bisa menjadi salah satu resolusi bisnis Anda di tahun 2017 ini. Menjadi pengusaha bukan hal yang susah bila Anda telah menetapkan target market anda dengan jelas. Melihat peluang yang ada dan lakukan. Lebih cepat melakukan lebih baik, jangen terus menunda. Kita tidak akan tahu bila hanya sekedar asumsi. Let’s #beefree Boss.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator