Home / Blog / Alasan Pekerjaan Admin Selalu Diminati

Alasan Pekerjaan Admin Selalu Diminati

Bekerja apa saja punya kelebihan, kekurangan dan resiko masing-masing. Beberapa tipe pekerjaan malahan tergolong jenis pekerjaan berisiko, dimana sudah sangat wajar kalau tentu gajinya tinggi. Sementara itu beberapa jenis pekerjaan (job) tertentu diburu dengan alasan-alasan lain, hingga menyebabkan tak pernah sepi peminat.

Salah satu posisi favorit bagi para job seeker (pencari kerja), adalah posisi admin. Admin ini berarti administrator baik untuk office (pegawai kantoran) perusahaan swasta maupun pekerjaan admin yang menyangkut institusi negara. Tak pelak, ruang job admin kantor tak pernah surut dari antusiasme para pencari kerja.

Banyak alasan mengapa orang cenderung favourable dengan job yang satu ini, hingga posisi admin selalu banyak jadi pilihan pelamar kerja. Berikut ini adalah daftar alasan paling umum dari sekian banyak orang tentang mengapa sangat tertarik untuk bekerja sebagai admin.

  • Image (Kesan) Keren sebagai Pegawai Kantoran dan Kerjaannya Enak

Bersih rapi serta bekerja hanya berhadapan dengan setumpuk berkas serta tidak perlu menguras pikiran di depan komputer adalah image pertama yang muncul dibenak para pencari kerja tentang admin kantor. Image inilah yang jadi stigma berpikir umum sehingga sangat banyak orang tertarik bekerja sebagai admin.

Umumnya dengan gambaran semacam itu orang akan mengira kalau dengan kondisi kerja seperti itu maka admin adalah pekerjaan yang enak. Riilnya sama sekali tidak demikian, masing-masing office punya aturan dan job desk-nya sendiri-sendiri, ada tanggung jawab dan tuntutan kerja yang mesti deselesaikan dengan cermat dan tepat waktu.

  • Fleksibilitas Jenjang Pendidikan

Urusan jenjang pendidikan memang prasyarat utama dalam hal mencari kerja. Pekerjaan tertentu mensyaratkan jenjang minimal S1, bahkan ada juga yang mengharuskan si pelamar untuk entry dari jalur S2.

Persyaratan jenjang pendidikan ini kadang membebani sebagian orang. Sedangkan posisi admin kantor dirasa masih cukup fleksible antara jenjang pendidikan dengan tuntutan pekerjaan. Sehingga beberapa kantor tidak mematok jalur entri persyaratan yang cukup tinggi, biasanya posisi admin bisa diisi oleh lulusan D3, tak jarang juga bisa dimasuki mereka yang menyandang ijazah Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan.

  • Tuntutan Skill (Ketrampilan Kerja) Standar, Tak Perlu Skill Tinggi

Skill utama bagi mereka yang ingin menjadi seorang admin kantor adalah mengoperasikan perangkat komputer untuk program office tools (Ms Word, Excell sederhana). Dengan persyaratan skill ini, orang sudah bis amenjadi seorang admin.

Sementara itu, skill yang terkait dengan kemampuan manajerial, asal si pegawai dianggap punya sikap kerja yang baik, perusahaan tak akan segan untuk terus meningkatkannya. Skill manajerial ini termasuk diantaranya, kemampuan komunikasi yang baik, penyusunan dokuman, adminstrasi dan surat menyurat sederhana. Skill semacam ini, bisa dipelajari secara umum oleh sebagian besar orang, baik melalui institusi maupun lewat membaca referensi-referensi yang kini banyak tersedia di internet.

  • Punya Waktu Untuk Pengembangan Diri

Seorang admin lebih banyak berada di kantor menghadap komputer atau berurusan dengan berkas-berkas. Dengan demikian umumnya, jam kerja menjadi lebih teratur dengan jadwal yang pasti. Kondisi ini bagi sebagian orang dirasa menjadi habitat yang nyaman untuk bisa mengembangkan diri lebih lanjut. Seorang pekerja di bidang adminstrasi banyak yang masih punya pekerjaan sampingan di luar jam kerja kantor yang baku, beberapa juga masih bisa menekuni hobi serta antusiasme pribadi masing-masing.

Ulasan diatas, menjadi banyak alasan bagi sebagian besar orang untuk bergelut sebagai profesi admin kantoran. Disisi lain posisi admin juga dirasa aman dari target sehingga tidak beresiko kena PHK. Sementara sisanya lagi, banyak orang memang menganggap bahwa posisi admin adalah posisi dengan prestise diri yang baik karena citra yang disandang sebagai profesi pekerja kantoran ini.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.