Home / Blog / 9 Cara Menarik Konsumen Yang Efektif Dan Efisien
9-cara-menraik-konsumen-yang-efektif-dan-efisien-photo

9 Cara Menarik Konsumen Yang Efektif Dan Efisien

Kesuksesan dalam sebuah bisnis bukan diukur dari seberapa banyak uang yang pebisnis dapat dari bisnis yang dilakoni, melainkan dari seberapa kuat pengaruh Anda dalam menarik konsumen supaya menggunakan produk yang Anda miliki. Dibutuhkan teknik yang jitu dan tidak main-main untuk membuat konsumen tertarik terhadap apa yang Anda jual.

Teknik untuk menarik konsumen ini merupakan teknik marketing yang sebenarnya sudah ada sejak jaman dulu kala, namun faktanya masih sulit diterapkan terutama untuk pebisnis pemula. Marketing dianggap sulit karena minimnya pengetahuan pengusaha dalam bidang ini.

Padahal jika teknik marketing atau menguasai konsumen ini sudah ada di tangan, maka menaklukkan bisnis di pasar adalah perkara mudah. Lalu bagaimana cara menarik konsumen yang efektif? Coba simak 9 langkah berikut ini.

1. Pahami Keinginan Dan Kebutuhan Konsumen

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mencoba memahami keinginan serta kebutuhan konsumen, atau istilahnya mengenal pasar. Sebelum Anda terjun ke bisnis, pastikan Anda tahu betul apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Semakin banyak informasi yang Anda dapat mengenai kebutuhan konsumen ini, maka produk Anda semakin berpeluang untuk laris di pasaran.

2. Survey Pasar

Setelah mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, Anda juga wajib meakukan survey terhadap pasar. Anda harus paham seberapa jauh produk Anda akan diterima pasar, seberapa kuat persaingan dengan pengusaha yang memiliki produk serupa, hingga seberapa tahan produk yang Anda jual menghadapi perubahan global kelak.

3. Branding yang Menarik

Meskipun sepele, namun branding produk merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap bisnis Anda. Semakin menarik brand yang Anda punya, maka kesempatan untuk mempengaruhi pasar dan konsumen semakin lebar. Jangan sampai branding produk yang kurang jelas justru menggagalkan bisnis Anda lantaran dianggap sepele.

4. Packaging Yang Layak

Ketika Anda membuat bisnis donat kentang misalnya, kira-kira konsumen akan tertarik saat donat dikemas dalam plastik biasa apa adanya atau dletakkan cantik di dalam kardus yang menarik? Tentu packaging yang menarik lebih bisa membuat konsumen berminat membeli produk Anda. Dan ketika Anda berhasil membuat packaging yang pas di hati konsumen, nilai produk Anda pun bisa melesat dan naik.

5. Pengiklanan Yang Sesuai Target

Tentu Anda tidak mungkin memsang iklan bahan bangunan di tengah-tengah dunia pendidikan bukan? Jadi pastikan iklan yang Anda buat sesuai dengan target. Pilih jenis iklan yang tepat di tempat yang tepat akan memudahkan Anda dalam menembus pasar dan menarik hati para konsumen.

6. Komunikasi Dan Attitude yang Baik Terhadap Konsumen

Dalam hal menarik konsumen untuk membeli dan menggunakan produk Anda, Anda harus memiliki bahasa komunikasi yang cerdas. Komunikasi yang santai, lembut, dan fokus jauh lebih baik ketimbang komunikasi yang kesannya memaksa. Justru iklan dan penawaran yang memaksa lebih berpotensi membuat konsumen kabur duluan sebelum mencicipi produk Anda.

7. Penentuan Harga Yang Matang

Strategi harga sangat dibutuhkan ketika Anda menjalani bisnis. Pastikan Anda sudah memutuskan harga beserta rencana kenaikannya jauh-jauh hari sebelum produk sampai ke tangan konsumen. Hindari menaikkan harga terlalu tinggi dan cepat sehingga membuat konsumen tidak siap dengan perubahan tersebut.

8. Bersikap Baik Ketika Ada Komplain

Bisnis tidak selamanya berjalan mulus, adakalanya Anda pun mendapat lomplain dari konsumen soal produk yang Abda jual. Untuk menghadapinya, Anda tetap harus tenang dan tidak panik. Tetap bersikap ramah dan baik adalah kunci sukses menghadapi konsumen saat ada komplain.

9. Pastikan Marketing Plan jJlas

Satu hal lagi yang sangat penting Anda lakukan untuk menarik konsumen adalah membuat rencana marketing yang matang. Planning yang jelas akan memudahkan Anda untuk menguasai konsumen dan membdik pasar.

Selamat mencoba! 

Dan jangan lupa share artikel ini disosial media Anda. Agar teman Anda juga mendapatkan manfaat yang sama. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.