Home / Blog / 8 Hal Penting Mengembangkan Bisnis Rental

8 Hal Penting Mengembangkan Bisnis Rental

Bisnis rental mobil salah satu solusi wirausaha untuk anda. Permintaan yang tinggi dari pasar menjadi latar belakang mengapa bisnis ini selalu diminati. Apalagi kini kondisi kendaraan umum yang masih jauh dari kata layak. Dari sini maka peluang bisnis rental mobil ini akan semakin cerah dan nyata. Namun untuk menjadikan bisnis ini sukses maka Anda yang akan atau sedang menjalankan bisnis ini perlu mengetahui beberapa tips atau strategi jitu untuk memulai bisnis ini. Lalu apa saja strategi untuk membuat usaha rental mobil ini menjadi sukses?

1. Tetapkan Sistem Bisnis

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah meluangkan waktu untuk melihat kendaraan anda, pelanggan, pasar, tarif, teknologi, belajar dari orang yang berpengalaman, dan pikirkan semua kemungkinan yang dapat terjadi.

Tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan: Seperti apa model bisnis anda? Apakah itu menjadi sudah sesuai dengan targer market anda? Apakah ada pesaing bisnis dilokasi anda? Apakah anda hanya ingin membangun nilai aset saja?

Maksudnya di sini adalah Anda harus menentukan alur bisnis anda. Jika anda hanya ingin mengembangkan nilai investasi tanpa harus memilikirkan sistem operasional. Anda dapat bergabung dengan pebisnis rental sukses dan menitipkan kendaraan anda. Atau anda ingin membangun sendiri usaha anda dengan mengetahui prospek usaha rental mobil di lokasi Anda. Apakah orang-orang di sana memang akan sangat membutuhkan mobil atau malah tidak. Jika memang Anda yakini bahwa akan banyak orang yang membutuhkan mobil itu berarti usaha Anda di lokasi tersebut terbilang berprospek bagus. Namun bila Anda tidak mendapati bahwa akan banyak orang di lingkungan yang membutuhkan mobil, maka hal ini tentunya sebuah prospek buruk yang harusnya Anda tinggalkan. Untuk mengetahui prospek ini sendiri Anda mau tak mau harus melakukan survei dan pengamatan.

Jika memang diketahui bahwa prospek di lokasi Anda besar, maka tetapkan target pasar dari usaha Anda. Tetapkan apakah orang kantor, orang umum, atau para pendatang yang akan dijadikan target pasar Anda. Mengapa harus menetapkan target pasar? Sebab ini akan mengacu pada penetapan starategi pemasaran yang akan dijalankan. Tapi bila Anda ingin menetapkan target pasar pada semua pihak tentu saja boleh-boleh saja asal tingkat persaingan di lokasi tersebut belum terlalu ketat.

2. Terobesi angka

“Perusahaan-perusahaan yang terobsesi dengan angka memiliki kesempatan terbaik pada keberhasilan,” kata Neil Abrams, CEO dari Abrams Consulting Group Inc. di Newyork, N.Y., sewaktu beliau mengisi seminar Car Rental Show 2002.
Anda perlu meluangkan waktu untuk melihat setiap angka yang menjadi patokan bisnis anda, Menganalisi pendapatan per customer, pemanfaatan, dan rata-rata panjang sewa. Alakah lebih mudah bila anda memiliki software khusus untuk mengelola bisnis rental anda. Anda akan lebih mudah mengamati angka yang anda miliki.

3. Kenali Pelanggan

Anda jangan terfokus pada penawaran produk bisnis anda mliki. Sebalikanya, biarkan pelanggan anda yang mendikte anda atau pengemudi anda. Apakah pelanggan Anda senang dengan mobil bekas yang dalam kondisi yang baik dan memiliki kilometer 30.000 sampai 40.000 mil? atau yang lain…
Anda dapat membangun citra produk anda dari sini. Perlu anda amati, seperti apa pelanggan anda membayar anda? disini anda dapat menguji target market anda. Menjaga Persepsi pelanggan bahwa Rental anda memiliki mobil nyaman, mahal dan menyenangkan. Sesuaikan biaya operasional anda dengan citra bisnis anda. Ini kesempatan terbesar Anda untuk membuat uang dan risiko terbesar Anda.

4. Manage Resiko

Menjalankan bisnis rental mobil ini Anda perlu ekstra waspada. Pada kenyataannya di lapangan memang sudah banyak terjadi kasus pelarian mobil rental yang disewa oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Tindakan kriminal ini dilakukan dengan banyak siasat, seperti salah satunya dengan menyerahkan dokumen palsu kepada pemilik rental. Tentu saja dengan dokumen palsu mereka para oknum ini akan leluasa untuk melakukan tindak kejahatannya dengan membawa mobil tersebut.

Dari sinilah, maka kewaspadaan yang tinggi memang harus selalu Anda terapkan terutama saat proses penyewaan berlangsung. Perhatikan dengan seksama dokumen yang ia berikan kepada Anda. Dalam hal ini Anda memang diharuskan memiliki pengetahuan dan pemahaman untuk bisa membedakan dokumen-dokumen asli dan palsu sebagai syarat dan ketentuan untuk menyewa mobil tanpa sopir. Bila Anda mampu mengantisipasi tindak kejahatan atau kriminalitas penipuan ini maka kerugian yang besar pun bisa Anda minimalisir.

5. Promosi dan pemasaran

Anda harus paham bahwa pelaku bisnis rental mobil ini bukanlah Anda seorang. Namun ada beberapa orang yang juga menjalankan usaha ini. Dari sini maka tentunya tercipta sebuah persaingan dan kompetisi. Untuk memenangkan persaingan ini maka memang dibutuhkan sebuah strategi marketing yang efektif. Lalu bagaimana cara menjalankan stategi pemasaran dan promosi yang efektif ini? Ada dua cara yang bisa Anda tempuh yaitu:Melalui

  • Strategi Marketing Offline
    Teknik pemasaran konvensional yang mengharuskan Anda bertemu atau bertatap muka secara langsung dengan calon konsumen. Beberapa strategi marketing offline yang bisa Anda jalankan untuk bisnis rental mobil antara lain dengan word of mouth atau pemberitahuan langsung, penyebaran brosur, penempelan banner atau spanduk, kartu nama, stiker, brosur, iklan koran, iklan majalah dan lainnya.
  • Melalui strategi marketing online
    Dunia online yang semakin berkembang pesat adalah indikator yang memang seharusnya membuat orang tanggap untuk memanfaatkan hal ini. beberapa strategi pemasaran online yang bisa Anda jalankan yaitu promosi di media sosial (Facebook, Twitter, Path dan Instagram), promosi melalui iklan online seperti Google ads, Facebook ads, Twitter ads, atau dengan memaksimalkan website lewat optimasi SEO (Search Engine Optimization).

6. Melakukan pemasaran dengan membangun relasi

Bergabung dengan beberapa komunitas dan asosiasi bisnis rental mobil yang Ada di wilayah Anda. Ikut dan berperan aktiflah di sana. Beberapa kegiatan dan agenda yang seringkali diadakan oleh komunitas dan asosiasi ini adalah workshop, diskusi dan juga penyampaian materi di media sosial. Dengan hal ini tentu akan mendapatkan banyak pengetahuan dan info-info penting yang akan bermanfaat untuk kemajuan bisnis rental mobil Anda.

7. Mengatur pendapatan dan menyesuiakan harga kebutuhan saat ini

Perusahaan yang melakukan hal ini dengan semangat bisa menambahkan keuntungan hingga tambahan 15% ke atas garis patokan keuntungan. Lihatlah ketersediaan dan ketersediaan pesaing Anda. “Saya punya satu klien dan menemukan mereka keluar dengan mobil untuk akhir pekan. lalu saya dapat melakukan promo atau menaikan harga sewa bila itu memungkinkan”kata Abrams

8. Memberi Pengertian Karyawan

Mengajak karyawan untuk membangun usaha bersama. Beri pengertian kepada mereka bahwa penghasilan mereka berasal dari  akan membayar diri mereka sendiri. Pilih karyawan yang sesuai dengan ketrampilan dan kemampuan dibutuhkan dalam bisnis ini. Karena Nilai seorang karyawan begitu penting untuk membuat uang dalam bisnis ini dan bisnis-bisnis yang lain.

Selamat mencoba tips ini, salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda