Home / Blog / 7 Tips Untuk Mendapatkan Karyawan Berkualitas

7 Tips Untuk Mendapatkan Karyawan Berkualitas

Anda tidak akan bisa mengembangkan bisnis anda dan unggul dalam kompetisi bisnis sendirian. Mungkin beberapa orang mencoba, sedikit sekali yang berhasil. Setiap pengusaha hebat membangun bisnisnya dengan karyawan hebat berkualtas disisinya.

Seorang pengusaha bisa menciptakan dan bahkan mengkomersilkan ide sebagai usaha satu perusahaan. Namun, pada waktunya, seorang pengusaha bisa menciptakan bahkan mengkomersiilkan ide sebagai sebuah bisnis.

Tapi sejalannya waktu, tugas menjalankan bisnis menjadi terlalu besar bagi pengusaha untuk dikelola sendiri. Pada titik ini, seorang pemimpin yang cerdas harus menemukan dan mempekerjakan pekerja terbaik untuk membantu mewujudkan impian perusahaannya.

Dalam dunia bisnis saat ini, merekrut orang-orang berkualitas lebih penting dari sebelumnya. Persaingan didunia bisnis saat ini begitu ketat sehingga Anda tidak boleh kehilangan waktu, uang dan hasil karena perekrutan yang buruk.

Biaya untuk mencari, mewawancarai, menarik dan melatih karyawan baru tinggi. Karyawan juga memerlukan meja kerja, komputer, telepon dan peralatan terkait, apalagi biaya terbesar seperi gaji, tunjangan dan pajak.

Anda harus melihat karyawan baru sebagai investasi dan menghasilkan keuntungan yang sangat baik dari waktu ke waktu. Anda harus memahami bahwa karyawan luar biasa yang merupakan kontributor utama kesuksesan Anda.

Untuk itu Anda harus tahu bagaimana cara yang benar mendapatkan dan mempekerjakan karyawan baru. Berikut akan kami berikan pada Anda 7 Tips Untuk Mendapatkan Karyawan Berkualitas;

1. Pastikan Calon Karyawan Anda Kompeten

Kompeten adalah ketrampilan yang diperlukan seseorang yang ditunjukkan oleh kemampuannya untuk dengan konsisten memberikan tingkat kinerja yang memadai atau tinggi dalam suatu fungsi pekerjaan spesifik.  Kompeten merepresentasikan tingkat kecakapan yang ditandai dengan seberapa benar-benar paham seseorang terhadap suatu hal.

Anda harus memiliki parameter atau kriteria karyawan berkualitas. Tentunya parameter atau kriteria disesuakan dengan posisi mereka. Sederhananya adalah apakah karyawan potensial memiliki keterampilan, pengalaman dan pendidikan yang diperlukan agar berhasil menyelesaikan tugas yang perlu dilakukan?

Anda bisa menilai karyawan baru kompeten atau tidak dari cv, wawancara atau pun tes tertulis. Anda juga dapat menggali informasi dari aktivitas mereka baik itu online maupun offline.

Menggali aktivitas offline bisa kita cari tahu dengan menghubungi tempat bekerja calon karyawan Anda. Atau mudahnya Anda bisa kepo lewat online dengan cara stalking semua kegiatan calon karyawan tersebut di google maupun sosial media mereka.

Anda juga bisa mengetahuinya dengan mewawancara rekan kerja atau orang-orang terdekat calon karyawan. Hal ini Anda lakukan untuk memastikan agar Anda bisa mengenal lebih jauh, tidak sekedar membaca resume saja.

2. Nilai Apakah Calon Karyawan Kapabel Untuk Bisnis Anda

Kapabel berarti karyawan memiliki potensi pertumbuhan dan kemampuan dan kemauan untuk lebih bertanggung jawab. Apakah orang ini tidak hanya menyelesaikan tugas yang mudah tapi akankah dia juga menemukan cara untuk mewujudkan intruksi atau pun tujuan perusahaan dalam fungsi yang membutuhkan lebih banyak usaha dan kreativitas?

3. Pilih Kandidat Yang Kompatibel

Kompatibel berarti dapatkah calon karyawan Anda bergaul dengan rekan kerja, dan yang lebih penting, bisakah dia bergaul dengan klien dan mitra yang ada dan potensial? Komponen penting untuk diingat juga adalah kesediaan dan kemampuan seseorang untuk menyesuaikan diri dengan Anda, atasannya. Jika karyawan baru tidak bisa, akan ada masalah dikemudian hari.

4. Lihat Komitmen Mereka

Komitmen itu dimulai dengan kata, dan mewujudkannya dengan menjalankan kata tersebut. Pastikan apakah kandidat serius dalam bekerja untuk jangka panjang? Atau apakah dia hanya coba-coba, mencari sesuatu yang lebih baik? Sejarah pekerjaan masa lalu dan berapa lama mereka bekerja, memberikan wawasan yang jelas mengenai masalah ini.

5. Ketahui Karakter Calon Karyawan Anda 

Penting bagi Anda untuk menilai karakter calon karyawan Anda. Apakah calon karyawan Anda memiliki nilai yang sesuai dengan keinginan Anda? Apakah mereka jujur, apakah mereka mengatakan yang sebenarnya dan menepati janji? Apakah mereka tulus dan “Team Player“?

6. Kemampuan Beradaptasi Dengan Budaya Bisnis Anda

Setiap bisnis memiliki budaya atau cara agar orang berperilaku dan berinteraksi satu sama lain. Budaya didasarkan pada nilai, harapan, kebijakan dan prosedur tertentu yang mempengaruhi perilaku seorang pemimpin dan karyawan. Pekerja yang tidak mencerminkan budaya perusahaan cenderung mengganggu dan sulit.

7. Kompensasi Yang Dapat Diterima 

Sebagai atasan, pastikan orang yang dipekerjakan setuju dengan paket kompensasi berbasis pasar dan puas dengan apa yang ditawarkan. Jika tidak, seorang karyawan mungkin merasa tidak dihargai dan karena itu kinerjanya tidak sesuai.

Hati-hati dengan pemberian saham di perusahaan bila Anda ingin memberikan tawaran pembagian saham pada calon karyawan Anda, jika tidak ditangani dengan baik, maka akan menciptakan tantangan masa depan.

Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.